PENGARUH PENAMBAHAN CAMPURAN NITROBACTER DAN LACTOBACILUS FERMENTUM TERENKAPSULASI DALAM PAKAN TERHADAP KECERNAAN BAHAN KERING DAN BAHAN ORGANIK BROILER PERIODE FINISHER

Suyanto Suyanto, M Farid Wadjdi, Umi Kalsum

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari penambahan Nitrobacter dan Lactobacillus fermentum pada pakan broiler terhadap kecernaan bahan kering dan bahan organik. Materi yang digunakan adalah 64 ekor broiler jantan periode finisher. Analisis varian digunakan untuk analisis statistik. Perlakuan P0 = Tanpa penambahan Nitrobacter dan Lactobacillus fermentum; P1 = 0,15% dosis; P2 = 0,30% dosis; P3 = 0,45% dosis. Hasil penelitian menunjukkan Nitrobacter dan Lactobacillus fermentum yang dienkapsulasi ditambahkan pada pakan broiler periode finisher berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap daya cerna bahan kering dan daya cerna bahan organik. Semakin tinggi pemberian campuran Nitrobacter dan Lactobacillus fermentum terenkapsulasi ke dalam pakan, mengakibatkan daya cerna bahan kering dan daya cerna bahan organik semakin meningkat.

Kata kunci : Broiler, Nitrobacter, Lactobacilus fermentum, enkapsulasi

Full Text:

PDF

References


Akbarillah, T., Kususiyah., D. Kaharuddin, dan Hidayat. 2008. Kajian Tepung Daun Indigofera sebagai Suplemen Pakan terhadap Produksi dan Kualitas Telur Itik. Jurnal Peternakan Indonesia. 3 (1). 20-23.

De Man, J.M. 1989. Principle of Food Chemistry (Terjemahan) Kimia Makanan. Bandung: ITB. Hal 50-214

Kalsum, U., H.Soetanto dan O. Sjofjan,. 2012. Influence of a probiotic containing Lactobacillus fermen-tum on the laying performance and egg quality of Japanese quails. International Journal of Poultry Science. 11(4): 311-315.

Lokapirnasari, W. P. dan E. K. Sabdoningrum. (2000). Efek Penggunaan Bakteri Asam Laktat terhadap Kecernaan Protein Kasar pada Ayam Pedaging Jantan. Media Kedokteran Hewan, 16(3); 1-5.

Muhtarudin. 2002. “Penuntun Praktikum Ilmu Nutrisi Ternak Ruminansia. Jurusan Peternakan”. Fakultas Pertanian. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Rasyaf, 2004, Beternak Ayam Pedaging Penerbit P.T Swadaya Jakarta.

Rahmaningsih, S., Wilis, S,. and Mulyana, A. 2017. Bakteri Patogen dari Perairan Pantai dan Kawasan Tambak di Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban. Ekologia: Jurnal Ilmiah Ilmu Dasar dan Lingkungan Hidup, 12(1), 1-5. Jakarta.

Riana. 2015. Mengenal Enzim yang Tepat untuk Pakan Ternak. https://m.jitunews.com/read/7828/mengenal-enzim-yang-tepat-untuk-pakan-ternak. (Diakses pada tanggal 11 Agustus 2021)

Ulinuha. M., U. Kalsum, M. F. Wadjdi. 2020. Pengaruh Pemberian Dosis Multi Enzim pada proses Enkapsulasi probiotik Lacto bacillus Fermentum Terhadap Kandungan Bahan Organik Dan Jumlah Mikroba. Jurnal Dinamika Rekasatwa. 3(2):126-131

Yuneshi, F. 2009. Pengaruh Pemberian Probiotik Pediococcus Pentosaceus Asal Fermentasi Kakao Hibrid terhadap Penurunan dan Kualitas Telur Itik Pitalah.Tesis.Universitas Andalas.

Zurmiati, M. E. Mahata, M. H. Abbas dan Wizna. 2014. Aplikasi Probiotik untuk Ternak Itik. Jurnal PeternakanIndonesia,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.