ANALISA KETERSEDIAAN DAN KEBUTUHAN AIR IRIGASI PADA DAM JATI DI KABUPATEN MAGETAN

Dwicky Yunanda Wiyatno Putra, Eko Noerhayati, Bambang Suprapto

Abstract


ABSTRAK

Lokasi wilayah penelitian berada diperbatasan Kabupaten Madiun dan Kabupaten Magetan tepatnya berada diperbatasan Desa Rejosari, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun dan diDesa Godangan, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan dengan daerah layanan air sebesar 10860 Ha. Studi ini akan dilakukan optimasi pemanfaatan air irigasi, yang bertujuan untuk mengetahui besar kebutuhan air irigasi dan merencanakan pola tata tanam yang sesuai dengan debit yang tersedia, sehingga para petani dapat memperoleh hasil produksi yang lebih tinggi dari produksi sebelumnya. Dalam studi ini akan menggunakan metode Solver melalui program linier dari Microsoft Excel. Metode Solver adalah fasilitas pencari solusi yang ada dalam perangkat lunak program Microsoft Excel pada Windows yang dikembangkan dari metode simplek. Metode ini akan digunakan dalam menyelesaikan masalah optimasi. Dengan menggunakan metode Solver yang telah dirumuskan menjadi model matematik dengan mempertimbangkan fungsi tujuan dan fungsi kendala. Hasil optimasi pada penelitian ini, keuntungan yang didapat dari hasil optimasi program linier Pada Pola Tanam Rencana dengan menggunakan fasilitas Solver pada Microsoft Excel. Pada Musim Tanam I sebesar Rp. 2.246.130.000.00.-, Pada Musim Tanam II sebesar Rp.2.762.082.000.00.-, dan pada Musim Tanam III sebesar Rp. 44.372.010.000.00.-,. Total keuntungan dalam kurun waktu satu tahun sebesar Rp. 49.380.222.000.00 dengan pola tanam pada setiap musimnya yaitu padi dan tebu.

Kata Kunci: Irigasi, Optimasi, Program Linier, Solver

ABSTRACT

The location of the research area is on the border of Madiun Regency and Magetan Regency, precisely on the border of Rejosari Village, Kebonsari District, Madiun Regency and in Godangan Village, Nguntoronadi District, Magetan Regency with a water service area of 10,860 Ha. This study will optimize the use of irrigation water, which aims to determine the amount of irrigation water needed and plan planting patterns that are appropriate to the available debit, so that farmers can obtain higher production results than previous production. In this study we will use the Solver method through linear programming from Microsoft Excel. The Solver method is a solution search facility in the Microsoft Excel software program on Windows which was developed from the simplex method. This method will be used in solving optimization problems. By using the Solver method which has been formulated into a mathematical model by considering the objective function and constraint function. The optimization results in this research are the benefits obtained from the results of optimizing the linear program on planned planting patterns using the Solver facility in Microsoft Excel. In Planting Season I it was IDR. 2,246,130,000.00.-, in Planting Season II it was IDR. 2,762,082,000.00.-, and in Planting Season III it was IDR. 44,372,010,000.00.-,. The total profit within one year is IDR. 49,380,222,000.00 with planting patterns in each season, namely rice and sugar cane.

Keywoards: Irrigation, Optimization, Linear Programming, Solver


References


Firdaus, M. S., & Noerhayati, E. (2017). Studi Optimasi Distribusi Air Daerah Irigasi Sonosari Kabupaten Malang dengan program Linear. Jurnal Rekayasa Sipil, Vol. 5, No. 2, Hal : 114-123.

Ismiati Latifatul, Eko Noerhayati, dan Bambang Suprapto. 2022. " Studi Optimasi Distribusi Pemanfaatan Air Di Daerah Irigasi Klotok Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban Menggunakan Program Linier"

Novisaputri Elly, Eko Noerhayati, Anita Rahmawati. 2022. "Studi Evalusai Pemanfaatan Embung Jambesari Untuk Air Irigasi Desa Sumberjambe Poncokusumo Kabupaten Malang"

Pratiwi Kintan Axnestian, Bambang Suprapto, dan Azizah Rokhmawati. 2022. "Studi Optimasi Distribusi Air Irigasi Daerah Irigasi Gondang Saluran Sekunder Lamongan".

Suwarno, S. 2010. “Meningkatkan Produksi Padi Menuju Ketahanan Pangan Yang Lestari” 19(3): 233–43.

Syaputri, Sulis, Eko Noerhayati, Bambang Suprapto. 2022. "Studi Optimasi Air Daerah Irigasi Sumi Kabupaten Bima NTB"

Wirosoedarmo, Ruslan, Bambang Rahadi, dan Devy Sumawati Karunia. 2018. “Studi Optimasi Pola Tanam pada Daerah Irigasi Mrican Kanan dengan Menggunakan Program Linier.” Jurnal Sumberdaya Alam dan Lingkungan 5 (2): 1–9. https://doi.org/10.21776/ub.jsal.2018.005.02.1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Rekayasa Sipil Terindeks oleh:
 
      
 
 
 Jurnal Rekayasa Sipil is licensed under a CC BY-NC-SA