PENGARUH PENAMBAHAN CAMPURAN BIO ENZIM DAN TEMULAWAK (CURCUMA ZANTHORIZA) DALAM PAKAN AYAM PEDAGING FASE FINISHER TERHADAP PERSENTASE KARKAS DAN LEMAK ABDOMINAL

Anasrul Ramadani, M. Farid Wadjdi, Sunaryo sunaryo

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan.untuk mengetahui pengaruhipenambahan campuran bio enzim dan temulawak terhadap persentaseikarkas dan kadar lemakiabdominal. Peneltian ini dilaksanakan pada tanggal 24 Desember 2021 sampai 09 januari 2022 di Teaching Farm Fakultas Peternakan UNISMA. Materi yang digunakan adalah Bio enzim dan temulawak. Alat yang digunakan adalah timbangan analitik, pisau, cutter. Metode yangidigunakan dalamipenelitianiiniiadalah metodeieksperimenidengan menggunakaniRancanganiAcakiLengkapi(RAL) dengan empat proses dan empat pengulangan. Percobaan P0 = (pakan komersil 100%). P1 = (pakan komersil 1 kg dengan bio enzim 3,5 gram/kg). P2 = (pakan komersil 1 kg dengan bio enzim 5 gram/kg). P3 = (pakan komersil 1 kg dengan bio enzim 7,5 gram), dan menggunakan temulawak 20 gram/kg..setelah itu data dianalisis ragam dan uji BNT untukimemperoleh hasil perbedaaniantariperlakuan. Hasil penelitian menunjukkan penambahan campuran bio enzim dan temulawak berpengaruh (P<0,05) terhadap persentase karkas dengan hasil rataan P0= 70,50a, P1= 71,50a, P2= 75,75b, P3= 75,75b %. Penggunaan campuran bio enzim dan temulawak tidak berpengaruh (P>0,05) terhadap persentase kadar lemak abdomen dengan hasil. P0=0,87, P1=0,85, P2=0,84, P3=0,76 %. Berdasarkan hasil percobaan dapat disimpulkan bahwa penambahan campuran bio enzim dan temulawak pada pakannberpengaruh terhadap persentase karkas, dan tidak berpengaruh terhadap persentase lemak abdomen broiler fase finisher. Penambahan bio enzim 5 gram/kg dan temulawak 20 gram/kg berpengaruh positif terhadap proporsi karkas dan lemak abdominal.

Kata kunci : bio enzim, temulawak, persentase karkas, persentase lemak abdominal, ayam broiler fase finisher.

 


Full Text:

PDF

References


Anggorodi, R. 1995. Nutrisi Aneka Ternak Unggas. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Anggitasari, O. Sjofjan dan I. H. Djunaidi, 2016. Pengaruh beberapa jenis pakan komersial terhadap kinerja produksi kuantitatif dan kualitatif ayam pedaging. Buletin Peternakan. 40 (3): 187-196.

Maffudz, L. D., Maulana, F. L., Atmomarsono, U., & Sarjana, T. A. (2009). Karkas Dan Lemak Abdominal Ayam Broiler Yang Diberi Ampas Bir Dalam Ransum (The Effect of Feer by-product in the Diet on Carcass and Abdominal Fat Percentage of Broiler Chicken). In Seminar Nasional Kebangkitan Peternakan (pp.596-605).Fakultas Peternakan Undip.

Nasution, M. 2021. Manajemen pemelihaaraan dan pemberian pakan ayam broiler di PT Malindo desa Tanjung (Management of Maintenance and Feeding of Broiler Chickens at PT Malindo Tanjung Village).

North, M. O. and D. D. Bell. 1990. Commercial Chicken Product Manual. 4 Th Ed Reinhold New York.

Sumiati, T. 2004. Kunyit si kuning yang kaya manfaat. Cakrawala. 22 juli 2004.

Tefa, H., Gaga, S. F., & Pangestuti, H. T. (2020). Pengaruh Penambahan Tepung Kunyit, Tepung Jahe dan Tepung Temulawak dalam Pakan Terhadap Karkas, Non Karkas dan Lemak Abdominal Ayam Broiler. Jurnal Peternakan Lahan Kering, 2(2), 881-887.

Wahju, J. 1997. Ilmu nutrisi unggas. Gadjah Mada University press. Yogyakarta.

Wijayakusuma, H., 2003. Penyembuhan dengan Temulawak. Milenia Populer. Jakarta.

Widodo. W. 2002. Nutrisi dan pakan unggas kontekstual. Jakarta. Proyek peningkatan penelitian pendidikan tinggi, direktorat jendral pendidikan tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Winarsih. 2002. Pengaruh Aras Pemberian Tepung Kunyit Terhadap Kierja Ayam Arab Jantan Umur 2-6 Minggu. Skripsi. Fakultas Peternakan. Universitas BrawIijaya Malang.

Yustin Golla, M. E. R Montong, Jacqueline T. Laihad dan Godlief D.G Rembet. 2014. Penambahan Tepung Rimpang Temulawak (Curcuma xanthorriza Roxb) dan Tepung Rimpang Temu Putih (Curcuma zedoaria Rosc) dalam Ransum Komersial Terhadap persentase Karkas, Lemak Abdomen, Dan Persentase Hati Pada Ayam Pedaging. Jurnal Zootek. 34. (edisi khusus). 115-123.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.