STUDI EVALUASI KINERJA SIMPANG TIGA DAN EMPAT TAK BERSINYAL SIMPANG TIGA JL. FIDNANG ARMAU - JL. MAYOR ABDULLAH DAN SIMPANG EMPAT JL. MAYOR ABDULLAH - JL. PATTIMURA MALUKU TENGGARA KOTA TUAL

iki iqbal kobarubun, Bambang Suprapto, Anang Bakhtiar

Abstract


Kemacetan pada jalan perkotaan maupun jalan luar kota, terbatasnya sumber daya untuk pembangunan jalan raya, dan belumaoptimalnya pengoperasian lalu-lintas yang ada, merupakan persoalan utama yangaharus dihadapi berbagai kota-kota di Indonesiaatidak terkecuali di Kota Tual salah satu Kotaadi Maluku Tenggara. Seperti pada persimpangan jalan Mayor Abdulah – jalan Pattimura terdapat 4 lengan simpang, sedangkan pada persimpangan jalan Mayor Abdullah – jalan Fid nangarmau memiliki 3 lengan simpang, simpang–simpang ini tidak dilengkapi dengan sinyal lalu lintas, pelanggaran – pelanggaran lalu lintas masih terjadi padaasimpang ini. Padaapersimpangan JL. Fid Nang Armau.– JL. Mayor Abdulah memilikia3 lengan. Masing – masing lengan memiliki lebar jalan pendekatabarat memiliki lebar jalan 10 m, pendekat selatan lebar jalan 10 m, serta pendekat timur memiliki lebar jalan 9 m. Pada kondisi eksisting simpang JL. Fid Nang Armau – JL. Mayor Abdullah  memiliki jam sibuk 14.30 – 15.30. Pada persimpangan JL. Pattimura – JL. Mayor Abdulah memiliki 4 lengan. pendekat barat memiliki lebar jalan 10 m, pendekat utaraamemiliki lebar jalan 10 m, pendekat timuramemilikialebar jalan 10 m, serta pendekataselatanamemiliki lebarajalan 10 m. Pada kondisiaeksisting simpang JL. Pattimuraamemiliki jamasibuk 15.30 – 16.30.

 

Kata Kunci: Simpang, Kapasitas Simpang Tak Bersinyal, MalukuTenggara

Congestion on urban roads and roads outside the city, limited resources for road construction, and the lack of optimal operation of existing traffic, are the main problems that mustabe faced by various cities inaIndonesia, including Tual City, one of the cities in Southeast Maluku. such as at the intersection of Jalan Mayor Abdulah - Jalan Pattimura there are 4 intersection arms, while at the intersection of Jalan Mayor Abdullah - Jalan Fid Nangarmau there are 3 intersection arms, these intersections are not equipped with traffic signals, traffic violations still occur at this intersection,At the intersection of JL. Fid Nang Armau. – JL. Major Abdulah has 3 arms. Each arm has a road width, the western approach has a road width of 10 m, the southern approach has a road width of 10 m, and the eastern approach has a road width of 9 m. In the existing condition of the JL intersection. Fid Nang Armau – JL. Major Abdullah has peak hours 14.30 – 15.30. At the intersection of JL. Pattimura – JL. Major Abdulah has 4 arms. The western approach has a road width of 10 m, the northern approach has a road width of 10 m, the eastern approach has a road width of 10 m, and the southern approach has a road width of 10 m. In the existing condition of the JL intersection. Pattimura has peak hours from 15.30 – 16.30.


Keywords: Terminal, Intersection Capacity, Mollucas Southeast


References


Alamsyah, Alik Ansyori, 2005. Rekayasa Lalu-lintas. Malang : UMM Press

Apif, M., Suprapto, B., & Rachmawati, A. (2019). Studi Evaluasi Kinerja Simpang tiga Jalan Veteran-Jalan Sungai Bilu Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan. Jurnal Rekayasa Sipil, 5(2), 63-76

Abubakar, Anita Faradilah, Bambang Suprapto, and Warsito Warsito. "Analisa Kinerja Simpang Krian Kabupaten Sidoarjo Dengan Menggunakan Metode PKJI 2014 dan Software Vissim." Jurnal Rekayasa Sipil (e-journal) 9.2 (2021): 157-169. Veteran-Jalan Sungai Bilu Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan. Jurnal Rekayasa Sipil,5(2)

Bakhtiar, Anang. "Evaluasi Kinerja Angkutan Umum Kota Malang." JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan) 2.2 (2018): 142-158.

Ingsih, Ita Suhermin, and George Winaktu. "Kinerja Simpang Pendem Kota Batu di Era Pandemi Covid-19 (Jl. Ir. Soekarno–Jl. Dr. M. Hatta)." TERAS JURNAL: Jurnal Teknik Sipil 12.2 (2022): 461-472.

Direktorat Jenderal Bina Marga, 1997. ManualaKapasitas JalanaIndonesia (MKJI). Jakarta: Direktorat Bina Jalan Kota


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Rekayasa Sipil Terindeks oleh:
 
      
 
 
 Jurnal Rekayasa Sipil is licensed under a CC BY-NC-SA