HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUSU UHT “Frisian Flag” PADA USAHA COFFEE SHOP DI KOTA MALANG

Mochammad Endrian Novabrianto, Sri Susilowati, Oktavia Rahayu Puspitarini

Abstract


Susu Ultra High Temperature (UHT) merupakan salah satu bahan baku utama pada usaha coffe shop sehingga konsumen dari produk susu UHT ini salah satunya adalah produsen coffee shop di Malang. Hal tersebut menarik perhatian dilakukan penelitian hubungan bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian susu UHT Frisian Flag pada usaha coffee shop di kota Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian susu UHT Frisian Flag pada usaha coffee shop di kota Malang. Materi penelitian ini adalah kuisioner pada seluruh pengolah usaha coffee shop di kota Malang yeng menggunakan susu UHT Frisian Flag sebagai bahan baku dan ATK. Metode penelitian ini adalah survei dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Jumlah responden sebanyak 100 orang dengan pendekatan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Data dianalisis dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa bauran pemasaran memiliki hubungan nyata positif (sig < 0,05) terhadap keputusan pembelian susu UHT Frisian Flag pada usaha coffee shop di Kota Malang. Persamaan regeresi Y = 1,820 + 0,660X1 - 0, 214 X2 + 0,286 X3 + 0,165 X4. Nilai koefisian kolerasi 0,679 tergolong kuat. Nilai determinasi diperoleh 0,438 atau sebesar 43,8% yang artinya bahwa persentase sumbangan dari bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian sebesar 43,8% dan 56,2% lainnya tidak berhubungan dengan variabel lain yang tidak digunakan pada penelitian ini. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan kuat positif antara bauran pemasaran dengan keputusan pembelian susu UHT Frisian Flag pada usaha coffee shop di Kota Malang kecuali pada variabel Price.

 

Kata kunci :.Hubungan, Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian, Susu UHT, Coffee Shop


Full Text:

PDF

References


Auliasari, B. R. 2010. Pengaruh Sikap Konsumen dan Norma Subyektif Terhadap Minat Pembelian Ulang Simpati Dari Telkomsel (Studi Kasus Mahasiswa FISE UNY)”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Mahardikaningtyas, R., Ali Nugroho, B., dan Hartono,B. 2013. Perilaku Konsumen terhadap Pembelian Susu UHT (Ultra High Temperature) di Giant Hypermarket Kota Malang. Skripsi. Universitas Brawijaya: Malang

Ridwan. 2004. Manajemen Baiul Mal wa Tamwil. UII Press : Jogjakarta.

Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.