PENGARUH PENGGUNAAN JERAMI BUNGA SEDAP MALAM (Poliantas tuberosa) TERFERMENTASI DALAM PAKAN TERHADAP KONSUMSI PAKAN DAN KONVERSI PAKAN DOMBA LOKAL

Bambang Sudibyo Pamungkas, Dedi Suryanto, Usman Ali

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan jerami bunga sedap malam terfermentasi dalam pakan terhadap konsumsi pakan dan konversi pakan pada domba lokal jantan berekor tipis berusia 12-15 bulan. Bahan yang digunakan melibatkan jerami bunga sedap malam yang telah difermentasi dengan Aspergillus niger, tumpi jagung, bekatul, pollard, konsentrat, dan premix. Penelitian ini menggunakan desain Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan empat perlakuan dan tiga ulangan, di mana P0 merupakan kelompok kontrol dengan menggunakan pakan lengkap tanpa jerami bunga sedap malam terfermentasi (0%), P1 menggunakan 10% jerami bunga sedap malam terfermentasi, P2 menggunakan 20%, dan P3 menggunakan 30%. Variabel yang diamati meliputi konsumsi pakan dan konversi pakan. Data yang diperoleh telah diuji dengan metode analisis ragam ANOVA. Berdasarkan rata-rata konsumsi pakan untuk setiap perlakuan adalah sebagai berikut: P0= 38,00 Kg, P1= 38,50 Kg, P2= 39,00 Kg, dan P3= 39,00 Kg. Rata-rata konversi untuk setiap perlakuan adalah: P0= 8,28, P1= 8,09, P2= 7,87, P3= 7,65. Dari analisis ragam menunjukkan bahwa penggunaan jerami bunga sedap malam yang telah difermentasi tidak berpengaruh (P>0,05) terhadap konsumsi pakan dan konversi pakan. Level terbaik pada penelitian ini terdapat pada P3 penggunaan 30% jerami bunga sedap malam terfermentasi.

Kata kunci : Domba Lokal; Jerami Bunga Sedap Malam; Fermentasi; Konsumsi Pakan; Konversi Pakan


Full Text:

PDF

References


Anonimous. 2022. Kementan Optimalkan Pengembangan Ternak Kambing / Domba. Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan. Jakarta Selatan.

. 2021. Populasi Domba Menurut Provinsi. Badan Pusat Statistik. Jakarta.

. 2015. Data Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura. Kabupaten Pasuruan.

Anonymous. 2006. Nutrient Requirement of Sheep. National Academy Press, Washington.

A. S. Abrori., U. Ali. dan, A. F. Rozi. 2022. Peningkatan Pertumbuhan, Efisiensi Pakan, dan Pendapatan dalam Penggemukan Domba Menggunakan Pakan Debu Sawit Terfermentasi. Jurnal Peternakan Indonesia Vol. 24 (3) : 270-280.

Novi, E.W., L.K.W.S. Mahmud., dan K. Wicaksana. 2023. Pengaruh Penambahan Tepung Kunyit Dalam Ransum Terhadap Konsumsi Pakan, Pertambahan Bobot Badan Harian, Dan Konversi Pada Kambing Jawarandu. Jurnal Wahana Peternakan. Vol. 7 (2) : 120-125.

Purbowati, E., C. I. Sutrisno, E. Baliarti, S. P. S. Budhi, W. Lestariana, E. Rianto, dan Kholidin. 2009. Penampilan produksi domba lokal jantan dengan pakan komplit dari berbagai limbah pertanian dan agroindustri. Proseding Seminar Nasional Kebangkitan Peternakan. Semarang.

Prahardini, P.E.R. 2006. Teknologi Produksi Bunga Sedap Malam. Surabaya: Balai Pengkajian Teknologi Pertanian.

Sumantri, C., Einstiana, A., Salamena, J. F., dan Inounu, I. (2007). Keragaman Dan Hubungan Phylogenik Antar Domba Lokal di Indonesia Melalui Pendekatan Analisis Morfologi. JITV, 12 (1): 42-54.

Tillman, A. D., H. Hartadi, S. Reksohadiprodjo, S. Prawirokusumo, dan S. Lebdosoekojo. 1991. Ilmu Makanan Ternak Dasar. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Yudith, T.A. 2010. Pemanfaatan Pelepah Sawit dan Hasil Ikutan Industri Kelapa Sawit Terhadap Pertumbuhan Sapi Peranakan Simental Fase Pertumbuhan. Departemen Pendidikan Fakultas Peternakan, Universitas Sumatera Utara, Medan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.