PENGARUH PEMBERIAN FERMENTASI KULIT NANAS DAN ASAM JAWA TERHADAP BOBOT ORGAN IMUNITAS BROILER

Anggit Prambudi Rianto, Umi Kalsum, Brahmadhita Pratama Mahardhika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap dampak atau pengaruh dari penggunaan acidifier berbahan fermentasi kulit nanas dan asam jawa terhadap bobot relatif organ imunitas broiler. Objek yang digunakan dalam Penelitian ini melibatkan jumlah broiler jantan sebanyak 60 ekor yang terdistribusi kedalam 4 perlakuan dan 3 ulangan. Setiap ulangan terdiri dari 5 ekor ayam. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL). Analisa data yang digunakan adalah Analysist of Variance (ANOVA). Data yang berbeda nyata dilanjutkan dengan Uji Duncan. Perlakuan pada penelitian ini adalah P0 = Perlakuan Kontrol, P1 = Pemberian minum Acidifier Asam Jawa, P2 = Pemberian minum Fermentasi Kulit Nanas, dan P3 = Pemberian minum Fermentasi Kulit Nanas dan Asam Jawa.Hasil penelitian menunjukkan penggunaan acidifier dari fermentasi kulit nanas dan asam jawa dalam air minum broiler tidak berpengaruh nyata (P>0.05) terhadap timus dan limpa namun berpengaruh nyata (P<0.05) meningkatkan ukuran bursa fabrisius. Acidifier fermentasi kulit nanas dan asam jawa aman digunakan dalam air minum broiler.

Kata Kunci : acidifier, asam jawa, broiler, kulit nanas

Full Text:

PDF

References


Ain. N.O, N. Suthama, B. Sukamto. 2020. Pemberian Ransum Dengan Protein Dan Kalsium Mikropartikel Ditambah Lactobacillus Acidophilusatau Acidifierterhadap Ketahanan Tubuh Dan Bobot Karkas Broiler. Jurnal Sain Peternakan Indonesia. Volume 15 Nomor 4.

Anastasia, Rica S, Osfar Sjofjan, Adelina Ari Hamiyanti. 2023. Kombinasi Ampas Jamu Dan Asam Jawa Terhadap Mikrobiologi Dan Kualitas Nutrisi Pakan Itik Pedaging. Jurnal Nutrisi Ternak Tropis, Vol 6 No 2 Pp 76-82.

Apriliana, Eva. 2022. Pengaruh Penggunaan Limbah Pembuatan Enzim Bromelin Sebagai Feed Additive Pada Ransum Terhadap Performans Ayam Joper Fase Grower. Universitas Lampung.

Febriani, Sisca. 2017. Kecernaan Protein Dan Organ Imunitas Broiler Diberi Pakan Mengandung Kacang Koro Pedang (Canavalia Ensiformis) Dengan Taraf Protein Berbeda Dan Penambahan Enzim Protease. Institut Pertanian Bogor.

Hakim. R. L, L. D. Mahfudz, R. Muryani. 2021. Penambahan Nukleotida Pada Ransum Broiler Yang Dipelihara Pada Suhu Lingkungan Berbeda Terhadap Performa Organ Imunitas. Jurnal Sain Peternakan Indonesia. Volume 16 Nomor 2.

Maghfiroh, K., I. Mangisah, V. D. Y. B. Ismadi. 2012. Pengaruh Penambahan Sari Jeruk Nipis (Citrus Aurantifolia) Dalam Ransum Terhadap Kecernaan Protein Dan Retensi Nitrogen Pada Itik Magelang Jantan. Anim. Agric. J. 1 (1): 669-683.

Mahardhika, B. P. 2017. Energi Metabolis dan Organ Pencernaan Broiler Diberi Pakan Taraf Protein Berbeda Dengan Perlakuan enzim Protease. Institut Petanian Bogor.

Mahardhika, B. P. 2019. Evaluasi Evektivitas Probiotik Terhadap Performa, Profil Kesehatan dan Amonia Litter Broiler. Institut Pertanian Bogor.

Ningsih IW. 2013. Respon Imunitas Ayam Broiler Dan Total Koloni Escherichia Coli Terhadap Penambahan Tepung Daun Kemangi (Ocimum Basilicum) Dalam Ransum. [Skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Roni, K.A. 2013. Pengaruh Penambahan Cairan Kulit Dan Bonggol Nanas Pada Proses Pembuatan Tempe. Jurnal Berkala Teknik. 3(2): 573-585.

Silalahi, M. 2020. Bioaktivitas Asam Jawa (Tamarindus Indica) Dan Pemanfaatannya. Florea: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 7(2), 85-91.

Sugito, Fakhrurrazi, M. Isa. 2011. Efek Pemberian Ekstrak Jaloh Dikombinasi Dengan Probiotik Dan Kromium Terhadap Profil Hematologi Dan Titer Antibodi Vaksin ND Pada Ayam Broiler Yang Mengalami Stres Panas. J. Agripet. 11 (2): 8 – 15.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.