PENGARUH JENIS KEMASAN DAN UMUR SIMPAN DEDAK PADI TERHADAP SUDUT TUMPUKAN DAN AKTIVITAS AIR

Mohammad Gabriell, Umi Kalsum, Usman Ali, Brahmadhita Pratama Mahardhika

Abstract


Penelitian  ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh jenis kemasan dan umur simpan dedak padi terhadap sudut tumpukan dan aktivitas air. Objek penelitian yang utama adalah dedak padi. Dedak ini disimpan mulai dari umur simpan 0 hari hingga umur simpan 21 hari. Jumlah total dedak padi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 2.400 gram, yang kemudian didistribusikan ke dalam 2 perlakuan (3 jenis kemasan dan 4 umur simpan) dengan 12 ulangan. Setiap unit ulangan terdiri dari 50 gram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap Pola Tersarang. Penelitian ini menggunakan Analysis of Varian (ANOVA) sebagai metode analisis data. Apabila terdapat perbedaan signifikan dalam data, analisis lanjutan dilakukan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT). Perlakuan pada penelitian ini adalah M0 = Belum mengalami penyimpanan, M1 = Penyimpanan berumur 1 minggu, M2 = Penyimpanan berumur 2 minggu, M3 = Penyimpanan berumur 3 minggu, K1  = Karung goni, K2  = Kresek hitam, K3  = Karung beras. Hasil penelitian menunjukkan Penggunaan jenis kemasan dan umur simpan tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap sudut tumpukan akan tetapi berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap aktivitas air. Kombinasi terbaik pada penelitian ini adalah kombinasi adalah  kemasan kresek hitam sampai umur simpan minggu pertama (K2M1)  dengan nilai aktivitas air 0,784.

 

Kata Kunci : dedak padi, jenis kemasan, umur simpan, sudut tumpukan, aktivitas air


Full Text:

PDF

References


Akbar, F., Z. Anita, dan H. Harahap. 2013. Pengaruh waktu simpan film plastik biodegradasi dari pati kulit singkong terhadap sifat mekanikalnya. Jurnal Teknik Kimia USU.

Alamsyah, A.T. 2004. Perubahan Bilangan Peroksida Tepung Tulang Kaki Ayam Broiler Selama Penyimpanan Dalam Bahan Pengemas Yang Berbeda. Skripsi, Program Studi Teknologi Hasil Ternak. Fakultas Peternakan. Institu Pertanian Bogor. Bogor.

Amiludin, M., Kalsum, U., Muwakhid, B. 2017 Pengaruh Penambahan Mikromineral dalam proses enkapsulasi probiotik Lactobacillus salivarius terhadap jumlah mikroba dan aktivitas air (Aw). Skripsi. Universitas Islam Malang.

Arif AB, Sasmitaloka KS, Banurea IR, Diyono W, Budiyanto A, Winarti C. 2021. Penyimpanan biji sorgum belum disosoh dengan kemasan plastik pada beberapa ekstrak bahan alami. Jurnal Informatika Pertanian. 30(1): 1-10. Universitas Pertanian Bogor. Bogor.

Divakaran, S. 2003. Moisture in feed and food product: It is not just water. Feed Management, 54(7).

Geldart, D., M. F. Mallet and N. Rolfe. 1990. Assesing the flowtability of powders using angle of repose. Powder, handling, and processing. Vol. 2 No.4.

Retnani, Y., Dimar Wigati, dan Abdul Djamil Hasjmy. 2009. Pengaruh jenis kemasan dan lama penyimpanan terhadap serangan serangga dan sifat fisik ransum broiler starter berbentuk crumble. Universitas Jambi.

Sayiid, M. A., B. Muwakhid., U. Ali. 2022. Pengaruh lama penyimpanan Nitrobacter Sp. Enkapsulasi terhadap jumlah mikroba dan kadar bahan kering. Jurnal dinamika rekasatwa Vol.5 No.1, 1 Pebruari 2022. Universitas Islam Malang.

Susilawati, M. 2015. Rancangan percobaan. Universitas Udayana.

Syarief, R. dan Y, Halid. 1993. Teknologi Penyimpanan Pangan. Arcan. Bandung.

Wibowo AH. 2010. Pendugaan kandungan nutrien dedak padi berdasarkan karakteristik fisik [tesis]. Institut Pertanian Bogor. Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.