PENGARUH PENAMBAHAN Fermented Mother Liquor (FML) DAN MULTIPROBIOTIK DALAM AIR MINUM TERHADAP PERSENTASE KARKAS DAN LEMAK ABDOMINAL AYAM BROILER FASE FINISHER

Achmad Akmal Basyar, Dr. Ir. Usman Ali, MP, Sri Susilowaty

Abstract


Tujuaan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh FML dan multiprobiotik dalam air minum dan menentukan dosis terbaik untuk persentase karkas dan lemak abdominal pada ayam finishing. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 23 Juli 2022 sampai dengan 21 Agustus 2022 di Desa Sumberejo Kecamatan Batu Kota Batu Jawa Timur. Materi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 80 ekor ayam pedaging Cobb, fermented mother liquor (FML), multiprobiotik, air murni dan pakan ayam. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Setiap salinan berisi 5 ekor ayam. Perlakuan pada penelitian ini adalah P0 = pakan komersial (kontrol), P1 = air minum ditambah FML 200 ml Multiprobiotik 20 ml/l air minum, P2 = air minum ditambah FML 400 ml Multiprobiotik 20 ml/l air minum. P3 = air minum ditambah FML 600 ml Multiprobiotik 20 ml/l air minum. Data diambil dari analysis of variance (ANOVA). Hasilnya menunjukkan bahwa penambahan FML dan multiprobiotik pada air minum berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap persentase karkas dengan hasil rata-rata P0 = 72,35%ª, P1 = 73,31% ab, P2 = 73,61% b, P3 . = 74,03% b dan berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap persentase lemak abdominal ayam pedaging dengan hasil rata-rata P3 = 1,14 % a, P2 = 1,20% a, P1 = 1,25% ab, P0 = 1,36% b.  Kesimpulan penelitian ini yaitu pemberian FML dalam air minum dengan dosis 2-6 % dan Multiprobiotik 0,2 % dapat meningkatkan persentase karkas dan menurunkan persentase lemak perut pada ayam pedaging. Dosis FML dan multiprobiotik terbaik adalah FML 6 % dan Multiprobiotik 0,2%. Pada ayam pedaging dianjurkan untuk meningkatkan persentase karkas dan mengurangi proporsi lemak abdominal dengan menggunakan FML 6 % dan Multiprobiotik 0,2 % dalam air minum. Sebaiknya diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh FML dan multiprobiotik pada air minum dengan menggunakan nilai ekonomis pakan FML.

Kata kunci : Fermented Mother Liquor, multiprobiotik, persentase karkas dan lemak abdominal, ayam pedaging.


Full Text:

PDF

References


Anonim. 2008. Pemanfaatan mikroorganisme dalam bioteknologi. http://itsmindontdisturb.com. Diakses tanggal 7 Maret 2011.

Arifien, M. 2002. Rahasia sukses beternak ayam di daerah tropis. Pedagang Wiraswasta,. Jakarta.

Basya dan A. Muhammad. 2004. Berat karkas, lemak perut, dan persentase usus pada ayam yang diberi diet protein sel tunggal. Institut Pertanian Bogor, Fakultas Peternakan Bogor.

Faradis, H. A. 2009. Pengkajian Kecukupan Gizi Pada Ayam Pedaging Cv Ayam Perdana Putra di Peternakan Bogor. laporan magang kerja lapangan.

Haroen, U. 2003. Pertumbuhan karkas dan respon produksi ayam pedaging yang diberi tepung daun sengon (Abizzania falcataria). Jurnal Ilmiah Ilmu Peternakan, 6(1): 3 - 1.

Manins, F. 2010. Potensi Lactobacillus acidophilus dan Lactobacillus fermentum dari saluran pencernaan kecoa kalkun sebagai sumber probiotik. Jurnal Ilmiah Peternakan, 13(5): 221-228.

Mountney, G.J. 1976. Teknologi produk unggas. 2. tomboŝtono. Avi Publishing Company Inc. Westport, Connecticut

Mountzouris K.C., P. Tsitrsikos, I. Palamidi, A.S. Arvaniti, M. Mohnl, G. Schatzmayr dan K. Fegeros. 2010. Jaro. Pengaruh konsentrasi probiotik dalam pakan broiler terhadap kinerja pertumbuhan, kecernaan pakan, imunoglobulin plasma dan komposisi mikroflora cecal. Daging unggas. Sei, 89 (1): 58 67.

Ramli N, D. M. Suc dan C.B. Aditya. 2000. Performa ayam yang diberi pakan Single Cell Protein (PST) sebagai sumber protein pengganti tepung ikan. Brudado, Brudado, Bogor Instituto de Agrikulturo. Bogor.

Salam, S., A. Fatahilah., D. Sunarti kaj Isroli. 2013. Bobot karkas dan lemak abdominal ayam pedaging yang diberi tepung jintan hitam (Nigella sativa) sebagai ransum musim panas. Jurnal Ilmu Peternakan, 11(2): 8 -89.

Santoso, U., K. Tanaka dan S. Ohtani. 1995. Pengaruh formulasi kering dan kultur Bacillus subtilis terhadap pertumbuhan, aktivitas enzim lipogenik hati tubuh pada ayam pedaging betina. Jurnal Nutrisi Inggris 7 : 523-529.

Siregar. 1980. Teknik Pemuliaan Broiler di Indonesia. Diterbitkan oleh Margie Group, Jakarta.

Soeparno, 1994. Teknologi daging. Gadjah Mada University Press, Jogjakarta.

Sumarsih, S. 2009. Single Cell Protein. Laboratorio. Teknologi pakan ternak. Fakultas Peternakan UNDIP. Yogyakarta.

Tarigan, R., O. Sjofjan dan I.H. Junaid. 2013. Pengaruh Suplementasi Probiotik Selulolitik (Cellulomonas Sp) Terhadap Kualitas Karkas Pakan, Lemak Abdomen dan Bobot Viseral Ayam. Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang.

Tillman, A.D., S. Reksohadiprojo, S. Prawirokusumo dan S. Lebdosekejo. 1991. Ilmu dasar nutrisi hewan. Universitas Gadjah Mada Press, Yogyakarta.

Winanti, T. 2009. Pengaruh Penggunaan Pro Aminos Plus Sebagai Bahan Pakan Terhadap Kualitas Karkas Ayam Pedaging. Karangan. Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya. Malang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.