ANALISIS PERBANDINGAN TINGKAT KERUSAKAN JALAN METODE PCI (PAVEMENT CONDITION INDEX) DENGAN METODE DIRGOLAKSONO DAN MOCHTAR PADA RUAS JALAN GATOT SUBROTO KECAMATAN TUREN – JALAN NASIONAL III KECAMATAN DAMPIT

Adilla Kholifah, Bambang Suprapto, Anang Bakhtiar

Abstract


ABSTRAK

Telah terjadi berbagai macam kerusakan jalan lalu lintas, pada Ruas Jalan€Gatot Subroto – Nasional III Kabupaten Malang yang telah mengakibatkan kondisi jalan mengalami kerusakan, maka dari itu perlu adanya penelitian untuk penilaian kondisi jalan. Penilaian kondisi jalan adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan agar dapat menentukan perlu atau tidaknya suatu dijalan di tinjau kembali. Menanggapi hal itu, maka Metode PCI (Pavement Condition Index) dan metode Dirgolaksono dan Mochtar akan digunakan pada penelitian kali ini. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan jenis kerusakan yang terjadi pada ruas jalan Gatot Subroto – Nasional III adalah kerusakan lubang 18 titik, retak memanjang 14 titik, tambalan 12 titik, retak buaya 6 titik, pelepasan butir 5 titik, amblas 3, retak slip 1 titik. Hasil perbandingan nilai kondisi perkerasan pada kedua metode tersebut didapatkan nilai metode PCI sebesar 83,15 yang menunjukkan kondisi jalan sangat baik dan metode D&M sebesar 20,2 yang menunjukkan kondisi jalan baik. Dapat dilihat dari hasil perbandingannya maka metode yang lebih baik untuk ruas jalan Gatot Subroto – Nasional III adalah metode PCI, karena jika dilihat dari hasil perbandingannya metode PCI menunjukkan kondisi jalan sangat baik sedangkan metode D&M menunjukkan kondisi jalan yang baik saja. Solusi penanganan pada ruas jalan Gatot Subroto – Nasional III dengan Metode PCI adalah Dimana terdapat beberapa segmen yang memerlukan perbaikan rutin yaitu dengan penanganan terhadap lapis permukaan. Sedangkan pada Metode D&M untuk setiap segmen ruas jalan hanya memerlukan pemeliharaan ringan yaitu dengan pemeliharaan rutin secara berkala dalam satu tahun mencakup perbaikan kecil dan pekerjaan rutin.

Kata kunci: Kerusakan jalan, Metode PCI, Metode D&M

ABSTRACK

There have been various kinds of traffic road damage, on the road section Gatot Subroto - National III Malang Regency which has resulted in the condition of the road being damaged, therefore it is necessary to conduct research for road condition assessment. Road condition assessment is one of the efforts that can be made in order to determine whether or not a road needs to be reviewed. In response to this, the PCI (Pavement Condition Index) method and the Dirgolaksono and Mochtar method will be used in this research. From the results of data analysis, it can be concluded that the types of damage that occur on the Gatot Subroto - National III road section are 18-point hole damage, 14-point longitudinal cracks, 12-point patches, 6-point alligator cracks, 5-point grain release, 3-point collapse, 1-point slip crack. The results of the comparison of the value of pavement conditions in the two methods obtained the PCI method value of 83.15 which shows very good road conditions and the D&M method of 20.2 which shows good road conditions. It can be seen from the comparison results that the better method for the Gatot Subroto - National III road section is the PCI method, because when viewed from the comparison results the PCI method shows very good road conditions while the D&M method shows only good road conditions. The handling solution on the Gatot Subroto - National III road section with the PCI Method is where there are several segments that require routine repairs, namely by handling the surface layer. While the D&M Method for each segment of the road only requires light maintenance, namely routine maintenance periodically in one year including minor repairs and routine work.

Keyword: Roads Damage, Method PCI, Method D&M


References


Adan, A. M., Suprapto, B., & Bakhtiar, A. (2019). STUDI PENINGKATAN JALAN LAWANG – GUNUNG JATI (STA 0+000 – 12+310) DI KABUPATEN MALANG

Al-zazuli, T. F., Suprapto, B., & Rokhmawati, A. (2021). Analisa Tingkat Kerusakan Jalan pada Perkerasan Lentur Menurut Metode Binamarga dan Metode Pavement Condition Index (Pci) (Studi Kasus Ruas Jalan Batas Kota Malang-turen). Jurnal Rekayasa Sipil, 9(3), 246–255.

Dharmawan, E. D., Suprapto, B., & Rokhmawati, A. (2020). Analisa Kerusakan Perkerasan Lentur (Flexible Pavement) Pada Ruas Jalan Pacing-Pacet kabupaten Mojokerto Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI).

Faradis, R., Suprapto, B., & Rokhmawati, A. (2020). Studi Peningkatan Perkerasan Jalan Pada Ruas Jalan Pujon Kabupaten Malang (STA 18+600 – 28+600).

Sugainto, H. F., Warsito, & Suprapto., B. (n.d). Studi Evaluasi Kerusakan Jalan dengan Metode PCI (Pavement Condition Index) di ruas Jalan Ciliwung sampai Jalan Mastrip Kabupaten Blitar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Rekayasa Sipil Terindeks oleh:
 
      
 
 
 Jurnal Rekayasa Sipil is licensed under a CC BY-NC-SA