PENGARUH TINGKAT PENAMBAHAN PROBIOTIK Lactobacillus salivarius PLUS MIKROMINERAL TERENKAPSULASI DALAM PAKAN TERHADAP KONSUMSI PAKAN DAN QUAIL DAY PRODUCTION PADA PUYUH PERIODE LAYER UMUR 120 SAMPAI 145 HARI

Aris Sujatmiko, Usman Ali, Sri Susilowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penambahan probiotik Lactobacillus salivarius plus mikromineral terenkapsulasi (PLMC) dalam pakan terhadap konsumsi pakan dan Quai Day Production (QDP)  puyuh periode layer umur 120 hari sampai 145 hari. Materi yang digunakan Probiotik Lactobacillus salivarius plus mikromineral terenkapsulasi, pakan komersial dan burung puyuh umur 120 hari berjumlah 320 ekor.Metode.”yang digunakan dalam penelitian ini adalah percobaan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap”(RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 kali ulangan, dengan setiap unit percobaan terdiri dari 20 ekor burung puyuh.”Perlakuan A = pakan komersil (tanpa PLMC), B = pakan komersial + PLMC 0,2%, C = pakan komersial + PLMC 0,4%, D = pakan komersial + PLMC 0,6.”Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan PLMC dalam pakan tidak berpengaruh nyata terhadap konsumsi pakan (P>0,05). Rata-rata nilai konsumsi pakan (gram/ekor/hari) adalah A= 20,96 B= 20,96 C=  20,95 dan  D= 20,95.”Sedangkan pada Quail Day Production menunjukkan adanya pengaruh yang sangat nyata (P<0,01). Rata-rata Quail Day Production (%) selama penelitian (25 hari) adalah A= 63.63 a, B= 64.88a, C= 70.44ab dan D= 74.88b. Kesimpulan penelitian bahwa penambahan PLMC dalam pakan dapat meningkatkan Quail Day Production dan tidak berpengaruh terhadap konsumsi pakan. Untuk level penambahan probiotik Lactobacillus salivarius plus mikromineral terenkapsulasi dalam pakan sebanyak 6 gram per kilogram pakan memberikan nilai terbaik terhadap Quail Day Production puyuh umur 120 sampai 145 hari. Disarankan untuk penambahan probiotik Lactobacillus salivarius plus mikromineral terenkapsulasi sebanyak 6 gram per kilogram pakan untuk mendapatkan persentase Quail Day Production puyuh tertinggi,”selain itu perlu dilakukan penelitian lanjutan terkait penambahan PLMC terhadap kualitas telur puyuh dan daya tetas telur.

Full Text:

PDF

References


Amiludin, 2017. Pengaruh Penambahan Mikromineral Pada Proses Enkapsulasi Lactobacillus salivarius terhadap Jumlah Mikroba dan AW. Fakultas Peternakan UNISMA.

Budiansyah, A. 2004. Pemanfaatan Probiotik dalam Meningkatkan Penampilan Produksi Ternak Unggas. http://www.kompas.com/kompascetak/01

Candinegara, T. 2006. Pemanfaatan Feed Additive dan Feed Supplement Terkini. Disampaikan pada Pertemuan Civitas Akademika Jurusan Nutrisi dan Makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin. Makassar.

Djulardi, A. Muis. H dan A. Latif. 2006. Nutrisi Aneka Ternak dan Satwa Fakultas Peternakan Andalas, Padang

Gunawan dan M.M.S. Sundari. 2003. Pengaruh”Penggunaan Probiotik dalam Ransum terhadap Produktivitas Ayam.”13(3) : 92-98

Hammond,”1994. The effect of Lactobacillus acidophilus”on the production and chemical composition of hen eggs. Poultry Sci. 75: 491-494.

Herlinae, 2016. Efektifitas Berbagai Probiotik Kemasan Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Burung Puyuh. Fakultas Peternakan Universitas Kristen Palangka Raya.

Kompiang, I.P. 2009. Pemanfaatan Mikroorganisme sebagai Probiotik Untuk Meningkatkan produksi ternak Unggas di Indonesia.

Piliang, W. G. 1997. Nutrisi Mineral. Edisi Kedua. PT. Penerbit Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Randel,M. dan B. Gery. 2008. Rising japanese Quail. http://www.dpi.nsw.gov.au. Diakses pada tanggal 06 Maret 2020.

Sagala,N.R. 2009. Pemanfaatan Semak Bunga Putih (Chromolenaodorata) terhadap Pertumbuhan dan IOFC dalam Ransum Burung Puyuh (Coturnix coturnix japonica) Umur 1 sampai 42 Hari. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Sumatera Utara.

Sipayung, p. p. 2012. Performa Produksi dan Kualitas Telur Puyuh (Coturnix coturnix Japonica) Pada Kepadatan Kandang yang Berbeda. Skripsi. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Sjofjan, O. 2001. Isolasi dan Identifikasi Mikroflora Usus Ayam Peternakan Sebagai Sumber Probiotik. Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya. Malang.

Wasito, H.R. 1997. Lactobacillus, Aplikasi dan Peranannya Terhadap Kesehatan dan Pertumbuhan Hewan Ternak dan Unggas. Makalah Seminar Novotel, Solo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.