ANALISIS KEBERHASILAN INSEMINASI BUATAN PADA INDUK DAN DARA SAPI PFH YANG DI IB DENGAN SEMEN BEKU SEXING

Ahmad Alfian Mujahidin, Inggit Kentjonowaty, Nisa'us Sholikah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberhasilan Inseminasi Buatan (IB) semen beku sexing pada sapi induk dan dara PFH yang ditinjau dari aspek NRR 1, S/C, dan CR. Penelitian semen beku sexing ini dilakukan pada tanggal 25 Januari 2023 sampai dengan tanggal 02 April 2023, yang berlokasikan di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Materi dalam penelitian ini menggunakan 16 ekor induk sapi PFH berumur 3 s/d 5 tahun, dan 12 ekor dara sapi PFH berumur 1,5 s/d 2 tahun. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer penelitian ini diperoleh dengan melakukan survey ke peternak saat berlangsungnya proses IB. Data sekunder penelitian ini diperoleh dari Koperasi Susu SAE Pujon Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Hasil penelitian NRR yang diperoleh pada sapi induk dalam 21 hari pertama mempunyai nilai 81,25%, dan sapi dara mempunyai nilai 91,66%, hasil S/C pada penelitian ini mempunyai nilai yang rendah yaitu pada sapi induk sebesar 1,45, dan pada sapi dara sebesar 1,09, Hasil CR yang terdapat dalam penelitian ini mempunyai nilai CR pada sapi induk sebesar 87,5% dan pada sapi dara sebesar 91,6%. Penelitian ini 80% baik karena ditinjau dari evaluasi keberhasilan IB yaitu NRR, S/C, dan CR mempunyai rata-rata nilai yang baik dan bunting serta dapat diketahui bahwa sapi dara mempunyai nilai yang lebih baik dari pada induk.

Kata kunci : Keberhasilan, Semen Beku Sexing, Sapi PFH.


Full Text:

PDF

References


Abdillah F., Hartono M., dan Siswanto. 2015. Conception Rate Pada Sapi Perah Laktasi DiBalai Besar Pembibitan Ternak Unggul Dan Hijauan Pakan Ternak Baturraden, Purwokerto, Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Peternakan Terpadu. 3 (1) : 98-105. Diakses tanggal, 9 November 2023.

Adnan D. T. J. 2018. Evaluasi Keberhasilan Inseminasi Biuatan Pada Sapi Berdasarkan Service Per Conception, Non Return Rate Dan Jenis Semen Beku Yang Digunakan Di Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Fakultas Peternakan Universitas Mataram.

Ervandi M., M. N. Ihsan, S. Wahyuningsih, A. P. A. Yekti, dan T. Susilawati. 2019. Reprodutive Performance Of Brahman Cross Cows On Difference Time Intervals Of Artificial Insemination. Asian Jr. of Microbiol. Biotech. Env. Sc. 21 (4): 915-919.

Gunawan M., Kaiin E. M., dan Said S. 2015. Aplikasi Inseminasi Buatan dengan Sperma Sexing Sapi di Peternakan Rakyat. Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Biodiversitas Indonesia. 1 (1) : 93-96.

Hafez E. S. E., dan B. Hafez. 2008. Semen Evaluation in Reproduction In Farm Animals. 7th edition. Lippincott Wiliams and Wilkins. Maryland, USA.

Hariadi M., S. Hardjopranjoto, Wurlina, H.A. Hermadi, B. Utomo, Rimayantim I. N. Triana dan H. Ratnani. 2011. Ilmu Kemajiran pada Ternak. Cetakan 1. Airlangga University Press. Surabaya.

Ihsan, M. (2010). Ilmu Reproduksi Ternak Dasar. Malang: UB Press.

Ishak W. i., Pomolango R., Korompot I., Mokolang S., dan Ardiansyah W. 2023. Analisa Tingkat Keberhasilan Program Inseminasi Buatan Pada Ternak Sapi di Kabupaten Gorontalo, JSTT (Jurnal Sains Ternak Tropis). 1 (1) : 29- 38.

Iswoyo, dan P. Widiyaningrum. 2008, Performans Reproduksi Sapi Peranakan Simmental (Psm) Hasil Inseminasi Buatan di Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah, Jurnal ilmiah Ilmu-Ilmu Peternakan. 11 (3): 125-133.

Kastalani, H. Torang, dan A. Kurniawan. 2019. Tingkat Keberhasilan Inseminasi Buatan (IB) pada Peternakan Sapi Potong di Kelurahan Kalampangan Kecamatan Sabangau Kota Palangka Raya. Fakultas Peternakan Universitas Kristen Palangka Raya.

Kurniawan, U. 2019. Evaluasi Tingkat Keberhasilan Program Inseminasi Buatan Pada Sapi Potong Di Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat. Diakses tanggal 9 November 2023.

Nuryanto L. B., Handarini R., dan Setiawan, Y. 2017. Evaluasi Kebuntingan Sapi Peranakan Frisian Holstein Yang Di Suntik Prostaglandin Secara Intramuskuler dan Intramuskuler. Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Djuanda Bogor. Jurnal Peternakan Nusantara. 3 (2) : 2442-2541.

Susilawati, T. 2011. Tingkat Keberhasilan Inseminasi Buatan Dengan Kualitas dan Deposisi Semen Yang Berbeda pada Sapi Peranakan Ongole. J. Ternak Tropika. 12 (2) : 15-24.

Zainudin, M., Ihsan, M., N., dan Suyadi, S. 2015. Efisiensi reproduksi sapi PFH pada berbagai umur di CV. Milikindo Berka Abadi Desa Tegalsari KecamatanKepanjen Kabupaten Malang. Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya. Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.