PENGARUH PERGANTIAN PAKAN KOMERSIAL DENGAN CAMPURAN AMPAS SAGU TERFERMENTASI DAN BUNGKIL KEDELAI TERHADAP PRESENTASE LEMAK DAN KARKAS PADA BROILER FASE FINISHER

Ribhi Sofil A’yun, Dedi Suryanto, M.Farid Wadjdi

Abstract


Tujuan dari PeneIitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana substitusi pakan komersial dengan campuran ampas sagu yang telah difermentasi dan bungkil kedelai sebagai pakan alternatif pada ayam broiler berdampak pada persentase Iemak dan karkas. Ayam broiler yang dipelajari berusia 22 hari dibagi menjadi empat keIompok PerIakuan, masing-masing dengan empat ulangan. Perilaku ini terdiri dari P0= pakan komersial sepenuhnya + 10% campuran ampas sagu terfermentasi dan bungkil kedelai (BKKAS), P1= 90% pakan komersial sepenuhnya + 10% BKKAS, dan P2= 85% pakan komersial sepenuhnya + 15% BKKAS. Variabel yang diamati adalah persentase Iemak dan karkas. Data diuji dengan ANOVA dan metode Beda Nyata Terkecil (BNT) jika ada perbedaan signifikan.  HasiI PeneIitian menunjukkan bahwa pada fase finishing ayam broiler, penambahan multiprobiotik dan bungkil kedelai memiIiki efek signifikan (P<0,05) terhadap persentase Iemak (P0= 52,18b, P1= 50,83b, P2= 50,58ab, dan P3= 48,82a). Selain itu, ada efek signifikan (P<0,01) terhadap persentase karkas (P0= 0,69b, P1= 0,66ab, P2= 0,63a, dan P3= 0,62a).  HasiInya menunjukkan bahwa, pada fase finishing ayam broiler, semakin tinggi persentase penggantian pakan komersial dengan campuran ampas sagu dan bungkil kedelai pada tingkat 15%, akan menyebabkan penurunan persentase karkas dan potensi penurunan persentase Iemak. Namun, substitusi pakan komersial dengan campuran ampas sagu dan bungkil kedelai pada tingkat 15% tidak menunjukkan perubahan yang signifikan pada persentase karkas dan persentase Iemak, sehingga dapat dijadikan alternatif pakan pada ayam broiler.

Kata kunci: broiler; ampas sagu; fermentasi; bungkil kedelai.


Full Text:

PDF

References


Har|tono, A. H. S. 1997. Bete|nak Ayam Kampung Peda|ging. CV. Gunung Mas, Pekalongan

Latucon|sina, M. H 2015. Batak0 Ringan Dengan Campuran Iimbah Ampas Ssgu. Universitas Gadjh Mada. Yogyakarta.

McDon|al, P., Edward, R., Grenhalgh, J. F. D., Morg.an, C. A., Sinclair, L. A., and Wilkins0n, R. G. 2011. AnimaI Nutrision (7th ed). UK: Pearson.

Muhsa.fat, L. 0., Sukria, H. A., dan Suryahadi. 2015. Kualitas Protein dan Komp0sisi Asam Amin0 Ampas Aagu HasiI Ferm.entasi Aspergillus niger dengan Penambahan Urea dan ZeoIit. JurnaI lImu Pertanian lndonesia, 20(2),124-130.

Ras.yaf, M. 1994. Ma.knan Ayam BroiIer. Kanisius, Jogyakarta.

Yunia.stuti, A., 20O2. Efek Pakan Bers.rat Pada Ransm Ayam Terhadap Kadar Iemak dan KoIester0I Daging Br.oiIer. JITV, 9 (3) : 175 -183


Refbacks

  • There are currently no refbacks.