HUBUNGAN KARAKTERISTIK PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BEBERAPA MEREK SUSU PASTEURISASI DI KOTA BATU

Daulat Salahuddin Fatih, Inggit Kentjonowaty, Sri Susilowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik produk susu pasteurisasi terhadap keputusan pembelian. Materi adalah konsumen sebanyak 73 orang. Penelitian dengan metode survei. Metode analisa data regresi linier berganda menggunakan SPSS 23. Hasil variabel bebas yaitu (X) karakteristik produk yaitu harga 3.53, rasa 3.77, warna 3.92, volume 3.78. Variabel tetap(Y) kesukaan produk (Y1) 3,86, kepuasan membeli (Y2) 3,86 pembelian ulang (Y3) 3,95. Analisis regresi linear berganda Y1 kesukaan produk jika harga (X1) naik 1 tingkat akan terjadi kenaikan Y 0,180. Jika rasa (X2) naik 1 tingkat maka akan terjadi kenaikan Y sebesar 0,327. jika warna (X3) naik 1 tingkat akan terjadi kenaikan Y sebesar 0,058. Jika volume (X4) naik 1 tingkat akan terjadi kenaikan Y sebesar 0,285. Analisis regresi linear berganda dari persamaan Y2 kepuasan produk jika harga (X1) naik 1 tingkat akan terjadi kenaikan Y 0,032. Jika rasa (X2) naik 1 tingkat akan terjadi kenaikan Y sebesar 0,013. jika warna (X3) naik 1 tingkat akan terjadi kenaikan Y sebesar 0,087. Jika volume (X4) naik 1 tingkat akan terjadi kenaikan Y sebesar 0,333. Analisis regresi linear berganda dari persamaan Y3 yaitu pembelian berulang adalah jika harga (X1) naik 1 tingkat akan terjadi kenaikan Y 0,183. Jika rasa (X2) naik 1 tingkat akan terjadi kenaikan Y sebesar 0,356. jika warna (X3) naik 1 tingkat akan terjadi kenaikan Y sebesar 0,037. Jika volume (X4) naik 1 tingkat akan terjadi kenaikan Y sebesar 0,262. Kesimpulan dari persamaan variabel menetapkan kesukaan produk hasilnya rasa dan volume berhubungan signifikan, harga dan warna tidak berpengaruh signifikan. Dari persamaan Y2 kepuasan produk rasa berpengaruh signifikan. Harga, warna dan volume kurang berpengaruh signifikan. Dari persamaan Y3 pembelian berulang harga dan warna tidak berpengaruh signifikan. Rasa dan volume berpengaruh signifikan.
Kata kunci : karakteristik produk, harga, rasa, warna, volume, keputusan pembelian


Full Text:

PDF

References


Fajar Laksana. 2008. Manajemen Pemasaran, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Kotler, P dan Bilson,S. 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Cetakan Kedua. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip dan Keller, Kelvin. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Jakarta. Indeks, Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Indeks, Kelompok Gramedia.

Maitimu, 2012 Faktor penyebab kerusakan susu dapat meliputi faktor kimia, fisik dan mikrobiologi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.