EMOTION REGULATION TO REDUCING AGGRESSIVE BEHAVIORIN RESOLVING INTERPERSONAL CONFLICT ON STUDENT SMK

Maslichah Raichatul Janah

Abstract


Fenomena perilaku agresif remaja semakin meningkat, baik dari jumlah maupun variasinya. Hal tersebut menunjukkan kurangnya kemampuan regulasi emosi remaja untuk mengelola konflik interpersonalnya. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui adanya pengaruh regulasi emosi untuk mengurangi perilaku agresif dalam menyelesaikan konflik interpersonal pada siswa SMK, untuk mengetahui tingkat regulasi emosi pada siswa SMK, untuk mengetahui tingkat perilaku agresifitas dalam menyelesaikan konflik interpersonal pada siswa SMK.Subjek penelitian ini adalah siswa SMK 01 Muhammadiyah Kartasura Kelas 2. Jumlah sampel yang dipilih sebanyak 58 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengambilan data menggunakan skala dan angket yaitu: angket konflik interpersonal, skala regulasi emosi dan skala agresifitas. Teknik analisa data menggunakan regresi linier untuk mengetahui sebab-akibat antar dua variabel atau lebih. Yang diolah menggunakan perangkat lunak SPSS (Statistical Package For Social Sciences) For Windows Release 17.Hasil analisis data menunjukan adanya pengaruh yang signifikan antara regulasi emosi dengan perilaku agresif dalam menyelesaikan konflik interpersonal dengan hasilĀ  P 0,00. Tingkat regulasi emosi pada siswa SMK dengan ME sebesar 58,69. Hal ini berarti regulasi emosi siswa SMK 01 Muhammadiyah tergolong sangat tinggi. Sedangkan tingkat perilaku agresifitas dalam menyelesaikan konflik interpersonal pada siswa dengan ME sebesar 31,9. Hal ini berarti agresifitas dalam menyelesaikan konflik interpersonal tergolong sedang.

Full Text:

PDF

References


Baron, R.A., Byrne, D. 2005.Psikologi Sosial.Jilid 2 edisi kesepuluh. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Dayaksini, Tri., Hudaniah. 2009. Psikologi Sosial. Malang: UMM Press.

Luthan, Fred. 2005. Perilaku Organisasi. Yogyakarta : Andi

Nurhera.2012. Regulasi Emosi pada Orangtua yang Memiliki Anak Cerdas Istimewa.Journal Empathy.Vol. 1 No. 2.

Nisfiannoor, M dan Yulianti, E. 2005.Perbandingan Perilaku Agresif Antara Remaja yang Berasal dari Keluarga Bercerai dengan Keluarga Utuh.Jurnal Psikologi.Vol. 3 No. 1.

Sarwono, S.W., Meinarno, E.A. 2009.Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Wahyuni, S. 2013. Hubungan Efikasi Diri dan Regulasi Emosi dengan Motivasi Berprestasi pada Siswa SMK Negri 1 Samarinda.E Journal Psikologi. Vol. 1 No.1 : 88-95


Refbacks

  • There are currently no refbacks.