PENGARUH TINGKAT PENAMBAHAN PROBIOTIK LACTOBACILLUS SALIVARIUS TERENKAPSULASI DALAM PAKAN TERHADAP KONVERSI PAKAN DAN BIAYA PAKAN PERKILOGRAM TELUR PADA PUYUH PERIODE LAYER

Daniel Omar Badrid Duja, Muhammad Farid Wadjidi, Sumartono Sumartono

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penambahan probiotik enkapsulasi Lactobacillus salivarius kedalam pakan komersial terhadap nilai konversi pakan dan biaya pakan perkilogram telur burung puyuh. Materi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Probiotik terenkapsulasi dari spesies Lactobacillus salivarius dan burung puyuh betina umur 4 bulan sebanyak 320 ekor. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Data yang diperoleh dianalisa dengan analisis ragam (ANOVA) dan apabila berpengaruh dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil (BNT). Perlakuan P0= pakan komersial tanpa probiotik, P1=pakan komersial + 0,2 % probiotik, P2= pakan komersial + 0,4 %, probiotik dan P3= pakan komersial + 0,6 % probiotik. Hasil analisis ragam menunjukkan bahwa penambahan probiotik enkapsulasi Lactobacillus salivarius  terenkapsulasi berpengaruh sangat nyata (p<0,01) terhadap konversi pakan dan biaya pakan perkilogram telur. Rata-rata nilai konversi pakan yaitu perlakuan P0 :3.10b, perlakuan P1 : 3.03b, perlakuan P2 : 2.78ab, dan perlakuan P3 : 2.55a. Rata-rata biaya perkilogram telur yaitu: perlakuan P0 :18313.39b, perlakuan P1 : 18107.66b, perlakuan P2 : 16809.06ab, dan perlakuan P3 : 15619.81a. Kesimpulan penelitian ini yaitu semakin tinggi tingkat penambahan probiotik Lactobacillus salivarius terenkapsulasi dalam pakan burung puyuh periode layer menurunkan nilai konversi pakan dan menurunkan biaya pakan (Rp) perkilogram telur puyuh.


Full Text:

PDF

References


Amiludin, 2016. Pengaruh Penambahan Mikromineral Pada Proses En-kapsulasi Lactobacillus salivarius terhadap Jumlah Mikroba dan AW. Fakultas Peternakan UNISMA.

Djaelani, M.A. 2015. Pengaruh Pencelupan pada Air Mendidih dan Air Ka¬pur sebelum Penyimpanan Terhadap Kualitas Telur Ayam Ras (Gallus L.).Buletin Anatomi dan Fisiologi.

Fuller, R.1992. Probiotic the Scientific Basic. 1 Sd Ed. Chapman and Hall London, New York.

Gunawan dan Sundari. 2003. Pengaruh Penggunaan Probiotik dalam Ransum terhadap Produktivitas Ayam. Wartazoa. 13(3): 92−98.

Indarto. Poedi. 1986. Manajemen Ternak Unggas. Unibraw Malang. Malang.

Kompiang, I.P. 2009. Pemanfaatan Mikroorganisme Sebagai Probiotik Untuk Meningkatkan Produksi Ternak Unggas Di Indonesia. J. Pengembangan Inovasi Pertanian 2(3), 2009: 177-191

Suminar, D.R. 2011. Jenis Hijauan pakan Pada Peternakan Kambing Rakyat di Desa Cigobang, Kecamatan Pasaleman, Kabupaten Cirebon, Propinsi Jawa Barat.Skripsi.Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan. Fakultas Peternakan. Institut Pertanian Bogor.

Wasito, H.R., 1997. Lactobacillus, Aplikasi dan Peranannya Terhadap Kesehatan dan Pertumbuhan Hewan Ternak dan Unggas. Makalah Seminar. Novotel. Solo.

Zainudin, S. dan Syahruddin. 2012. Pemanfaatan Tepung Keong Mas sebagai Substitusi Tepung Ikan dalam Ransum Terhadap Performa dan Produksi Telur Puyuh. Laporan Penelitian. Fakultas Ilmu-Ilmu Pertanian Universitas Negeri Gorontalo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.