PENGARUH PENAMBAHAN BIJI LAMTORO DAN GAPLEK TERFERMENTASI RHIZOPUS OLIGOSPORUS PADA PAKAN BROILER TERHADAP PERSENTASE KARKAS DAN PERSENTASE LEMAK ABDOMINAL

Ahmad Wildan Attoriq, Badat Muwakhid, Dedi Suryanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penambahan biji lamtoro dan gaplek terfermentasi Rhizopus Oligosporus pada pakan Broiler terhadap persentase karkas dan persentase lemak abdominal. Penelitian dilakukan pada tanggal 1 Oktober – 14 Oktober 2022 di Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan materi biji lamtoro, tepung gaplek, Rhizopus Oligosporus dan Broiler. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen menggunakan rancangan acak lengkap dengan 4 ulangan dan 4 perlakuan. Tingkat penambahan biji Lamtoro dan Gaplek Fermentasi (LGF) dengan (P0 = 0%); (P1 = 10%); (P2 = 20%) dan (P3 = 30%). Penelitian ini menunjukkan hasil penambahan LGF berpenagruh nyata terhadap persentase karkas (P>0,05) dan berpengenagruh tidak nyata terhadap persentase lemak abdominal (P<0,05). Rerata persentase karkas (P0 = 42,92%); (P1 = 45,61%); (P2 = 46,27%); (P3 = 46,82%) dan rerata persentase lemak abdominal (P0 = 0,73%); (P1 = 0,72%); (P2 = 0,67%); (P3 = 0,66%). Berdasarkan penelitian ini hasil penambahan “biji lamtoro dan gaplek fermentasi” pada  pakan broiler fase  finisher sampai dengan tingkat penambahan 10% dapat meningkatkan persentase karkas dan menurunkan persentase lemak abdominal dengan dosis 30%.

Kata kunci : Biji lamtoro, gaplek terfementasi, Rhizopus Oligosporus, Karkas, Lemak abdominal, Broiler.


Full Text:

PDF

References


Amrullah, I. K. 2003. Manajemen Ternak Ayam Broiler. IPB-Press, Bogor.

Buckle, K. A., R. A. Edwards, G. H. Fleet and M. Wotton. 2007. Ilmu Pangan. Penerjemah: Hari Purnomo dan Adiono. Universitas Indonesia. Jakarta.

Budiansyah, A. 2010. Performan Ayam Broiler yang Diberi Ransum yang Mengandung Bungkil Kelapa yang Difermentasi Ragi Tape sebagai Pengganti Sebagian Ransum Komersial. Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Peternakan. 8(5). 260-268.

Machfoedz, I., dan E. Suryani. 2007. Pendidikan Kesehatan Bagian Dari Promosi Kesehatan. Fitrayama. Yogyakarta.

Mahfudz, L. D., W. Sarengat dan B. Srigandono. 2000. Penggunaan Ampas Tahu Sebagai Bahan Penyusun Ransum Ayam Broiler. Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Peternakan Lokal, Universitas Jendral Sudirman, Purwokerto.

Mokoolang, M.C., F.R. Wolayan, M.R. Imbar dan W.L. Toar. 2017. Biokonversi Kulit Pisang Raja (Musa paradisiaca) dengan Rhizopus oligosporus terhadap Perubahan Kandungan Bahan Bering, Bahan Organik dan Protein Kasar.Jurnal Zootec 38(1): 56-65.

Sutardi. 1992. Pengawetan Pangan: Pendinginan dan Pengeringan. PAU Pangan dan Gizi. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.