STUDI ALTERNATIF PERENCANAAN SISTEM DISTRIBUSI AIR BERSIH DAN AIR LIMBAH GEDUNG ASRAMA MAHASISWA NUSANTARA SURABAYA

Dian Taufikul Khofid, Warsito Warsito, Anita Rahmawati

Abstract


Perencanaan sistem distribusi air bersih dan air limbah terdapat beberap hal yang penting untuk diperhatikan yaitu mengenai kualitas air yang akan didistribusikan, laju dan kecepatan aliran dalam pipa, kerugian disepanjang aliran pipa, tekanan air pada pipa serta kapasitas tampungan. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari pada Gedung Asrama Mahasiswa Nusantara Surabaya maka dirancang sistem perpipaan air bersih. Hasil perencanaan Air bersih dengan debit 9,44m³/jam yang diperoleh dari deep wheel ditampung terlebih dahulu pada tangka bawah yang mempunyai dimensi 3 m x 2 m x 2 m maka volume efektif tangka adalah 12 m³. Dari tangka bawah, lalu air didistribusikan ketangki atap yang berkapasitas 6m³ dan menggunakan pompa supplay yang mempunyai kapasitas sebesar 6,29 m³/menit, head 25 m dan daya pompa sebesar 1 kw.

References


Adelia, Kiki Ayu, Bambang Suprapto, And Anita Rahmawati. 2022. “Studi Alternatif Perencanaan Sistem distribusi Air Bersih dan Air limbah Digedung Neo Hotel Malang.”

Arrosyid, Harun, Eko Noerhayati, And Anita Rahmawati. 2023. “Studi Evaluasi Distribusi Air Bersih Desa Lamondape Kecamatan Polinggona Sulawesi Tenggara.”

Nadiva Salsabila, Eko Noerhayati, And Anita Rahmawati. 2022. “Studi Alternatif Perencanaan Sistem Distribusi Air Bersih Dan Air Buangan Pada Pembangunan Gedung Auditorium Universitas Brawijaya.”

Namiroh, Sherly Firdaus, Azizah Rokhmawati, And Anita Rahmawati. 2022. “Studi Alternatif Sistem Plambing Pada Pembangunan Hotel Aston Mojokerto.”

Mat Saleh, Bambang Suprapto, Warsito “Studi Alternatif Perencanaan Bangunan Pelimpah (Spillway) Bendungan Mila Di Kecamatan Woja Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat”


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Rekayasa Sipil Terindeks oleh:
 
      
 
 
 Jurnal Rekayasa Sipil is licensed under a CC BY-NC-SA