PENGARUH PENAMBAHAN FERMENTED MOTHER LIQUOR DAN BIOENZIM PADA PAKAN BURUNG PUYUH JANTAN TERHADAP PERTAMBAHAN BOBOT BADAN DAN FEED CONVERTION RATIO

Moh Adrian Yusuf, Farid Wadjdi, Irawati Dinasari R

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penambahan Fermented Mother Liquor dan bioenzim pada pakan burung puyuh terhadap pertambahan bobot badan dan FCR pada ternak puyuh. Materi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu FML, bioenzim, pakan puyuh, puyuh jantan. Metode yang dipakai yaitu metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Ada 4 perlakuan dan 4 ulangan, Perlakuan yang digunakan adalah P0 = Pakan yang tidak menggunakan FML dan Bioenzim, P1 = Penambahan 3% FML dan Bioenzim sebanyak 1 gram/Kg pakan, P2 = Penambahan 3% FML dan Bioenzim sebanyak 2 gram/Kg pakan, P3 = Penambahan 3% FML dan Bioenzim sebanyak 3 gram/Kg pakan. Variabel yang diamati pertambahan bobot badan dan Feed Convertion Ratio puyuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fermented Mother Liquor dan bioenzim berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap pertambahan bobot badan dan Feed Convertion Ratio pada puyuh jantan dengan nilai rataan (PBB) P0=39,50a g/ekor, P1= 43,33b g/ekor, P2= 43,63b g/ekor, P3= 44,95b g/ekor. Nilai rataan (FCR) P0= 6,74b, P1= 6,38ab, P2= 6,32a, P3=6,26a. Disimpulkan bahwa penambahan Fermented Mother Liquor dan bioenzim pada pakan puyuh dapat meningkatkan pertambahan bobot badan dan menurunkan Feed Convertion Ratio puyuh. Disarankan penambahan Fermented Mother Liquor sebesar 3% dan bioenzim 3 gram/kg pakan selama 14 hari, dapat digunakan sebagai upaya meningkatkan PBB dan menurunkan nilai FCR secara efisien dan efektif.

Kata kunci : fermented mother liquor, bioenzim, feed convertion ratio, pertambahan bobot badan, puyuh jantan.


Full Text:

PDF

References


Anonimus, 2021. Fermented Mother Liquor (FML), Alternatif Nutrisi Pakan Ternak Inovasi PT AJINOMOTO INDONESIA dalam Peningkatan Produksi dan Kualitas Peternakan di Indonesia.

https://www.ajinomoto.co.id/id/artikel/fermented-mother-liquor-fml-alternatif-nutrisi-pakan-ternak-inovasi-pt-ajinomoto-indonesia-dalam-peningkatan-produksi-dan-kualitas-peternakan-di-indonesia (diakses April 13,2022)

Daud, M. 2005. Performa ayam jantan yang diberi probiotik dan prebiotik dalam ransum. Jurnal Ilmu Ternak 5(2): 75-79.

Gauthier., 2007. the use of Protected Organic Acids (galliacid) and a Protease Enzyme (poultrygrow) in Poultry. Jefo Nutrition inc. Sthyacinthe, Qc,. Canada.

Listiyowati, E. dan Roospitasari, K. 2000.Beternak puyuh secara komersial. Penebar Swadaya, Jakarta.

Sudargono, A. 2003. Hubungan Antara Lingkungan Social Budaya, Informasi Limbah Dan Tingkat Pendidikan Dengan Sikap Petani Dalam Pemanfaatan Limbah Cair Monosodium Glutamat (MSG) Untuk Irigasi Padi Sawah Di Desa Ngringo. Tesis Prgram Pasca Sarjana Ilmu Lingkungan UNS: Surakrta.

Sumantra., 1993. Peranan Enzim sebagai Feed Aditive. Ayam dan Telur. Jurnal Ilmu Peternakan, Fakultas Pertanian Universitas Garut. Jawa barat. Edisi. April .23 : 34 — 36.

Suprijatna, E., Atmomarsono. R, Kartasudjana. 2005. Ilmu Dasar Ternak Unggas. Penebar Swadaya, Jakarta.

Xuan, Z. N., J. D. Kim, J. H. Lee, Y. K. Han, K. M. Park, and I. K. Han. 2001. Effects of Enzyme Compleks on Growth Performance and Nutrient Digestibility in Pigs Weaned at 14 days of Age. Asian-Aust. J. Anim. Sci. 14 (2): 231 – 236


Refbacks

  • There are currently no refbacks.