DAYA DUKUNG TANAMAN AKASIA (Acacia crassicarpa) DENGAN UMUR YANG BERBEDA SEBAGAI SUMBER PAKAN LEBAH Apis mellifera DI TANJUNG JABUNG PROVINSI JAMBI

Ahmad Bayu Kusuma, M. Farid Wadjdi, Oktavia Rahayu Puspitarini

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk mengkaji perbedaan umur tanaman Acacia crassicarpa sebagai sumber nektar ditinjau dari volume sekresi nektar, produksi madu dan kadar gula nektar yang dihasilkan oleh lebah Apis mellifera. Materi dalam penelitian ini adalah Apis mellifera sebanyak 18 stup (kotak) dengan jumlah masing-masing stup dengan 6 sisiran sarang. Tanaman Acacia crassicarpa umur 3, 6 dan 9 bulan di lokasi yang sama. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) ada 3 perlakuan dan 6 ulangan. Data yang diperoleh dari penelitian kemudian dianalisis statistik menggunakan analisis of varian (ANOVA) one way dan nilai, dilanjutkan dengan uji beda nyata terkecil (BNT). Hasil dari penelitian menunjukan bahwa umur tanaman Acacia crassicarpa berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap sekresi nektar dan produksi madu, serta tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap kadar gula nektar. Hasil rataan sekresi nektar yaitu P1= 0,25a ml/pohon, P2= 0,27b ml/pohon, P3= 0,28b ml/pohon. Hasil rataan produksi madu yaitu P1= 5,51a kg/pohon, P2= 5,77ab kg/pohon, P3= 6,22b kg/pohon. Hasil rataan kadar gula nektar P1= 6,7%, P2= 6,79%, P3= 6,98%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah umur tanaman Acacia crassicarpa berpengaruh terhadap sekresi nektar dan produksi madu, dan tidak berpengaruh terhadap kadar gula nektar. Umur tanaman Acacia crassicarpa yang produktif digunakan sebagai pakan lebah adalah 6 dan 9 bulan. Disarankan bagi peternak lebah agar meletakkan koloni lebahnya di lokasi umur 9 bulan. Dapat dilakukan penelitian lanjutan dengan proses pemanenan diumur 21 hari atau 30 hari.

Kata kunci : Acacia crassicarpa,  Apis mellifera, Madu, Nektar, sisiran.


Full Text:

PDF

References


Adgaba, N., A. Al-Ghamdi, Y. Tadesse, A. Getachew, A. M. Awad, M. J. Ansari, A. A. Owayss, S. E. A. Mohammed, & A. S. Alqarni. (2016). Nectar secretion dynamics and honey production potentials of some major honey plants in Saudi Arabia. Saudi J. Biological Sciences 24: 180-191.

Bogdanov, Stefan. 2004. Physical Properties of Honey. Bee Product Science.

Chasanah, N. 2001. Kadar Dekstrosa, Levulosa, Maltosa, Serta Sukrosa Madu Segar dan Madu Bubuk Dengan Bahan Pengisi Campuran Gum Arab dan Dekstrin. Skripsi. Fakultas Peternakan. Institut Pertanian Bogor.

Kumar, D and V. Sharma. 2013. Evaluation of Acacia Species as Honeybee Forage Potential. International Journal of Science and Research (IJSR) Vol. 5 (1).:1726-1727.

Kuntadi (2012). Pengembangan budi daya lebah madu dan permasalahannya. Pusat Penelitian dan Pengembangan Konsevasi dan Rehabilitasi Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan, Bogor.

Liu, -W., Zhang, -Y., Yang, -S., Han, -D., 2018. Terahertz time-domain attenuated to¬tal reflection spectroscopy applied to the rapid discrimination of the bo¬tanical origin of honeys. Spectrochimica Acta Part A: Molecular and Biomolecular Spectroscopy. 196, 123–130. https:// doi.org/10.1016/j.saa.2018.02.009

Moniruzzaman, M., Khalil, M.I., Sulaiman, S.A., Gan, S.H. 2013. “Physicochemical and Antioxidant Properties of Malaysian Honeys Produced By.” BMC Complementary and Alternative Medicine 13(43): 1–12.

Nguemo, D. D., Mapongmetsem, P. M., & Abdoulaye, M. (2016). Plants Foraged by Apis mellifera adansonii Latreille in Southern Chad. Open Access Library Journal, 3(08): 1.

Pribadi, A. dan Purnomo. 2013. Agroforestry Sorghum (Sorghum Spp.) pada HTI Acacia crassicarpa sebagai sumber pakan lebah Apis cerana di Provinsi Riau untuk mendukung budidaya lebah madu. Prosiding Seminar Masyarakat Agroforestri Indonesia, Malang.

Rediansyah, D. 2012. Ekstraktor Madu. https://library.unimed.ac.id/ (Diakses pada tanggal 13 Juli 2022).

Sihombing, D. T. H. 2005. Ilmu Ternak Lebah Madu. Cetakan kedua. Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Tjitrosoepomo. 1997. Budidaya Lebah Madu Indonesia. Erlangga. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.