PENGARUH PENAMBAHAN FERMENTED MOTHER LIQOUR DAN BIOENZIM PADA PAKAN BURUNG PUYUH JANTAN TERHADAP KECERNAAN BAHAN KERING PAKAN DAN PROTEIN EFISIENSI RATIO

Juliadi Azhar Kurniawan, Sunaryo Sunaryo, Dr. Ir. Usman Ali, MP

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penambahan bioenzim pada pakan burung puyuh dengan penambahan fermented mother liquor tertentu terhadap kecernaan bahan kering dan protein efisiensi ratio. Materi penelitian ini yaitu 160 ekor burung puyuh, pakan komersial, fermented mother liquor dan bioenzim. Metode yang dipakai yaitu eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap. Ada 4 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan tersebut yaitu P0= pakan yang tidak ditambahkan campuran fermented mother liqour dan bioenzim, P1= penambahan 3% fermented mother liqour dan bioenzim sebanyak 1 gram/kg pakan. P2= penambahan 3% fermented mother liqour dan bioenzim sebanyak 2 gram/kg pakan. P3= penambahan 3% fermented mother liqour dan bioenzim sebanyak 3 gram/kg pakan. Variabel yang diamati adalah kecernaan bahan kering dan protein efisiensi ratio. Hasil analisis ragam menunjukkan bahwa penambahan fermented mother liqour dan bioenzim berpengaruh nyata (P<0,05), terhadap daya cerna bahan kering dan protein efisiensi ratio pakan burung puyuh jantan. Rataan kecernaan bahan kering P0= 73,67%a, P1= 74,89%ab, P2= 75,98%b, P3= 76,33%b. Rataan protein efisiensi ratio P0= 0,37a, P1= 0,38b, P2= 0,39c, P3= 0,39c. Kesimpulan yaitu penambahan fermented mother liqour dan bioenzim dalam pakan dapat meningkatkan daya cerna bahan kering dan protein efisiensi ratio pada burung puyuh jantan. Penambahan 3% fermented mother liqour dan 2 gram bioenzim dalam pakan menunjukkan dosis yang optimum.

Kata kunci : fermented mother liqour, bioenzim, daya cerna bahan kering, burung puyuh jantan.

 


Full Text:

PDF

References


Anonimus, 2021. Fermented Mother Liquor (FML), Alternatif Nutrisi Pakan Ternak Inovasi PT AJINOMOTO INDONESIA dalam Peningkatan Produksi dan Kualitas Peternakan di Indonesia. 7 December 2021.

https://www.ajinomoto.co.id/id/artikel/fermented-mother-liquor-fml-alternatif-nutrisi-pakan-ternak-inovasi-pt-ajinomoto-indonesia-dalam-peningkatan-produksi-dan-kualitas-peternakan-di-indonesia (Diakses pada tanggal 06 juni 2022).

Bedford, M. R, dan A. J. Cowieson, 2020. “Matrix values for exogenous enzymes and their application in the real world.” Journal of Applied Poultry Research,:15-22.

Lestari, I. D. Yunianto V. D. dan E. Suprijatna. 2015. Pengaruh penggunaan limbah rumput laut (Gracilaria Verrucosa) terhadap efisiensi penggunaan protein puyuh jantan umur 6–10 minggu. Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro, Semarang. Animal Agriculture Journal 4(2): 252-255.

Setiawan, D. 2006. Performa Produksi Burung Puyuh saat Perbandingan Jantan dengan Betina Berbeda. [Skripsi]. Program Studi Teknologi Produksi Ternak Fakultas Peternakan Institut Pertaniaan Bogor, Bogor.

Tanwiriah, W., D. Darnida dan Y. I. Asmara. 2006. Pengaruh Tingkat Pemberian Ampas Tahu dalam Ransum terhadap Performan Entok (Muscovy duck) Pada Periode Pertumbuhan. Dalam: Prosiding Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner. Fakultas Peternakan. Universitas Padjadjaran. hal. 650 – 655.

Wahju. 1997. Ilmu Nutrisi Unggas. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta

Widodo, A. R., H. Setiawan, Sudiyono, Sudibya dan R. Indreswari. 2013. Kecernaan Nutrien dan Performan Puyuh (Coturnix coturnix japonica) Jantan yang Diberi Ampas Tahu Fermentasi dalam Ransum Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Tropical Animal Husbandry Vol. 2.

Yamin M. Neltje N., Palinggi dan Rachmansyah. 2008. Aktivitas Enzim Protease dalam Lambung dan usus Ikan Kerapu Macan Setelah Pemberian Pakan. Jurnal Media Akuakultur. Vol. 3. No. 1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.