ANALISA KINERJA SIMPANG TIGA PADA RUAS JALAN RAYA DRINGU – JALAN RONGGOJALU KABUPATEN PROBOLINGGO DENGAN METODE PKJI 2014

Dinar Supraba Taranggana Aji, Azizah Rokhmawati, Anita Rahmawati

Abstract


Jalan memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung aktivitas manusia serta mempermudah upaya dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang meliputi semua bagian dari jalan, serta terdapat bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukkan untuk aktivitas lalu lintas, yang terletak pada permukaan tanah, di atas permukaan tanah, di bawah permukaan tanah dan air, serta di atas permukaan air, kecuali jalan kabel, lori, dan kereta api. Analisa Kinerja Simpang Tiga Pada Ruas Jalan Raya Dringu–Jalan Ronggojalu Kabupaten Probolinggo untuk saat ini diawali dengan pengumpulan data jumlah penduduk yang didapat dari BPS Kabupaten Probolinggo sebagai data sekunder. Kemudian melakukan survei volume lalu lintas pada persingpangan Jalan Raya Dringu–Jalan Ronggojalu Kabupaten Probolinggo  untuk mendapatkan data primer. Setelah semua data terkumpul, dilanjutakan mengolah data secara manual berdassarkan metode yagn di gunakan yaitu PKJI 2014 Berdasarkan survei dan perhitungan yagn dilakukan, didapat kapasitas simpang (C) sebesar 2449,52 skr/jam, derajat kejenuhan (DJ) 0,99, nilai tundaan (T) 14,74 detik/skr dengan peluang antrian 78,26 % % (batas atas) dan 39,56% (batas bawah).

Kata kunci: PKJI 2014, Simpang, Volume Kendaraan

 

Roads play a vital role in supporting human activities and facilitating the fulfillment of daily life needs. A road is a land transportation infrastructure that encompasses all parts of the roadway, including complementary structures and facilities dedicated to traffic activities. These roads can be located on the surface of the ground, above the ground, below the ground and water, and even on the water's surface, excluding cable roads, lorries, and railways. The performance analysis of the three-way intersection on the Dringu–Ronggojalu Road in Probolinggo Regency is initiated by collecting data on the population, obtained from the Central Bureau of Statistics (BPS) of Probolinggo Regency, as secondary data. Subsequently, a traffic volume survey is conducted at the intersection of Dringu–Ronggojalu Road in Probolinggo Regency to obtain primary data. Once all the data is gathered, it is processed manually based on the method used, which is the 2014 Indonesian Highway Capacity Manual (PKJI 2014). Based on the conducted survey and calculations, the volume capacity of vehicles (C) is determined to be 2449,52 pcu/hour, the degree of saturation (DS) is 0,99, the delay (T) value is 14,74 seconds/pcu, with a queuing probability of 78,26 % (upper limit) and 39,56% (lower limit).

Keywords: Intersection, PKJI 2014, Vehicle Volume


References


Apif, M., Suprapto, B., & Rachmawati, A. (2019). Studi Evaluasi Kinerja Simpang Tiga Jalan Veteran-Jalan Sungai Bilu Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan. Jurnal Rekayasa Sipil (e-journal), 5(2), 63-76.

Ansusanto, J.D., & Tanggu, S. (2016), Analisis Kinerja dan Manajemen pada simpang dengan Derajat Kejenuhan Tinggi, Dinamika Rekayasa, 12 (2)

Direktoral Jenderal Bina Marga. 2014. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia. (PJKI). Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum

Fahruddin, M., Rokhmawati, A. and Rahmawati, A. (2022). Studi Analisis Dampak Kinerja Lalu Lintas pada Ruas Jalan Sumatera-Dr. Soetomo Kota Madiun.

Kementrian PU, 2014, Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia, Kementrian Pekerjaan Umum, Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Rekayasa Sipil Terindeks oleh:
 
      
 
 
 Jurnal Rekayasa Sipil is licensed under a CC BY-NC-SA