STUDI ALTERNATIF PERENCANAAN JEMBATAN STRUKTUR BAJA TYPE WARREN PADA JEMBATAN GUYANGAN KABUPATEN TRENGGALEK DENGAN METODE LRFD (LOAD AND RESISTANCE FACTOR DESIGN)

Agung Izzul Haq, Warsito Warsito, Bambang Suprapto

Abstract


Bridges are containers that connect traffic from one area to another. When planning a bridge, it must be based on the results of surveys and investigations regarding the technical conditions of the field in order to obtain clear and accurate information regarding the planned location of the bridge. The aim of this study is to re-plan the bridge construction using a warren type steel frame structure. The warren type has the advantage of being able to be used for long-span structures, and its simple design makes this type relatively light in weight. The planning standards used are SNI: 1725-2016, Rsni-T-2005, Rsni-2883-2016. In structural analysis and design using MS Excel, SAP2000, and AutoCAD. The method used for calculation analysis uses the LRFD (Load Resistance Factor Design) method. The planning results include calculating the loading of the steel frame bridge, reinforcing the floor plate of the bridge vehicle using double reinforcement D16-100 mm and reinforcement for Ø12 – 200 mm. The bridge girder uses WF steel, consisting of longitudinal girder WF 350 x 175 x 7 x 11, transverse girder WF 700 x 300 x 13 x 24 and main girder WF 300 x 300 x 10 x 15. Bolted connections use high quality bolts A- 325. The bridge is placed using elastomeric bearings with dimensions of 600 mm long, 550 mm wide and 163 mm high. The calculation results for the abutment have a bottom width of 310 cm and a height of 445 cm. The pile foundation uses a diameter of 40 cm and a length of 17 m with a total of 8, for foundation reinforcement using 10 D12 staple reinforcement, and D12 – 25 mm spiral reinforcement.

Keywords: Steel frame bridge, Warren Truss, LRFD

Jembatan merupakan wadah penghubung lalu lintas dari suatu daerah ke daerah lainnya. Dalam merencanakan jembatan harus berdasarkan hasil survey dan penyelidikan mengenai kondisi teknis lapangan agar mendapatkan suatu informasi yang jelas dan akurat mengenai lokasi perencanaan jembatan tersebut. Tujuan dalam kajian ini merencanakan ulang kontruksi jembatan dengan menggunakan struktur rangka baja tipe warren. Tipe warren mempunyai keunggulan yaitu mampu digunakan untuk struktur dengan bentang panjang, juga desainnya yang sederhana menjadikan tipe ini memiliki berat yang relatif ringan. Adapun standar perencanaan yang digunakan yaitu SNI: 1725-2016, Rsni-T-2005, Rsni-2883-2016. Dalam analisa struktur dan desain menggunakan Ms Excel, SAP2000, dan AutoCAD. Metode yang digunakan untuk analisis perhitungan  menggunakan metode LRFD (Load Resistance Factor Design). Hasil perencanaan meliputi perhitungan pembebanan jembatan rangka baja, penulangan plat lantai kendaraan jembatan yang menggunakan tulangan rangkap D16-100 mm dan tulangan bagi Ø12 – 200 mm. Pada gelagar jembatan menggunakan baja WF, terdiri dari gelagar memanjang WF 350 x 175 x 7 x 11, gelagar melintang WF 700 x 300 x 13 x 24 dan gelagar induk WF 300 x 300 x 10 x 15. Sambungan baut menggunakan baut mutu tinggi A-325. Perletakan jembatan menggunakan bantalan Elastomer dengan dimensi panjang 600 mm dengan lebar 550 mm dan tinggi 163 mm. Hasil perhitungan abutment memiliki lebar bawah 310 cm dan tinggi 445 cm. Pondasi tiang pancang menggunakan diameter 40 cm dan panjang 17 m dengan jumlah 8 buah, untuk tulangan pondasi menggunakan tulangan pokok 10 D12, dan tulangan spiral D12 – 25 mm.

Kata kunci: Jembatan rangka baja, Warren Truss, LRFD


References


Anggraini, Warsito, dan Bambang Suprapto. (2021). Studi Alternatif Perencanaan Jembatan Dengan Struktur Rangka Baja Tipe Pratt Pada Jembatan Petak Kabupaten Nganjuk.

Badan Standarisasi Nasional. 2016. Pembebanan Untuk Jembatan. SNI 1725:2016. Jakarta: Standar Nasional Indonesia.

Kamalia, N., Warsito, W., & Suprapto, B. (2021). Studi Alternatif Perencanaan Jembatan Pratekan di Desa Kemuning Kecamatan Sampang-Madura. Jurnal Rekayasa Sipil (e-journal), 10(4), 67-78.

Pratiwi, N. D., Warsito, W., & Rokhmawati, A. (2023). Studi Alternatif Perencanaan Jembatan Jalan Lingkar Selatan Kabupaten Sampang Madura Menggunakan Konstruksi Rangka Baja. Jurnal Rekayasa Sipil (e-journal), 13(1), 648-655.

Safitri, A. M., Warsito, & Noerhayati, E. (2021). Studi Perencanaan Alternatif Jembatan Bongkot dengan Menggunakan Struktur Rangka Baja Tipe Warren Truss di Kabupaten Jombang.

Setiawan, Agus. 2013. Perencanan Struktur Baja Dengan Metode LRFD. Jakarta: Erlangga.

Verocha, N., Warsito, W., & Rachmawati, A. (2020). Alternatif Desain Struktur Jembatan Menggunakan Baja Tipe Bowstring Truss Pada Jembatan Nioga Kabupaten Puncakjaya Wamena. Jurnal Rekayasa Sipil (e-journal), 8(6), 437- 448.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Rekayasa Sipil Terindeks oleh:
 
      
 
 
 Jurnal Rekayasa Sipil is licensed under a CC BY-NC-SA