PENDIDIKAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI INDONESIA

Diah Retno widowati, Eko Suhartoyo

Abstract


Abstrak : Sekolah satu dan yang lain, dewasa ini, menawarkan berbagai macam model pendidikan. Hal ini disebabkan pemilihan pendidikan seringkali berdasar pada keunggulan yang ditawarkan masing-masing sekolah, seperti ekstrakurikuler unggulan dan jenis kelas. Berdasarkan beberapa literasi yang mengungkapkan tentang keberagaman jenis kecerdasan yang ada serta penerapannya pada berbagai tingkatan sekolah di Indonesia, maka model pembelajaran berbasis multiple intelligences atau kecerdasan majemuk ini sangat diperlukan. Mengacu pada maraknya pendidikan berbasis kecerdasan majemuk (Multiple Intelligences), tulisan ini bertujuan untuk mengungkapkan konsep pendidikan berbasis kecerdasan majemuk (Multiple Intelligences).

Kata Kunci : Kecerdasan Majemuk, Pendidikan, Program Sekolah


Full Text:

PDF PDF

References


Armstrong, T. 2011. Multiple Intelligences. (Online) (http://www.thomasarmstrong.com/multiple_intelligences.php), diunduh pada 13 Agustus 2016

Diana, R. R. 2006. Setiap Anak Cerdas! Setiap Anak Kreatif! Menghidupkan Keberbakatan dan Kreativitas Anak. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro. Vol. 3 No. 2: (123-131)

Faridah, N. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Bagi Siswa Usia Pendidikan Dasar. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Gardner, H. 1983. Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. New York: Basic Books.

Muflihatuh, T. 2013. Implementasi Multiple Intelligences dalam Pembelajaran pada SD Berbasis Islam di Kota Magelang (Study Kasus di SD Muhammadiyah 1 Alternatif dan SDIT Ihsanul Fikri Kota Magelang). Skripsi: STAIN Salatiga.

Nashori, F. dan Mucharam, R. D. 2002. Mengembangkan Kreativitas dalam Perspektif Psikologi Islam. Yogyakarta: Menara Kudus.

Purwanti, R. 2013. Penerapan Multiple Intelligences Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada SIswa Kelas VI SDN Salakan Lor, Kalasan, Sleman. Skripsi. UNY Yogyakarta.

Rizki, R. A. 2013. Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. (Online) ( http://ririnayurizki.blogspot.co.id/2013/03/strategi-pembelajaran-berbasis-multiple.html), diunduh pada 29 Juli 2016.

Santrock, J. W. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Stein, S. J. dan Book, H. E. 2000. The EQ Edge: Emotional Intelligence and Your Success. Kanada: Multi-Health Systems.

Yussanti, I. F A. 2011. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X SMKN 4 Malang. Skripsi: UNM Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Inovasi Pendidikan ini terindeks: