PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MATEMATIKA BERBAHASA INGGRIS BERBASIS GAME DI STMIK ASIA MALANG
Abstract
Abstrak: Matematika dan Bahasa Inggris merupakan matakuliah yang cukup penting bagi program studi Informatika di STMIK Asia. Hal ini dikarenakan matematika merupakan bahasa ilmiah yang dipahami oleh komputer dan Bahasa Inggris merupakan bahasa yang digunakan pada komputer. Fakta yang terjadi pada pembelajaran matematika dan Bahasa Inggris di kampus STMIK Asia adalah mahasiswa masih kurang antusias sehingga mayoritas mahasiswa belum mencapai hasil belajar yang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan suatu lembar kerja matematika berbahasa Inggris dan berbasis game untuk meningkatkan kemampuan matematis sekaligus kemampuan berbahasa Inggris. Model pengembangan yang diadopsi adalah model pengembangan Plomp yang terdiri dari 3 tahap yaitu (1) penelitian awal, (2) pengembangan, dan (3) penilaian. Adapun hasil dari pengembangan yang dilakukan diperoleh suatu lembar kerja matematika berbahasa Inggris dan berbasis game. Berdasarkan uji validitas lembar kerja diperoleh bahwa lembar kerja memenuhi kategori valid. Dari uji coba produk diperoleh bahwa lembar kerja pada kategori praktis dan efektif.
Kata kunci: Pengembangan Lembar Kerja , Matematika, Game, Bahasa Inggris
Full Text:
PDFReferences
Anriani, N.; Novaliyosi, dan Fathurahman, M. Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournaments (TGT) Guna Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Statistika Matematika Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNTIRTA. Disajikan dalam Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika 2008. (Online), (http://eprints.uny.ac.id/6940/1/P-20%20Pendidikan%28Nurul%20Anriani%29.pdf), diakses pada tanggal 10 Juni 2017.
Fuqoha, A.A.N. 2015. Pengembangan Game RPG (Role Play Game) Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Guided Inquiry Pada Materi Segiempat Dan Segitiga Untuk Siswa Smp Kelas VII. (Online), (http://eprints.uny.ac.id/23089/1/Ahmad%20Akrom%20Nur%20Fuqoha%2811313244018%29.pdf), diakses pada tanggal 7 Juni 2017.
Kovarik, Madeline. 2010. International Journal for Mathematics Teaching and Learning: Building Mathematics Vocabulary.
Mulyatiningsih, Endang. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.
Muslim, Muhammad; Zainuddin; dan An’nur, Syubhan. 2013. Meningkatkan Aktivitas Siswa Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, Vol. 1, No, 3. (Online), (http://download.portalgaruda.org), diakses pada tanggal 28 Agustus 2018.
Plomp, Tjeerd. “Educational Design Research: an Introduction”. Dalam Tjeerd Plomp dan Nienke Nieveen (Ed.). 2010. An Introduction to Educational Design Research. Enschede: SLO Netherlands Institute for Curriculum Development.
Sanjaya. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Savery, John R. 2006. Overview of Problem Based Learning: Definitions
and Distinction. The Interdisplynary Journal of Problem Based Learning. Volume 1, no. 1 (Spring 2006). 9-20.
Soanes, Catherine and Angus Stevenson. Oxford English Dictionary: Eleventh Edition. Oxford: University Press.
Sudjana, N. 2011. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Purnamasari, Y. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Kemandirian Belajar dan Peningkatan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik Peserta Didik SMPN 1 Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, Vol.1, No. 1. (Online).(http://pasca.ut.ac.id/journal/index.php/JPK/article/viewFile/3/3), diakses pada tanggal 3 Juni 2017.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Inovasi Pendidikan ini terindeks: