Analisa Kerusakan Jalan Akibat Beban Berlebih Terhadap Sisa Umur Rencana Pada Ruas Jalan Nasional Kota Pasuruan

Shabillah Octavella Lestari, Bambang Suprapto, Anang Bakhtiar

Abstract


ABSTRAK

Pada ruas jalan Nasional Kota Pasuruan sepanjang ±10km dilalui oleh beberapa kendaraan bermuatan berlebih, salah satu kendaraan yang bermuatan berlebih yaitu trailer yang mengangkut barang dari pabrik-pabrik yang ada di Kota Pasuruan,mengakibatkan kerusakan pada beberapa titik di ruas jalan dan berdampak pada sisa umur perkerasan jalan tersebut.penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak kerusakan jalan terhadap sisa umur rencana jalan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode bina marga untuk prediksi lalu lintas harian rata-rata (LHR) dan  angka ekivalen dari masing-masing kendaraan, metode AASHTO (1993) untuk sisa umur rencana (remaining life%) data-data pendukung seperti data lalu lintas harian rata-rata  (LHR) dari Balai Besar Pelasanaan Jalan Nasional Jawa Timur-Bali dan data berat kendaraan dari UPPKB Rejoso Pasuruan.Dari hasil perhitungan Analisa lalu lintas harian rata-rata pada tahun 2023 Sepeda Motor = 90.717 kendaraan/hari, Sedan,Jeep = 15.434 kendaraan/hari, Opelet (Pickup) = 1.408 kendaraan/hari, Pick-Up(Micro Truk) = 5.590 kendaraan/hari, Bus = 69 kendaraan/hari, Bus Besar = 493 kendaraan/hari, Truk 2 Sumbu 4 Roda = 1534 kendaraan/hari, Truk 2 Sumbu 6 Roda = 10524 kendaraan/hari, Truk 3 Sumbu = 3.642 kendaraan/hari, Truk Gandengan = 4368 kendaraan/hari, Truk Semi Trailler = 1.321 kendaraan/hari,dengan total Lalu lintas harian Rata-rata (LHR)2023 =131.309 kendaraan/hari Didapat angka ekivalen damage factor  dengan metode bina marga dari masing-masing kendaraan Pick-Up yaitu 0,002352, Truk 2 Sumbu 4 Roda yaitu 1,129, Truk 2 Sumbu 6 Roda yaitu 6,551, Truk 3 Sumbu yaitu 5,241, Truk Gandengan yaitu 3,955, Truk Semi Trailer yaitu 5,627 4,07%, pada tahun ke-9(2026)sebesar 13% mengalami penurunan 7% dan tahun ke-10(2027) sebesar 0%. Dari hasil analisis menunjukkan,bahwa pada ruas jalan Nasional Kota Pasuruan pada tahun 2022 sisa umur rencana (Remaining Life) sebesar 80,62% dan pada tahun 2023 sisa umur rencana (Remaining Life) sebesar 73,58%  mengalami penurunan sebesar 7,04%, dapat disimpulkan bahwa bahwa remaining life mengalami penurunan tetapi tidak berdampak pada sisa masa berdasarkan sisa umur rencana (Remaining Life) dengan metode AASHTO(1993)

 

Kata Kunci: Kendaraan Berlebih, Ruas Jalan Nasional Kota Pasuruan, Sisa Umur Rencana Jalan

