STUDI ALTERNATIF PERENCANAAN “FLYOVER” ALOHA SIDOARJO MENGGUNAKAN STRUKTUR GELAGAR PC – I GIRDER

Abdus Syafiih, Warsito Warsito, Bambang Suprapto

Abstract


Flyover Aloha di Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo dibangun sebagai alternatif dalam mengurangi kemacetan sehingga pembangunan infrastruktur tersebut dapat memberikan kemudahan  dan kenyamanan dalam aktivitas pada ruas jalan Bundaran Aloha. Proyek flyover Aloha tersebut terdapat dua pembangunan flyover yaitu ruas jalan Sidoarjo – Juanda (FO-A) dan ruas jalan Juanda – Surabaya (FO-B). Perencanaan awal digunakan struktur PC-U girder yang mana memiliki kelemahan dalam pengerjaan yang berlokasi ditengah perkotaan sehingga direncanakan ulang menggunakan struktur PC-I girder sebagai alternatif dalam perencanaan. Flyover yang direncanakan pada perhitungan yaitu pada titik P11B – P12 yang memiliki Panjang 34 meter antar pilar. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembebanan yang terjadi dan untuk mengetahui dimensi pada penampang beton prategang I girder (PC-I Girder).  Dalam penelitian ini metode yang digunakan merupakan metode literatur dan metode observasi. Standar perencanaan yang digunakan yaitu SNI: 1725-2016, SNI 2833:2016, RSNI T-12-2004, dan RSNI T-02-2005. Dalam Penggambaran dan perhitungan menggunakan Ms Excel, SP Column, dan AutoCAD. Hasil dari  penelitian ini meliputi perhitungan pembebanan yang terjadi pada flyover adalah Beban mati berat sendiri gelagar (q1): 3360 kg/m, Beban mati berat sendiri plat lantai (q2): 1357,29 kg/m, Beban mati berat sendiri diafragma (P): 784,211 kg, Beban mati tambahan (QMA): 442,08 kg/m, Beban hidup lajur “D” yaitu Beban Terbagi Merata (QTD): 2887,42 kg/m, Beban Garis Terpusat (PTD­): 12348 kg, Gaya rem (TB): 25000 kg, Beban angin (Ew): 358,673 kg/m. Dimensi beton prategang I girder (PC-I Girder) adalah: tinggi girder (h): 1,60 meter, lebar atas (ba): 1,20 meter, tebal flens atas (t1) : 0,20 meter, tebal flens bawah (t2) : 0,40 meter, tebal badan (tb): 0,50 meter. Panjang bentang (L): 30,6 meter. Jumlah Jumlah tendon beton prategang I girder (PC-I Girder) yang digunakan adalah 4 buah tendon dengan jenis strand ASTM A-416 grade 270. Dimensi pilar adalah: (a) Panjang headstock/pierhead: 9,00 meter, Lebar headstock/pierhead: 4,80 meter, Tinggi headstock/pierhead: 2,40 meter, (b) Panjang kolom pilar 1: 3,00 meter, Lebar kolom 1: 2,20 meter, Tinggi kolom 1: 4,00 meter, (c) Panjang kolom pilar 2: 3,00 meter, Lebar kolom 2: 2,20 meter, Tinggi kolom 2: 2,50 meter, (d) Panjang pile cap: 8,50 meter, Lebar pile cap: 8,50 meter, Tinggi pile cap: 2,00 meter. Pondasi bore pile menggunakan diameter 0,80 meter dan Panjang 40 meter dengan jumlah tiang sebanyak 9 buah tiang. Kesimpulan dari penelitian ini meliputi struktur gelagar yang digunakan yaitu beton prategang type I (PC-I Girder), jumlah tendon yang digunakan sebanyak 4 buah, struktur pilar meliputi pierhead, column pier, pilecap, dan pondasi yang digunakan type bore pile diameter 0,80 meter dengan jumlah tiang sebanyak 9 buah tiang.

Kata Kunci : Bundaran Aloha, Flyover, PC-I Girder, SP Column.      

