PERFORMA INDUK SAPI CROSSBREEDING BERDASARKAN KARAKTERISTIK KUANTITATIF DAN KINERJA REPRODUKSI DI PETERNAKAN RAKYAT

Rio Dwi Sandriono, Nurul Humaidah, Dedi Suryanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa performa induk sapi crossbreeding berdasarkan karakteristik kuantitatif dan kinerja reproduksi. Penelitian dilaksanakan di Desa Petunjungan Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo Provinsi Jawa Timur.Materi yang digunakan adalah data karateristik kuantitatif dan kinerja reproduksi dari 20 ekor sapi induk Crossbreeding Limpo serta data pendukung dari petugas peternakan Kecamatan Paiton. Metode penelitian adalah survey. Data yang diperoleh dianalisa deskriptif kuantitatif berdasarkan persentase.Kriteria sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sapi Limpo usia di atas 3 tahun dan sudah pernah beranak 2 kali. Hasil survey menunjukkan bahwa berdasarkan profil peternak 60 % peternak rata-rata berusia 25-40 tahun, Pendidikan rata-rata tamat SD sebanyak 60%, rata-rata pengalaman Usaha selama 1-5 tahun 95 %, Rata-rata kepemilikan ternak 1-5 ekor 100%, peternak yang menggunakan pakan hijaun rumput gajah sebanyak 100%. Peternak yang memberikan pakan konsentrat 10%. Berdasarkan karateristik kuantitatifrata-rata bobot badan sapi limpo yang berkisar antara 350-500 kg sebanyak 100%. Tinggi badan berkisar antara 120-140 cm sebanyak 60%, lingkar kepala sebesar 85-130 cm sebanyak 65%, Berdasarkan kinerja reproduksinya umur beranak pertama rata-rata berusia lebih dari 2 tahun adalah 65%, masa kosong 5-8 bulan sebesar 100%, Jarak beranak lebih dari 1 tahun 100% , SC rata-rata 2,05.Kesimpulan adalah performa induk sapi crossbreeding Limpo di Desa Petunjungan Kecamatan Paiton berdasarkan karakteristik kuantitatif dan kinerja reproduksi baik.

Kata Kunci : Sapi, crossbreeding, kuantitatif, performa,  reproduksi


Full Text:

PDF

References


Anonimous, 2012. Cara Mengetahui Bobot Ternak. Disnak Provinsi Jawa Timur.

Husodo, Michael Christoffor dan Endang Baliarti. 2008. Kinerja Reproduksi Induk Sapi Silangan Simmental Peranakan Ongole dan Sapi Peranakan Ongole Periode Postpartum. Sains Peternakan Vol. 6 (2), September 2008: 45-53.

Riyanto. J, Lutojo dan D. M. Barcelona. 2015. Kinerja Reproduksi Induk Sapi Potong pada Usaha Peternakan Rakyat di Kecamatan Mojogedang. Sains Peternakan Vol. 13 (2), September 2015: 73-79

Vivi, D. Siagarini, Nurul Isnaini, Sri Wahjuningsing. 2011. Service Per Conception Rate (C/R) Sapi Peranakan Simmetal pada Paritas yang Berbeda Di Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar. FPUB Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.