PENGARUH TINGKAT PENGGUNAAN DAUN Indigofera zollingeriana TERFERMENTASI SEBAGAI BAHAN PAKAN ITIK PEDAGING HIBRIDA UMUR 22-45 HARI TERHADAP PERSENTASE KARKAS DAN LEMAK ABDOMINAL

Arista Wahyu Febriansyah, Muhammad Farid Wadjidi, Dedi Suryanto

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di Kediaman Bapak Lukman Desa Bangelan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Penggunaan Daun Indigofera zollingeriana Terfermentasi Sebagai Bahan Pakan Itik Pedaging Hibrida Umur 22-45 Hari Terhadap Persentase Karkas Dan  Lemak Abdominal. Kegunaan penelitian ini diharapkan memberikan pedoman dan informasi dari Penggunaan Daun Indigofera zollingeriana Terfermentasi Sebagai Bahan Pakan Itik Pedaging Hibrida Umur 22-45 Hari Terhadap Persentase Karkas Dan  Lemak Abdominal. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah daun indigofera terfermentasi yang dicampur dengan konsentrat 511, CP 144, jagung giling,pollard dan juga itik pedaging hibrida jantan umur 22hari  dengan bobot badan awal rata-rata 634 gram sebanyak 64 ekor. Metode yang digunakan adalah metode percobaan menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan, tiap ulangan terdiri dari 4 itik. Perlakuan yang diberikan adalah R0 = pakan tanpa campuran daun. Indigofera zollingeriana, R1 = pakan yang mengandung daun Indigofera zollingeriana terfermentasi 5%., R2 = pakan yang mengandung daun Indigofera zollingeriana terfermentasi 10%., R3 = pakan yang mengandung daun Indigofera zollingeriana terfermentasi 15%.. Variabel yang diamati pada penelitian ini adalah persentase karkas”dan persentase lemak abdominal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat Penggunaan Daun Indigofera zollingeriana Terfermentasi Sebagai Bahan Pakan Itik Pedaging Hibrida Umur 22-45 Hari pengaruh nyata (P<0,05) terhadap persentase karkas dan persentase lemak abdominal. Rata-rata nilai persentase karkas dan Uji BNT 5% pada tiap perlakuan adalah R0 = 58,39b, R1 = 57,22ab R2 = 57,18 ab, dan R3 = 56,09a dan nilai persentase lemak abdominal dan uji BNT % pada tiap perlakuan adalahR0 = 1,11b , R1 = 0,96a , R2 = 0,95 a , dan R3 = 0,94 a. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penggunaan daun Indigofera  zollingeriana terfermentasi pada taraf 10% dapat digunakan sebagai bahan pakan itik pedaging hibrida umur 22- 45 hari karena tidak berengaruh nyata terhadap persentase karkas dan berpengaruh nyata terhadap persentase lemak abdominal, Disarankan Perlu dilakukan penelitian lainnya untuk penghilangan tanin dan pemecahan serat kasar pada daun Indigofera  zollingeriana secara maksimal.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, L., N. R. Kumalasari. Nahrowi. dan Suharlina. 2010. Pengembangan Produk Hay, Tepung dan Pelet Daun Indigofera Sp Sebagai Alternative Sumber Protein Murah”Pakan Kambing Perah. Laporan Penelitian Hibah Insentif. Fakultas Peternakan IPB

Akbarillah, T. D, dan Kaharuddin. 2002. Kajian Tepung Daun Indigofera sebagai Suplemen Pakan”Produksi dan Kualitas Telur. dalam: Laporan Penelitian. Bengkulu (Indonesia): Lembaga Penelitian Universitas Bengkulu.

Anonimus. 1994. Makanan Ayam Broiler. Kanisius. Yogyakarta.

Bidura, I, G, N, G. Sumardani, T. Istri, P dan I. B. G. Partama. 2005. Pengaruh Pemberian”Ransum Terfermentasi terhadap Pertambahan Berat Badan, Karkas dan Jumlah Lemak Abdomen pada Itik Bali. Jurnal Pengembangan Peternakan Tropis 33: 274-281.

Kubena, Deaton L. F. W, Chen T.C. and Recee F. N, 1974. Factor Influencing”the Quantity of Abdominal fat in Broiler. Poult Sci. 53: 211-214.

Mahfudz, L. D., W. Sarengat dan B. Srigandono. 2000. Penggunaan Ampas Tahu sebagai Bahan Penyusun Ransum Broiler. Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Peternakan Lokal, Universitas Jendral Sudirman, Purwokerto.

Suci, D. M., dan H. Setiyanto. 2001. Pengaruh Pengolahan Sorgum terhadap Penurunan Kadar Tanindan Pengukuran Energi Metabolis. Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner. Jurusan IlmuNutrisi dan MakananTernak, Fakultas Peternakan IPB, Bogor.

Sutardi. 1992. Pengawetan Pangan: Pendinginan dan Pengeringan. PAU Pangan dan Gizi. Universitas Gadja Mada. Yogyakarta.

Yuniastuti, A., 2002. Efek pakan”berserat pada ransum ayam terhadap kadar lemak dan kolesterol daging broiler. JITV, 9 (3):175-183


Refbacks

  • There are currently no refbacks.