PENGARUH LAMA PENYIMPANAN DAGING DOMBA (Ovis aries) DENGAN BERBAGAI BAHAN PENGEMAS DI SUHU REFRIGERATOR TERHADAP NILAI pH DAN TOTAL BAKTERI

Muhammad David Bachtiar, Inggit Kentjonowaty, Irawati Dinasari

Abstract


Pada”penelitian”ini bermaksut untuk”memberi informasi pada masyarakat dan menganalisa pengaruh pada penyimpanan daging domba (Ovis aries) dengan beberapa bahan pengemas dengan suhu suhu refrigerator pada total bakteri dan nilai kadar pH. Materi dalam penelitian ini ialah daging domba bagian dada dengan beberapa”bahan pengemas.”Penelitian ini”memakai”analisis statistik Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan pola tersarang (nested) 4 faktor dan 3 ulangan, Faktor pertama (jenis kemasan) : TK(tanpa kemasan), PP (plastik polypropylene), PE (polyethylene) dan PA (alumunium foil), faktor kedua (lama”simpan) : L3 (3 hari), L4 (4 hari), dan L5 (5 hari). Variabel pada penelitian ini adalah nilai Ph dan total bakteri. Data yang didapat dalam analisa ragam dan uji (BNT). Hasil jumlah analisa menunjukkan perlakuan dengan lama penyimpanan daging domba pada suhu dingin (refrigerator) dan beberapa bahan pengemas berpengaruh sangat nyata (P < 0,01) terhadap  total jumlah”bakteri dan nilai”pH. Rataan perlakuan lama penyimpanan dalam beberapa kemasan terhadap Total jumlah Bakteri yaitu PA.L3= 4,1 x 105  cfu/g (a) hingga TP.L5= 19,9 x 106 cfu/g (g) sedangkan rataan pada perlakuan lama penyimpanan pada kemasan terhadap jumlah Nilai pH yaitu TP.L5= 5,40 (a)  sampai PP.L3= 5,80 (g). Kesimpulan penelitian ini ketiga bahan-bahan”pengemas (alumunium”foil, polypropylene, dan polyethylene) dapat dimanfaatkan menjadi pengemas pada suhu dingin dengan lama simpan sampai 5 hari. Untuk mempertahankan mutu daging domba dari perkembangan bakteri, perlu di teliti lagi dengan jenis pengemas berbeda yaitu bahan ramah lingkungan dan variable yang sama yaitu total bakteri dan pH.

Full Text:

PDF

References


Anonimus. 2008. Batasan Kemampuan Pencemaran Mikroba dalam Pangan.”Badan Standarisasi Nasional.

Boutun,””Harris and W. R. Shorthose. 2003. Factor Influencing Cooking Losses From Meat. J. Food Scl.””.

Denny, W. 2010. Nilai pH Daging. Institut Peternakan”Bogor.“

Judge, M. D. 2005. Sifat Fisik dan Kimia Daging Sapi Brahman Cross, Angus, dan Murray Grey. Penelitian Ternak, Bogor.

Lawrie,,””R. A. 2007. Ilmu Daging. (Terjemahan). Universitas Indonesia. Jakarta

Lawrie, R. A. 2000. Meet Science, 3rd edition. Pregamon Press, Oxford.

Soeparno. 2003. Teknologi”Hasil”Pangan. Gadjah Mada University. Yogyakarta.

Swatland, 2003. Structure”and Development of Meat Animal, Prentice Hall”inc. Englewood, New Jersey.

pTiya, N, I. 2018. Dampak waktu Lama Rendaman “dalam Berbagai Konsentrasi Larutan Sari Buah Markisa (pasiflora”flavicarpa) Terhadap”Nilai pH dan Jumlah Mikroba Daging. UNISMA. Malang.

Purwa. 2019. Pengaruh Lama Penyimpanan Daging Sapi Perah Afkir Asal Pasar Tradisional Pada Suhu Refrigerator dengan Berbagai Pengemas Terhadap Nilai pH dan Total Bakteri. Universitas Islam Malang. Malang.

Winarno, F. G. dan Jenie. 2001. Kelayakan Bahan Pangan dan Pencegahnya. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.