PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN “DD/CT” UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA

Alifiani Alifiani, Sikky El Walida

Abstract


Abstrak: Berdasarkan hasil studi pendahuluan diketahui bahwa mahasiswa Kelas 4A Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang belum memiliki  kemampuan berpikir kritis yang baik. Sebagian besar mahasiswa masih berpikir prosedural. Hanya ada 2 dari 25 mahasiswa yang mendapat nilai tes lebih dari atau sama dengan 75, yang berarti hanya 8% mahasiswa yang dapat berpikir kritis dengan baik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran “DD/CT” guna mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa kelas 4A. Penelitian ini tergolong dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK dilaksanakan dalam siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari plan, act, observe, dan research. Hasil dari siklus 1, setelah diberi tindakan berupa model pembelajaran DD/CT, kemampuan berpikir kritis mahasiswa mulai membaik yaitu 40% mahasiswa mulai mampu berpikir kritis. Namun hasil tersebut masih belum memenuhi indikator keberhasilan sehingga perlu dilakukan perbaikan di siklus 2. Setelah dilakukan beberapa perbaikan pada siklus 2, 88% mahasiswa dapat berpikir kritis. Hasil ini seudah memenuhi indikator keberhasilan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran DD/CT ini mampu membantu mengembangkan proses berpikir kritis mahasiswa.

Kata Kunci    : DD/CT, Kemampuan Berpikir Kritis, Mahasiswa Kelas 4A

Full Text:

PDF PDF

References


Applebaum, M. 2015. Activating pre-service mathematics teachers' critical thinking. European Journal of Science and Mathematics Education,

(1): 77‐89.

Arthana, K.P. 2010. Pembelajaran Inovatif Berbasis Deep Dialogue/Critical Thinking. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10 (1): 16‐21.

Bakir, S. 2015 . Critical Thinking Disposition of Pre-service Teachers. Academic Journals, 10 (2): 225-233.

Canada, A., Drabek, P. dan Fonda, A. 2004. Handbook Of Differential Equations Ordinary Differential Equations Volume 1. USA: Elsevier Inc.

Costello, P.J.M. 2011 . Effective Action Research (2nd edition). London: Continuum International Publishing Group.

Facione, P.A. 2013. Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. (www.insightassessment.com, diakses tanggal 7 Februari 2018).

Firdaus, Khailani, I., Bakar, M.N.B., Bakry. 2015. Developing Critical Thinking Skills of Students in Mathematics Learning. Journal of Education and Learning, 9(3): 226-236.

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Rasiman, 2015. Leveling Of Critical Thinking Abilities Of Students Of

Mathematics Education In Mathematical Problem Solving. IndoMS-JME, 6(1): 40-52.

Swidler, L. 2013. More than Dialogue Deep-Dialogue / Critical-Thinking / Competitive-Cooperation. World Journal of Islamic History and Civilization, 3 (1): 36-41.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Inovasi Pendidikan ini terindeks: