ANALISIS PENGARUH BEBAN BERLEBIH KENDARAAN TERHADAP UMUR RENCANA JALAN PADA RUAS JALAN LUMAJANG – PROBOLINGGO

ade riza pradana, Warsito Warsito, Anang Bakhtiar

Abstract


Road damage that occurs in various regions today is a complex problem and the losses suffered are great, especially for road users, such as long travel times, traffic jams, traffic accidents and others. The Lumajang - Probolingggo road section itself is traversed by several types of heavy vehicles with several axis configurations, one of which is heavy vehicles loaded with sand. therefore the review of heavy vehicles is important in order to prevent damage to a road or be able to predict the remaining life of a pavement. The results of this analysis calculation There is an increase in the Vehicle Damage Factor (VDF) value between normal and overload conditions with the following details, for normal VDF, the value of group 4 is 0.0007, group 6a is 0.2174, group 6b is 3.0023, group 7a is 2.74416, and group 7b is 6.7528. Meanwhile, under VDF overload conditions, the value of group 4 increased to 0.0010, group 6a to 0.3570, group 6b to 3.6078, group 7a to 4.4688, and group 7b increased to 9.0854. From the three calculations, the total eqivalent single axle (ESA) value is obtained, namely, for the ESA plan value for the 10-year plan life, 513579.027 is obtained, while the normal ESA is 2608344.309 and for the overload ESA is 2893683.018, from the ESA calculation for the W18 plan, normal and overload values at the end of the plan year a value is obtained, for the W18 plan of 550563, the normal W18 is 51881108, and for the W18 overload is 58414862. From the calculation results obtained a decrease in road life caused by overloaded vehicles (Overload) which is 0.48 years or 4.8% of the planned life of 10 years.

 

Keywords: Overload, Lumajang - Probolinggo Road Section, road plan life

Kerusakan jalan yang terjadi diberbagai daerah saat ini merupakan permasalahan yang kompleks dan kerugian yang diderita sungguh besar terutama bagi para pengguna jalan, seperti waktu tempuh yang lama, terjadinya kemacetan lalu lintas, kecelakaan lalu lintas dan lain-lain. Ruas jalan Lumajang – Probolingggo sendiri dilalui oleh beberapa macam kendaraan berat, salah satunya yaitu kendaraan berat bermuatan pasir. maka dari itu peninjauan kendaraan berat menjadi penting agar untuk mencegah kerusakan pada suatu jalan atau dapat memprediksi sisa umur suatu perkerasan jalan. Hasil dari perhitungan analisa ini Terdapat peningkatan nilai Vehicle Damage Factor (VDF) antara kondisi normal dan overload sebagai berikut, untuk VDF normal, nilai golongan 4 adalah 0,0007, golongan 6a adalah 0,2174, golongan 6b adalah 3,0023, golongan 7a adalah 2,74416, dan golongan 7b adalah 6,7528. Sementara itu, pada kondisi VDF overload, nilai golongan 4 meningkat menjadi 0,0010, golongan 6a menjadi 0,3570, golongan 6b menjadi 3,6078, golongan 7a menjadi 4,4688, dan golongan 7b meningkat menjadi 9,0854. Dari tiga perhitungan didapatkan nilai total eqivalent single axle ( ESA ) yaitu, untuk nilai ESA rencana selama 10 tahun umur rencana didapatkan 513579,027, sedangkan ESA normal 2608344,309 dan untuk ESA overload yaitu sebesar 2893683,018, dari perhitungan ESA untuk nilai W18 rencana, normal maupun overload di akhir tahun rencana didapatkan nilai, untuk W18 rencana sebesar 550563, W18 normal sebesar 51881108, dan untuk W18 overload sebesar 58414862. Dari hasil perhitungan didapatkan penurunan umur jalan yang diakibatkan oleh kendaraan bermuatan berlebih ( Overload ) yaitu sebesar 0,48 tahun atau 4,8 % dari umur rencana yaitu 10 Tahun.

 

Kata Kunci: Overload, Ruas Jalan Lumajang – Probolinggo, umur rencana jalan


References


Husein, S. K., Suprapto, B., & Bakhtiar, A. (n.d.). Studi Perencanaan Perkerasan Ruas Jalan Km Liang-Morella Kabupaten Maluku Tengah.

Mulia Ayu Andini, E., Rokhmawati, A., & Suprapto, B. (2021). Studi Analisa Dampak Beban Kendaraan Terhadap Sisa Umur Rencana Pada Jalan Nasional Mojosari Kabupaten Mojokerto.

Pradana, M. F. (N.D.). Menghitung Umur Pelayanan Perkersan Jalan Kaku Dengan Mempertimbangkan Kendaraan Overload.

Rokhmawati, A., & Rahmawati, A. (2023). Studi Alternatif Perencanaan Peningkatan Perkerasan Lentur (Flexible Pavement) Ruas Jalan Waru-Masiwang Kabupaten Seram Bagian Timur Dengan Menggunakan Metode Bina Marga 2017 STA 0+ 000–STA 10+ 000. Jurnal Rekayasa Sipil (e-Journal), 13(1), 247–25

Umum, K. P., & Marga, D. J. B. (2013). Manual Desain Perkerasan Jalan. Jakarta: Binamarga. https://www.academia.edu/download/55454362/Buku_MDP_2017.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Rekayasa Sipil Terindeks oleh:
 
      
 
 
 Jurnal Rekayasa Sipil is licensed under a CC BY-NC-SA