PENGARUH PENGGANTIAN TUMPI JAGUNG DENGAN JERAMI BUNGA SEDAP MALAM TERFERMENTASI DALAM PAKAN TERHADAP EFISIENSI PENGGUNAAN PAKAN DAN IOFC PADA DOMBA

Dwi Suci Pertiwi, Usman Ali, Sumartono Sumartono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengetahui dampak penggantian tumpi jagung dengan jerami bunga sedap malam yang telah difermentasi dalam pakan terhadap efisiensi penggunaan pakan dan IOFC pada domba. metode yang dipilih dalam kajian ini adalah teknik eksplorasi dengan menggunakan rancangan acak kelompok (RAK). Perlakuan dengan berbagai tingkat penggantian tanaman jagung dengan jerami bunga sedap malam dengan 4 perlakuan dan 3 kelompok yaitu P0 = Complete feed dengan penggantian 0% JBSMF, P1 = Complete feed dengan penggantian 10% JBSMF P2 = Complete feed dengan penggantian 20% JBSMF, dan P3 =Complete feed dengan penggantian 30% JBSMF. Variabel yang diperhatikan adalah efektivitas pakan dan IOFC Data hasil pengamatan dianalisa dengan anaIisis ragaman (ANOVA) dengan taraf nyata 5%. Hasil analisa menunjukkan bahwa penggantian berbagai tingkatan Jerami bunga sedap malam tidak mempengaruhi secara nyata (P>0,05) pada efisiensi pakan dan IOFC pada domba. Penambahan Jerami bunga sedap malam terfermentasi pada P3 (30%) merupakan level terbaik terhadap efisiensi pakan dengan nilai rataan 23,32 %, dan IOFC pada Domba dengan nilai rataan sebesar Rp, 279.349/ekor selama satu bulan.

Kata Kunci: Domba, Jerami bunga sedap malam, efesiensi pakan dan (income over feed    cost) IOFC.


Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, F., T. Syahrio., dan N. Khaira. 2013. Perbandingan performa dua strain ayam jantan tipe medium yang diberi ransum komersial broiler. J. Ilmiah Peternakan Terpadu 1(1): 158-163.

Balai Penelitian Tanaman Hias. 2015.Budidaya Sedap Malam. (Brosur). Direktorat Jenderal Hortikultura. 2 hlm.

Gunawan, A dan Muhamad. 2009. Jerami Fermentasi. Balai Pengkajian teknologi Pertanian, BPTP. Lembang

Hartoyo,Y. Sumartono,M.F.Wadjidi. 2019. Pengaruh pemberian Komplitfit Terfermentasi Berbahan Jerami Kedelai edamami Terhadap Konsumsi Pakan, Pertambahan Bobot Badan dan efisiensi pakan pada Domba Sapudi Jantan. Jurnal Rekasatwa Peternakan. Universitas Islam Malang. Vol 2 (1): 184-189.

Parakkasi, A. 1999. Ilmu nutrisi dan makanan Ternak Ruminansia. UI press. Jakarta.

Putra I.K., M.F.Wadjidi, B.Muwakhid. 2022. Pengaruh Penambahan Campuran Ampas Kecap Dan Jagung Terfermentasi Pada Pakan Broiler Fase Finisher Terhadap Biaya Pakan Perkilogram Pertambahan Bobot Badan Dan Income Over Feed Cost. Jurnal Dinamika Rekasatwa. Universitas Islam Malang. Vol 5 (3): 327-333.

Rahmadi, 2003. Parameter Metabolisme Rumen in Vitro Limbah Kubis Terinsilase Pada Lama Pemeraman Berbeda. Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro. Semarang.

Simartama T. 2016. Pemberian Pakan Komplit Tinggi Energi dan Protein pada Kambing Peranakan Etawah Fase Penyapihan. Skripsi. Institut pertanian bogor. Bogor

S Rugayah, S. Widagdo, N. Putri. 2017. Pengaruh konsentrasi Bensil- adenin (BA) Terhadap Pertumbuhan sedap Malam (Polyeanthes tuberose L.) kultifar ’wonotirto’ pada fase fegetatif. Jurnal Pengembangan Teknologi Pertanian Politeknik Negeri Lampung. Vol 6 (2): 43-50.

Sanjaya R. 2018. Pengaruh Penggunaan Campuran Pakan Komersil dan Tepung Bawang Tiwai (Eleutherine americana merr) Terfermentasi Terhadap Produktifitas Ayam Pedaging. Tesis. Universitas Islam Malang.

Tarmidi, A.R. 2004. Pengaruh pemberian Ransum yang mengandung ampas tebu hasil biokonversi oleh jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus) terhadap performans domba priangan. JITV 9(3): 157-163.

ubketi A.B., B. Muwakhid, U.Ali. 2022. Pengaruh penggunaan campuran tamulawak-multienzim pada pakan Ayam broiler terhadap biaya pakan perkilogram pertambahan bobot badan dan income over feed cost. Jurnal dinamika rekasatwa. Vol. 5 N0 2 (134-138).

Dianto,R., I.Dinasari R., O.R. Puspitarini. 2019. Pengaruh Perendaman Dalam Berbagai Konsetrsi Ekstrak Daun Jamu Biji Dan Lama Simpan Suhu Ruang Terhadap Nilai pH Dan Jumlah Mikroa Daging Entok. Jurnal Rekasatwa Peternakan, Vol. 2(1) : 149-154


Refbacks

  • There are currently no refbacks.