Flyover Aloha in Gedangan District, Sidoarjo Regency was built as an alternative to reducing traffic jams so that infrastructure development can provide convenience and comfort in activities on the Aloha Roundabout road. Projectflyover The Aloha has two developmentsflyover namely the Sidoarjo – Juanda road section (FO-A) and the Juanda – Surabaya road section (FO-B). The initial planning used a PC-U girder structure which had weaknesses in work located in the middle of urban areas so it was re-planned to use a PC-I girder structure as an alternative in planning.Flyover which is planned in the calculation, namely at points P11B – P12 which has a length of 34 meters between pillars. This research aims to determine the loading that occurs and to determine the dimensions of the prestressed concrete I girder (PC-I Girder) cross-section. In this research, the methods used are literature methods and observation methods. The planning standards used are SNI: 1725-2016, SNI 2833:2016, RSNI T-12-2004, and RSNI T-02-2005. In the depiction and calculations usingMs Excel, SP Column, andAutoCAD. The results of this research include calculations of the loads that occur onflyover is Self-weight dead load of girder (q1): 3360 kg/m, Self-weight dead load of floor plate (q2): 1357.29 kg/m, Diaphragm self-weight dead load (P): 784.211 kg, Additional dead load (QMA) : 442.08 kg/m, Live load of lane "D" namely Evenly Divided Load (QTD): 2887.42 kg/m, Centered Line Load (PTD): 12348 kg, Brake force (TB): 25000 kg, Wind load (Ew): 358.673 kg/m. The dimensions of the prestressed concrete I girder (PC-I Girder) are: girder height (h): 1.60 meters, top width (ba): 1.20 meters, top flange thickness (t1) : 0.20 meters, bottom flange thickness (t2) : 0.40 meters, body thickness (tb): 0.50 meters. Span length (L): 30.6 meters. Number of prestressed concrete I girder (PC-I Girder) tendons used are 4 tendons with strand type ASTM A-416 grade 270. Pillar dimensions are: (a) Lengthheadstock/pierhead: 9.00 meters, Widthheadstock/pierhead: 4.80 meters, Heightheadstock/pierhead: 2.40 meters, (b) Length of pillar column 1: 3.00 meters, Width of column 1: 2.20 meters, Height of column 1: 4.00 meters, (c) Length of pillar column 2: 3.00 meters, Column 2 width: 2.20 meters, Column 2 height: 2.50 meters, (d) Lengthpile cap: 8.50 meters, Widthpile cap: 8.50 meters, Heightpile cap: 2.00 meters. Foundationbore pile using a diameter of 0.80 meters and a length of 40 meters with a total of 9 poles. The conclusions from this research include the girder structure used, namely type I prestressed concrete (PC-I Girder), the number of tendons used is 4, the pillar structure includes pierhead, column pier, pilecap, and the type of foundation usedbore pile diameter of 0.80 meters with a total of 9 pillars.

Keywords:Bundaran Aloha, Flyover, PC-I Girder, SP Column.


References


Akbar, M. Y. A. C. A., Warsito, & Suprapto, B. (2022). Studi Alternatif Perencanaan Struktur Jembatan Twin Cell Beton Prategang Box Girder di Proyek High Speed Railway Jakarta–Bandung Section 3 Stasiun Walini Dk95+ 256.19.

Amirulloh, A., Warsito, & Suprapto, B. (2022). Studi Alternatif Perencanaan Jembatan Widang-Babat Pada Bentang Tengah Dengan Menggunakan Metode Prategang. Jurnal Rekayasa Sipil (e-Journal), 11(1), 102–121.

Anshari, M. Y., Suprapto, B., & Rachmawati, A. (2019). Studi Perencanaan Jembatan Sulawesi Dengan Struktur Beton Pratekan Di Kota Banjarmasin. Jurnal Rekayasa Sipil (e-Journal), 5(1), 53–62.

Kamalia, N., Warsito, & Suprapto, B. (2021). Studi Alternatif Perencanaan Jembatan Pratekan di Desa Kemuning Kecamatan Sampang-Madura.

Kurniawan, A. M., & Rocman, T. (2019). Perencanaan Gelagar Bentang 30 Meter Jalan Layang (Flyover) Pada Persimpangan Gadang Kota Malang. Prokons: Jurnal Teknik Sipil, 13(2), 102–110.

Manalip, H., & Handono, B. D. (2018). Perencanaan Balok Girder Profil I pada Jembatan Prestressed dengan Variasi Bentang. Jurnal Sipil Statik, 6(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Rekayasa Sipil Terindeks oleh:
 
      
 
 
 Jurnal Rekayasa Sipil is licensed under a CC BY-NC-SA