STUDI ANALISIS TINGKAT KERUSAKAN RUAS JALAN BULTOK-PEGANTENAN KABUPATEN PAMEKASAN MENGGUNAKAN METODE ASPHALT INSTITUTE

Andi Maulana, Azizah Rokhmawati, Ita Suhermin Ingsih

Abstract


Jalan merupakan salah satu infrastruktur penting dalam pembangunan suatu wilayah atau daerah yang digunakan dan dilintasi secara terus menerus oleh kendaraan. Kondisi ruas jalan yang buruk berpotensi menyebabkan kondisi perekonomian suatu daerah menjadi menurun. Berdasarkan data rekapitulasi Dinas PUPR Bina Marga Kabupaten Pamekasan tahun 2019, ruas jalan Bultok-Pegantenan Pamekasan memiliki total sepanjang 6,800 km dan lebar 8 meter. Penelitian ini menggunakan metode Asphalt Institute dengan pendekatan software ArcGIS 10.4 untuk dapat mengetahui nilai tingkat kerusakan jalan, serta menghasilkan pemetaan data kerusakan jalan Bultok-Pegantenan Kabupaten Pamekasan. Hasil dari penelitian ini jenis kerusakan jalan yang terjadi pada jalan Bultok-Pegentenan Kabupaten Pamekasan cukup beragam, meliputi: Lubang, Retak Kulit Buaya, Butiran Lepas, Pelepasan Agregat, Retak Memanjang, Kegemukan, Keriting, Alur, dan Amblas. Tingkat Kerusakan jalan Bultok-Pegantenan Kabupaten Pamekasan didapatkan nilai kondisi terendah terdapat pada segmen 7 (STA 3+000 – STA 3+500) dengan nilai kondisi 98,05%. Sedangkan nilai kondisi tertinggi terdapat pada segmen 14 (STA 6+500 – STA 6+800) dengan nilai kondisi 99,703%. Penanganan yang dapat dilakukan pada ruas jalan Bultok-Pegantenan Kabupaten Pamekasan dengan menggunakan metode Asphalt Institute adalah penanganan program pemeliharaan rutin. Bentuk informasi data kerusakan Jalan Bultok-Pegantenan Kabupaten Pamekasan diperoleh hasil informasi yang berbentuk sebuah pemetaan kerusakan jalan menggunakan pendekatan software ArcGIS 10.4.

Kata kunci: ArcGIS, Kerusakan Jalan, Metode Asphalt Institute.

Roads are one of the important infrastructures in the development of an area or area that is used and crossed continuously by vehicles. Poor road conditions have the potential to cause the economic condition of an area to decline. Based on data from the recapitulation of the PUPR Bina Marga Office of Pamekasan Regency in 2019, the Bultok-Pegantenan Pamekasan road section has a total length of 6,800 km and a width of 8 meters. This research uses the Asphalt Institute method with ArcGIS 10.4 software approach to be able to determine the value of road damage levels, as well as produce mapping of Bultok-Pegantenan road damage data, Pamekasan Regency. The results of this study the types of road damage that occurred on the Bultok-Pegentenan road in Pamekasan Regency were quite diverse, including: Potholes, Crocodile Skin Cracks, Loose Granules, Aggregate Release, Longitudinal Cracks, Overweight, Curly, Grooves, and Subsidence. The level of damage to the Bultok-Pegantenan road in Pamekasan Regency obtained the lowest condition value in segment 7 (STA 3+000 – STA 3+500) with a condition value of 98.05%. While the highest condition value is found in segment 14 (STA 6+500 – STA 6+800) with a condition value of 99.703%. Handling that can be done on the Bultok-Pegantenan road section of Pamekasan Regency using the Asphalt Institute method is handling routine maintenance programs. The form of damage data information on the Bultok-Pegantenan Road of Pamekasan Regency was obtained in the form of a road damage mapping using the ArcGIS 10.4 software approach.

Keywords: ArcGIS, Road Damage, Asphalt Institute Method.


References


Aminullah, M., Suprapto, B., Rachmawati, A. (2019). Studi Perencanaan Ruas Jalan (Anjir Km 1 Sare Pulau-Pulau Kupang) Kuala Kapuas Kalimantan Tengah. Jurnal Rekayasa Sipil, Vol. 6(1).

Anas, S., Rokhmawati, A., Rachmawati, A. (2023). Studi Peningkatan Jalan (Overlay) Pada Ruas Jalan Lendewacu – Waibakul, Di Kabupaten Sumba Tengah Provinsi Nusa Tenggara Timur (STA 52+000 - STA 62+200). Jurnal Rekayasa Sipil, Vol(13).

Hardiyatmo, H. C. (2015). Pemeliharaan Jalan Raya. Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Hardiyatmo, H. C. (2015). Perancagan Perkerasan Jalan dan Penyelidikan Tanah. Cetakan ke-2, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Putra, K, H., Ita Suhermin Ingsih, & Firmansyah, R. (2022). Rigid Pavement Design For The Jawar Road Surabaya City With Manual Design Of Road Pavement 2017. Journal Innovation Of Civil Engineering, 3(1).

Rokhmawati, A., & Rahmawati, A. (2022). Evaluasi Kerusakan Jalan Dengan Metode Pavement Condition Index Pada Ruas Jalan Mastrip, Sumbersari Kabupaten Jember (STA 0+000 – STA 2+100). Journal Rekayasa Sipil, 13(1), 394.

Rachmawati A. (2010). Aplikasi SIG (Sistem Informasi Geografis) Untuk Evaluasi Sistem Jaringan Drainase di SUB DAS Lowokwaru Kota Malang (Application Geographical Information System for Evaluating Drainage System at Sub Basin Lowokwaru in Malang City, 4(22)) 111-123.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Rekayasa Sipil Terindeks oleh:
 
      
 
 
 Jurnal Rekayasa Sipil is licensed under a CC BY-NC-SA