PENGARUH PERENDAMAN BERBAGAI KONSENTRASI DAN JENIS CUKA TERHADAP NILAI pH DAN SUSUT MASAK DAGING AYAM PETELUR AFKIR

Ilmayana Husnia, Irawati Dinasari, Oktavia Rahayu Puspitarini

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untukmenganalisa dari pengaruh perendaman berbagai konsentrasi dan jenis cuka terhadap nilai pH dan susut masak daging ayam petelur afkir. Pada Penelitian kali ini dilaksanakan di Lab. Teknologi Hasil Ternak Fakultas Peternakan UNISMA pada tanggal 12 Maret- 12April 2020.  Dalam penelitian terdapat bahan materi yitu jenis cuka, ayam petelur afkir, dan aquades. Alat yang digunakan beaker glass. pH meter, waterbath, stopwatch, serta alat tulis. Metode penelitian dilakukan secara eksperimental menggunakan rancangan pola tersarang orthogonal Faktoor A adalah konsentrasi (4%, 6%, 8%). Fakktor B  adalah jenis cuka (cuka madu dan cuka makan). Yang diamati dalam penelitian ini adalah nilai pH dan susut masak. Data hasil penelitian menganalisi menggunakan (ANOVA) Analysis of variance (ANOVA) dan dilanjutkan dengan uji beda nyata terkecil (BNT) apabila ada pengaruh. Berdasarkan penelitian hasil menunjukan kontrol dengan perlakuan berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap nilai pH dan susut. Perendaman berbagai jenis cuka (P<0,01) berpengaruh sangat nyata terhadap nilai pH dan (P<0,05) berpengaruh nyata terhadap susut masak. Perendaman berbagai konsentrasi dalam jenis cuka pengaruh nyata (P<0,05) terhadap pH daging dan tidak berpengaruh nyata (P>0,05) susut masak daging. Penelitian ini berkesimpulan menunjukkan bahwa perendaman dengan konsentrasi 8% pada berbagai jenis cuka akan menghasilkan nilai pH dan nilai susut masak yang masih dalam batas normal terhadap daging afkir. Disarankan dengan perendaman konsentrasi 8% pada berbagai jenis cuka  akan menghasilkan nilai pH dan susut masak yang terbaik pada daging ayam petelur afkir. Perlunya penelitian lanjutan tentang pengaruh berbagai konsentrasi dengan mengunakan berbagai jenis cuka terhadap uji daya ikat air, uji kualitas organoleptik dan keempukan pada daging ayam petelur afkir.

Full Text:

PDF

References


Absari. D.D, I. Dinasari, dan O.R. Puspitarini. 2019. Hasil Penelitian Berbagai Konsentrasii Dan Lama Perendaman daging (Cairina Moschata) Dalam Cuka Madu Terhadap Nilai Susut Masak Dan Keempukan. Jurnal Rekasatwa Peternakan.02(01): 42-46

Anonymous. 1992. Cara Pengujian Makanan dan Minuman. Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan. Departemen Pertanian. Jakarta.

Candra.2006. Pengaruh Pemberian Gula, Insulin dan Lama Istirahat sebelum Pemotongan pada Domba setelah Pengangkutan terhadap Kualitas Kimia Daging. Prosiding Seminar Nasional, UNDIP Semarang.

Dersroiser, N.W. 2008. Teknologi Pengawetan Pangan. Universitas Indonesia. Press. Jakarta.

Khairudin.2008. Kandunggan Protein dan Orgoleptik Abon Daging Ayam Petelur Afkir Dengan Suhu Dan Waktu Perebusan Yang Berbeda. Skripsi Fakultas Pertanian Dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.Pekanbaru.

Marwati, Syahrumsyah, dan Ratri Handria. 2013. Konsentrasi Gula dan Starter terhadap Mutu The Kombucha. Jurnal Teknologi Pertanian. Vol. 08. No.02. Hal: 49-53.

Soeparno. 2011. Ilmu dan Teknologi Daging. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.