PENGARUH LAMA PENYIMPANAN PRODUK ENKAPSULASI PROBIOTIK WHEY TERHADAP KADAR ASAM LAKTAT DAN NILAI pH

Mushael Wenang Fatwa Aji, Umi Kalsum, Dedi Suryanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lama penyimpanan produk enkapsulasi probiotik whey terhadap kadar asam laktat dan nilai pH. Data Penelitian ini di ambil pada tanggal 29 Maret 2022 hingga 19 April 2022. Lokasi penelitian bertempat di Ruang Mikrobiologi, Laboratorium Terapadu dan Halal Center, Universitas Islam Malang. Materi menggunakan whey keju, maltodekstrin, Urea, dan  tepung maizena. Menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap,  dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Faktor yang diamati ialah kandungan kadar asam laktat dan nilai pH pada umur 0 hari, 7 hari, 14 hari, dan 21 hari. Hasil analisis menunjukan perbedaan sangat nyata (P<0,01) terhadap kadar asam laktat dan nilai pH. Rataan hasil kadar asam laktat selama penelitian P0=1,9a, P7=1,43a, P14=1,4b, dan P21=2,6c. Rataan nilai pH dari penelitian P0=6,13c, P7=5,68bc, P14=5,53b, dan P21=3,98a. Dari hasil penelitian ini dapat di dapatkan hasil kesimpula bahwa perlakuan lama penyimpanan dalam 21 hari probiotik whey  menghasilkan kadar asam laktat tertinggi 2,6 dan nilai pH terendah diperoleh sebesar 3,9. Disarankan agar penelitian  ini dapat dilanjutkan, untuk mengetahui batas ketahanan dari produk enkapsulasi probiotik whey dan aplikasi probiotik whey terenkapsulasi pada ternak.

Kata kunci : whey keju, enkapsulasi,probiotik, kadar asam laktat


Full Text:

PDF

References


Juan R Laksono, Reforny K Gunawan, Radita D Putera. 2021. Prarancangan Pabrik Keju Dari Susu Kambing Dengan Kapsitas 300 Ton/Tahun. Universitas Pertamina: Jakarta.

Lily Arsanti Lestari dan Siti Helmyati. 2018. Peran Probiotik di Bidang Gizi dan Kesehatan. UGM PREES: Yogyakarta.

Mal, R., Radiati, L. E., dan Purwadi. (2013). Pengaruh Lama Penyimpanan Pada Suhu Refrigerator terhadap Nilai pH, Viskositas, Total Asam Laktat dan Profil Protein terlarut Kefir Susu Kambing. Universitas Brawijaya

Oktafiyanti, K., Kalsum, U., dan Wadjdi, M. F. (2022). Pengaruh Suhu dan Lama Pengeringan Proses Enkapsulasi Pada Whey terhadap Jumlah Mikroba dan Nilai pH. Jurnal Dinamika Rekasatwa, 5(1).

Okfrianti, Y., Darwis Dan A. Pravita. 2018. Bateri Asam Laktat Lactobacillus Plantarum C410L1 dan Lactobacillus Rossiae LS6 yang Diisolasi dari Lemen Rejang terhadap Suhu, ph dan Garam Empedu Berpotensi Sebagai Probiotik. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan. 6(1):49-58.

Oktavia, H. M., Kusumawati, N., dan Kuswardani, I. (2015). Pengaruh Lama Penyimpanan Selama Distribusi dan Pemasaran terhadap Viabilitas Bakteri Asam Laktat dan Tingkat Keasaman pada Yogurt Murbei Hitam (Morus nigra L.). Jurnal Teknologi Pangan Dan Gizi, 14(1), 22–30.

Prayoga, T. N. S., Kalsum, U., Oktavia, R. P. (2020). Pengaruh Lama Penyimpanan Probiotik Lactobacillus Fermentum Enkapsulasi Plus Metionin Terhadap Jumlah Bakteri Asam Laktat dan Kandungan Bahan Organik. Dinamika Rekasatwa 3 (02).

Rahmawati, A. 2010. Total Bakteri Asam Laktat, Kadar Laktosa dan Keasaman Whey yang Difermentasi dengan Bifidobacterium bifidum pada Lama Inkubasi yang Berbeda. Skripsi. Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro: Semarang.

Yuliana, N. 2007. Profil Fermentasi “Rusip” yang Dibuat Dari Ikan Teri. AGRITECH. 27(1): 12-17.

Wirawati, I. (2019). Pengaruh Lama Penyimpanan Pada Suhu Dingin terhadap Nilai pH, Total Asam dan Jumlah Bakteri Asam Laktat Yoghurt Tepung Suweg (Amorphallus campanulatus).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.