STUDI KAJIAN PREVALENSI SCABIES PADA KAMBING DI KECAMATAN PALOH KABUPATEN SAMBAS

Yogi Dwi Nugroho, Nurul Humaidah, Dedi Suryanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prevalensi scabies dan menganalisa penyebab scabies. Materi yang digunakan adalah data dari 50 responden peternak kambing di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas. Metode penelitian survey. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dan pemeriksaan scabies secara langsung.  Data dianalisa secara deskriptif kuantitatif.  Variabel yang diamati adalah data personal, hasil pemeriksaan ternak scabies, manajemen pemeliharaan, pengetahuan peternak tentang penyakit scabies dan service dari petugas keswan. Hasil penelitian adalah semua peternak memelihara kambing dalam kandang panggung, intensitas sinar matahari yang dapat masuk di kandang adalah sedang sebanyak 88%, Pemeliharaan kambing semuanya secara koloni. Semua peternak tidak pernah melakukan pembersihan feses, pakan yang diberikan semuanya adalah hijauan dan yang ad libitum sebanyak 92%, ternak dipelihara dengan mengandangkan dan melepas di padang penggembalaan sebanyak 92%, Tidak ada kontak fisik kambing dengan kambing tetangga sebanyak 96%, air hujan yang dapat masuk di kandang sebanyak 56%, semua peternak tidak pernah memandikan kambing dan melakukan pembersihan kandang, peternak yang tidak tahu tentang Scabies sebanyak 94%, peternak tidak mengetahui bahwa scabies dapat menular ke kambing lain sebanyak 96%, semua peternak tidak tahu bahwa scabies dapat menular ke peternak, semua peternak tidak tahu pencegahan scabies, peternak tidak tahu pengobatan scabies sebanyak 98%, service petugas keswan berupa pengobatan dilakukan ke semua peternak, penyuluhan tentang scabies oleh petugas keswan dilakukan tetapi pemeriksaan scabies tidak pernah dilakukan petugas keswan. Kesimpulan yaitu prevalensi scabies yaitu 14,53%, prevalensi kecil karena pemberian hijauan ad libitum, penggunaan kandang panggung, sinar matahari dapat masuk ke kandang, adanya penggembalaan ternak serta pengobatan scabies dari petugas.

Kata kunci : scabies, kambing, kesehatan, ternak, prevalensi


Full Text:

PDF

References


Anonimus. 2020. Menjaga Kesehatan Ternak Saat Musim Hujan. https://www.medion.co.id/menjaga-kesehatan-ternak-saat-musim-hujan/. Diakses Tanggal 2 Juli 2022.

Budiantono. 2004. Kerugian Ekonomi Akibat Skabies dan Kesulitan dalam Pemberantasannya. Bali:Jurnal Penelitian BBVet Denpasar . 1

Elser, S., Junjungan, J. Manurung dan T. Suibu. 2005. Efektivitas Pemberian Monolaurin dan Obat Alternatif Lainnya Dalam Penyakit Memberantas Kudis Pada Kambing. Pro.Seminar Nasional Peternakan dan Teknologi Dokter Hewan, Bogor, 12-13 September 2005. Puslitbang Peternakan, Bogor. 941-945.

Handika, R. Dan Jakaria, D. A. 2018. Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Sapi Dengan Metode Certainty Factor. Jurnal Manajemen dan Teknik Informatika (JUMANTIKA). 1(1): 101-110

Hastuti, D. 2008. Tingkat keberhasilan Inseminasi buatan sapi potong ditinjau dari angka konsepsi dan service per conception. Mediagro. 4(1): 12-20.

Indradji, M., dan E. Yuwono. 2004. Pengembalaan Sebagai Fakot Potensial Dalam Infeksi Namatoda Gastrointestinal pada Peternakan Kambing di Kabupaten Banyumas. Produksi Hewan. 6(2): 95-100.

Kurnia, E., B. Riyanto dan N. D. Kristanti. 2019. Pengaruh Umur, Pendidikan, Kepemilikan Ternak dan Lama Beternak Terhadap Prilaku Pembuatan Mol Isi Rumen Sapi Di Kut Lembu Sura. Jurnal Penyuluhan Pembangunan. 1(2): 40-49.

Laksono, T.T., G. A. Yulianti, A. Sunarso, N. D. R. Lastuti and L. T. Suwanti. 2018. Prevalence and Saverity Level of Scabies (Sarcoptes Scabiei) on Rabies in Sajen Village, Pacet SUB-District, Mojokerto Regency. Journal of Parasite Science (JoPS). 2(1): 15-20.

Mulyawati, I. M., D. Mardiningsih dan S. Satmoko. 2016. Pengaruh Umur, Pendidikan, Pengalaman dan Jumlah Ternak Peternak Kambing Terhadap Perilaku Sapta Usaha Beternak Kambing di Desa Wonosari Kecamatan Patabon. Agromedia: Berkala Ilmiah Ilmu-ilmu Pertanian. 34(1): 85-90.

Mulyono, S. 2010. Teknik Pembibitan Kambing dan Domba. Penebar Swadaya, Jakarta.

Purwanto, N. 2013. Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Repi, T., M. Ervandi dan Fahrulah. 2020. Sosialisasi Tata Laksana Kandang Sapi Yang Sehat di Desa Makmur Abadi Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo. Laporan Pelaksanaan Pengabdian. Gorontalo: Universitas Muhammadiyah Gorontalo.

Rianto, E. 2004. Kandang Kambing. Laporan Lembaga Pengabdian Masyarakat. Universitas Diponegoro Semarang.

Rusdi, R., W. Basri, A. Frinaldi dan U. Lionar. 2019. Budidaya Kambing Etawa Di Jorong Padang Ambacang Nagari Batu Balang Kecamatan Harau kabupaten Lima Puluh Kota. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. 19(2): 80-91.

Saputra, M. R. I., K. Kholik, M. Munawaroh, A. L. D. Agustin dan D. Wurinaharuma. 2021. Penyuluhan dan Pelayanan Kesehatan Serta Deteksi Kebuntingan pada Sapi di Kelompok Ternak Pade Angen Desa Lando Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur. Bakti Sakawan: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1(2): 32-35.

Sasongko, W. R., Y. G. Bulu, A. Hipi dan A. Surahman. 2004. Potensi Kambing Lokal Yang Dipelihara Petani pada Agroekosistem Lahan Kering di Lombok Timur NTB. Prosiding Seminar Nasional. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian. Badan Litbang Pertanian. Departemen Pertanian.

Sirat, M. M. P., M. Hartono, P. E. Santosa, R. Ermawati, S. Siswanto, F. Setiawan, I. K. D. A. C. Wijaya, S. W. Rahma dan S. T. Fatmawati. 2021. Penyuluhan Manajemen Kesehatan, Reproduksi, Sanitasi Kandang dan Pengobatan Massal Ternak Kambing. Agrokreatif: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. 7(3): 303-313.

Suharto, E. 2010. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan pekerjaan sosial. Gunarsa A, editor: PT Refika Aditama. Bandung

Wandira, A., Supriadi dan Permatasari, F. D. 2018. Prevalensi Scabies Pada Kambing Di Desa Rambitan Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah . Jurnal Sangkareang Mataram. 4(3): 46-50.

Widyastuti, R., Wira, D. W., Ghozali, M., Winangun, K., dan Syamsunarno, M. R. A. A. 2017. Tingkat Pengetahuan dan Respon Peternak Kambing Perah Terhadap Penyakit Hewan Studi Kasus: Kelompok Tani “Shimpay Tampomas” Cimalaka, Sumedang. Dharmakarya, 6(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.