MANAJEMEN PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KURIKULUM MILITER DI PUSDIK PENGMILUM KODIKLAT TNI AD

Mia - Nurmala

Sari


Pembelajaran bahasa Arab tidak hanya terbatas pada satu bidang atau satu tujuan saja. Saat ini Lembaga militer telah melaksanakan penguatan bahasa asing, khususnya bahasa Arab. Dalam merencanakan pembelajaran tersebut tidaklah sama dengan pembelajaran bahasa Arab pada umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perencanaan bahasa Arab tujuan khusus militer dan manajemen yang digunakan di dalamnya. Studi fenomenolgi eksitensial digunakan dalam penelitian ini dengan teknik sampling purposive sampling. Adapun subjek penelitian ini adalah Satuan Pendidikan, Operasional Pendidikan, Departemen Bahasa, dan Guru Militer. Data dikumpul dari hasil wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perencanaan pembelajaran bahasa Arab tujuan militer telah dirancang dalam 600 jam pelajaran dengan sistem asrama. Selanjutnya tri pola dasar pendidikan militer diintegrasikan dalam kurikulum pembelajaran bahasa Arab.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustin, M. (2011). Permasalahan Belajar dan Inovasi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama

Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Anshori, I. (2008). Perencanaan Sistem Pembelajaran. Sidoarjo: Muhammadiyah University Press

Ardiansyah, R. (2014). Manajemen Pembelajaran. [Online]. Tersedia di: http://www.idsejarah.net/2014/10/manajemen-pembelajaran.html

Dakir. (2004). Perencanaan Dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Djamarah, S. (2011). Psikologi Belajar. Bandung: Rineka Cipta

Fatimah, S. (2015). Poblematika pembuatan rencana kegiatan pembelajaran di raudatul atfal muslimat NU Warulor Wiradesa. (Skripsi). Tidak diterbitkan. STAIN Pekalongan.

Fauzan A. R. (2011). Idhaat li Mu’alim Al Lughah Al Arabiyah li ghairi Al Nathiqina biha. Riyadh: Mathabi’ Al Humaidhy

Gerlach, V.S, and Ely, D.P. (1980). Teaching and Media a Systematic Approach. Englewood Cliffs: Prentice-Hall.

Grancang, S. (2010). Problematika Pengajaran Bahasa Arab Pada Perguruan Tinggi Islam. Jurnal Sosio –Religia, 9, No. 3..

Hermawan, A. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hermawan, A. H. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung:Pustaka Ilmiah.

Inah, E. N. (2015). Peran Komunikasi dalam Interaksi Guru dan Siswa. Al-Ta’dib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan. 20-33. 8,2. Doi: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v8i2.41

Iskandar, W. & Mandalika. (1982). Kumpulan dan Pikiran-pikiran dalam Pendidikan. Jakarta: Rajawali.

Ismawati, E. (2012). Perencanaan Pengajaran Bahasa: Langkah Menuju Guru Kompeten dan Professional. Yogyakarta: Ombak.

Madkur A. A. & Huraidy I. A. (2006). Ta’lim Al Lughah Al Arabiyah li ghairi Al Nathiqina biha: Al Nazhariyah wa Al Tathbiq. Al Qahirah: Daar Al Fikr Al Arabiy

Madkur A. A. Tadris Gunun Al Lughah Al Arabiyah. Al Qhirah: Daar ِ Al Syawaf

Majid, A. (2008). Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru).Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasana, D.(2012). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pasaribu & Simanjuntak. (1983). Proses Belajar Mengajar. Bandung: tarsito.

Sa’ud, U. S & Makmun, A. S. (2005). Perencanaan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Shambugh, N, and Magliaro, S.G. (2006). Instructional Design. USA: Pearson Education.

Sukayati. (2003). Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Tidak diterbitkan. Diktat PPPG Matematika Yogyakarta.

Surbakti, R.T. (2014). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Golongan 1 Di Universitas Katolik Parahyangan. E-Journal Graduate Unpar. 211-232.1, 2. doi: https://media.neliti.com/media/publications/184121-ID-pengaruh-motivasi-kerja-terhadap-kinerja.pdf

Syafei, I. (2011). Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Arab. (Disertasi). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Syah, D. (2007). Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Gaung Persada Press.

Syah, M. (1997). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosda

Thaimah R. A. & Mana M. (2001) Tadris Al Arabiyah fi Al Ta’lim Al Am: Nazhariya wa Tajarub. Al Qahirah: Daar Al Fikr Al Arabiy

Trace, J. dkk. (2015). An Overview of Language for Specific Purposes. Developing Courses in Languages for Specific Purposes, 1, 1-22. http://hdl.handle.net/10125/14573. Honolulu: University of Hawai.

Wahab. M. A. (2015). Peran Bahasa Arab dalam Pengembangan Ilmu Peradaban Islam. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban. 1, 1-20.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 Indexex By ;

  

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

FASHOHA
Fakultas Agama Islam (FAI)
Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Universitas Islam Malang (UNISMA)
Jl. Mayjen Haryono No. 193, Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia, Kode Pos 65144,
Telp/Fax: (0341) 551932. Website: unisma.ac.id

Lisensi Creative Commons
Fushoha Journal is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .