PENGARUH PEMBERIAN Aspergillus niger PADA JERAMI WORTEL TERHADAP KANDUNGAN BAHAN ORGANIK DAN BAHAN EKSTRAK TANPA NITROGEN SEBAGAI PAKAN DASAR RUMINANSIA

Mohammad Nur Faizi, Umi Kalsum, Usman Ali

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji kandungan bahan organik dan bahan ekstrak tanpa nitrogen jerami wortel yang telah difermentasi menggunakan Aspergillus niger sebagai solusi alternatif pakan dasar ruminansia. Dalam penelitian ini bahan yang digunakan yaitu jerami wortel, Aspergillus dengan ketersedian CFU pada Aspergillus niger yaitu 2.5 × 108 CFU/g. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan perlakuan sebanyak 4 dan 3 pengulangan. Pada setiap perlakuan diberikan Aspergillus niger dengan dosis yang berbeda yaitu kontrol tanpa difermentasi (P0), Aspergillus niger 7,27 gram dalam  bahan kering (BK) bahan (P1), Aspergillus niger 21,82 gram dalam BK bahan (P2) dan Aspergillus niger 43,65 gram dalam BK bahan (P3). Setiap perlakuan menggunakan jerami wortel sebanyak 200 gram BK 89,92% dan menambahkan molase sebanyak 2% (4ml) dari bahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian berbagai level inokulum Aspergillus niger padai jerami wortel memberikan pengaruh sangat nyata terhadap kandungan bahan organik dan bahan ekstrak tanpa nitrogen. Kesimpulan penelitian yaitu bahwa penggunaan level Aspergillus niger 43,65 gram dalam BK jerami wortel merupakan level terbaik dengan kadar bahan organik 76,99% dan kadar bahan ekstrak tanpa Nitrogen 25,45%.

Kata kunci: Aspergillus niger; Jerami Wortel; Bahan Organik; Bahan Ekstrak Tanpa Nitrogen

 


Full Text:

PDF

References


Abdau, A., Salsabila, R, S., Usman, A., Badat, M., dan Umi, K. 2023. Kandungan Nutrien Limbah Tanaman Bunga Bedap Malam (Polianthes tuberosa) Yang Difermantasi Oleh Aspergillus niger Sebagai Bahan Pakan Alternatif Ternak Ruminansia. Jurnal Ilmiah Peternakan Terpadu, 11(2), 94-105.

Alauddin, M. A., Badat, M., dan Farid, W. 2019. Pengaruh Alkalinasi Larutan Kapur Dan Fermentasi Jerami Jagung Menggunakan Aspergillus niger Terhadap Kandungan Bahan Ekstrak Tanpa Nitrogen Dan Kecernaan Bahan Kering, Bahan Brganik Secara In Vitro. Jurnal Rekasatwa Peternakan, 1(1), 77-83.

Anonimus. 2021. Statistik Hortikultura Kabupaten Malang. Kabupaten Malang: Badan Statistik Kabupaten Malang.

Anwar, K. 2008. Kombinasi Limbah Pertanian Dan Peternakan Sebagai Alternatif Pembuatan Pupuk Organik Cair Melalui proses Fermentasi Anaerob. ISBN:978-979-3980-15-7.

Desnita, D., Widodo, Y., dan Tantalo, S. 2015. Pengaruh Penambahan Tepung Gaplek Dengan Level Yang Berbeda Terhadap Kadar Bahan Kering Dan Kadar Bahan Organik Silase Limbah Sayuran. Jurnal Ilmiah Peternakan Terpadu, 3(3), 140-144.

Hastuti, D., Awami, S., dan Iskandar, M, B. 2011. Pengaruh Perlakuan Teknologi Amofer ( Amoniasi Fermentasi ) Pada Limbah Tongkol Jagung Sebagai Alternatif Pakan Berkualitas Ternak Ruminansia. Jurnal Mediagro, 7(1), 55-65.

Hofit, A., Badat, M., dan Inggit, K. 2019. Pengaruh Alkalinasi Air Kapur Dan Fermentasi Jerami Jagung Menggunakan Aspergillus niger Terhadap Kandungan Bahan Kering (BK), Bahan Organik (BO) Dan Serat Kasar (SK). Jurnal Rekastwa Peternakan, 1(1), 17-20.

Muwakhid, B., Umi, K, dan Rifai. 2023. Kualitas Jerami Jagung (Zea mays) Yang Difermentasi Dengan Aspergillus Niger Sebagai Pakan Ternak. Jurnal Nutrisi Ternak Tropis, 6, 98-103.

Prakoso, D. 2019. Kualitas Ampas Sagu Aren Yang Difermentasi Menggunakan Campuran Bakteri Selulotik Dengan Penambahan NPK. Skripsi Fakultas Petenakan Dan Pertanian, Universitas Diponegoro, Semarang.

Supriyatna, A. 2017. Peningkatan Nutrisi Jerami Padi Melalui Fermentasi Dengan Menggunakan Konsorium Jamur Phanerochaete Chrysosporium Dan Aspergillus niger. Jurnal Istek, 10(2), 166-181.

Saking N., dan N. Qomariyah. 2017. Identifikasi Hijauan Makanan Ternak (HMT) Lokal Mendukung Produktivitas Sapi Potong Di Sulawesi Selatan. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Peternakan Dan Veteriner.

Sutardi, T. (1980). Landasan Ilmu Nutrisi Jilid 1. Departemen Ilmu Makanan Ternak, Institut Pertanian Bogor.

Tillman, A., Hartadi, H., Reksohadiprodjo, S., Prawirokusumo, S., dan Labdosoekojo, S. 1998. Kualitas Kimia Ransum Sapi Potong Berbasis Limbah Pertanian Dan Hasil Pertanian Yang Difermentasi Dengan Aspegillus niger. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.