ABSTRACT

On the ± 10km stretch of Pasuruan City National Road, several overloaded vehicles pass through, one of the overloaded vehicles is a trailer transporting goods from factories in Pasuruan City, resulting in damage at several points on the road section and impacting its remaining life. road pavement. This research aims to analyze the impact of road damage on the remaining life of the road plan. The method used in this research is the Bina Marga method for predicting average daily traffic (LHR) and the equivalent figure for each vehicle, the AASHTO method (1993) for the remaining life of the plan  (remaining life%) supporting data such as data average daily traffic (LHR) from the East Java-Bali National Road Construction Center and vehicle weight data from UPPKB Rejoso Pasuruan. From the calculation results of the average daily traffic analysis in 2023 Motorcycles = 90,717 vehicles/day, Sedans , Jeep = 15,434 vehicles/day, Opelet (Pickup) = 1,408 vehicles/day, Pick-Up (Micro Truck) = 5,590 vehicles/day, Bus = 69 vehicles/day, Large Bus = 493 vehicles/day, 2 Axle 4 Truck Wheels = 1534 vehicles/day, 2-axle 6-wheel trucks = 10524 vehicles/day, 3-axle trucks = 3,642 vehicles/day, trailer trucks = 4368 vehicles/day, semi-trailer trucks = 1,321 vehicles/day, with total average daily traffic -average (LHR) 2023 = 131,309 vehicles/day. The equivalent damage factor figure obtained using the development method for each Pick-Up vehicle is 0.002352, 2 Axle 4 Wheel Truck is 1.129, 2 Axle 6 Wheel Truck is 6.551, Truck 3 axles, namely 5,241, articulated trucks, namely 3,955, semi-trailer trucks, namely 5,627 4.07%, in the 9th year (2026) it was 13%, experiencing a decrease of 7% and in the 10th year (2027) it was 0%. The results of the analysis show that in 2022 the remaining planned life (Remaining Life) of Pasuruan City was 80.62% and in 2023 the remaining planned life (Remaining Life) was 73.58%, experiencing a decrease of 7.04%. , it can be concluded that the remaining life has decreased but has no impact on the remaining life based on the remaining life of the plan (Remaining Life) using the AASHTO method  (1993).

 

Keywords: Excess vehicles, Pasuruan City National Road, Remaining life of the road plan.

 


Full Text:

Untitled Untitled

References


AASHTO (1993) AASHTO Guide for Design of Pavement Structures – 1993. Washington, DC.: American Association of State Highway and Transportation Officials.

https://spipisepasuruankota.wordpress.com/investasi/gambaran-umum/

Kukuh, P.E., Ir. Bambang Suprapto, MT.,. Dr. Azizah Rokhmawati, ST.,.M.T. (2022) ‘Studi Perencanaan Perkerasan jalan nasional Pasuruan – Bangil dengan menggunakan Metode Bina Marga’.

Mulia Ayu Andini, E., Rokhmawati, A. and Suprapto, B. (2021) ‘Studi Analisa Dampak Beban Kendaraan Terhadap Sisa Umur Rencana Pada Jalan Nasional Mojosari Kabupaten Mojokerto’.

Nafsiah M. D, Dr.A.R., S.T.,.M.T. ,Anang Bakhtiar, S.T. ,M.T. (2023) ‘Studi Evaluasi Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Surface Distress Index (SDI) Pada Jalan Trans Flores, Kabupaten Manggarai Timur.’

Saiful Anas, Dr. Azizah Rokhmawati, ST.,.M.T.,. Anita Rahmawati, S. ST.,.M.T. (2022) ‘Studi Peningkatan Jalan (Overlay) Pada Ruas Jalan Lendewacu – Waibakul, Di Kabupaten Sumba Tengah Provinsi Nusa Tenggara Timur (Sta 52+000 - Sta 62+200)’.

Saleh Muhammad, Ir.B.S., MT.,. Pembimbing II: Dr. Azizah Rokhmawati, ST.,.M.T. (2018) ‘Studi Peningkatan Lapis Tambah Perkerasan Pada Ruas Jalan Pacitan – Ponorogo (Sta 0+000 – 10+100). 8.’

Sugiharto, S. (2004) Tingkat Kerataan Jalan Berdasarkan Alat Rolling Straight EDGE Untuk Mengestimasi Kondisi Pelasyanan Jalan (PCI dan RCI). Yogyakarta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (2004) ‘PP No. 38 Tahun 2004 Tentang Jalan’.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Rekayasa Sipil Terindeks oleh:
 
      
 
 
 Jurnal Rekayasa Sipil is licensed under a CC BY-NC-SA