PENGARUH PENGGUNAAN KONSENTRAT DALAM PAKAN TOTAL MIXED RATION TERHADAP KANDUNGAN LEMAK, LAKTOSA, DAN SOLID NON FAT SUSU SEGAR SAPI PFH

Muhammad Shandika Putra, Usman Ali, Badat Muwakhid

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan konsentrat dalam pakan Total Mixed Ration (TMR) terhadap kandungan lemak, laktosa, dan Solid Non Fat susu segar sapi PFH. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah sapi perah PFH berjumlah 9 ekor dengan produksi susu rata – rata 10 liter hari. Metode yang digunakan adalah metode percobaan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) meliputi 3 pakan perlakuan menggunakan pakan konsentrat (P1) 20%, (P2) 30%, dan (P3) 40% dari kebutuhan bahan kering dalam pakan TMR ditambah pemberian hijauan tebon jagung segar secara adlibitum, masing-masing perlakuan diulang tiga kali. Pakan konsentrat diberikan pada sapi sebelum diberi hijauan tebon jagung segar. Variabel yang diamati adalah kadar lemak, laktosa dan SNF. Data dianalisis menggunakan ANOVA dan diuji lanjut BNT. Hasil penelitian diketahui penggunaan konsentrat dalam pakan Total Mixed Ration berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap kandungan lemak susu segar dengan rataan kandungan lemak pada (P1) 3,92ᵇ %, (P2) 3,07ᵃ %, dan (P3) 2,97ᵃ %. Perlakuan berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap kandungan laktosa dan Solid Non Fat susu segar dengan rataan kandungan laktosa susu segar pada (P1) 3,81ᵃ %, (P2) 3,94ᵃ %, dan (P3) 4,19ᵇ % , rataan kandungan Solid Non Fat susu segar pada (P1) 7,72ᵃ %, (P2) 7,92ᵃᵇ %, dan (P3) 8,14ᵇ %. Kesimpulan penggunaan konsentrat 40% dalam pakan Total Mixed Ration signifikan dapat meningkatkan kandungan laktosa dan Solid Non Fat serta menurunkan kandungan lemak susu segar sapi PFH.
Kata Kunci: Sapi Perah PFH, Pakan TMR, Kualitas Susu Segar.


Full Text:

PDF

References


Anonimus. 2011. Standar Nasional Indonesia Susu Segar Bagian 1. SNI 3141.1-2011. Badan Standarisasi Nasional. Jakarta.

Astuti, A., Erwanto dan E. S. Purnama. 2015. Pengaruh Cara Pemberian Konsentrat dan Hijauan Terhadap Respon Fisiologis Dan Performan Sapi Peranakan Simmental. Jurnal Ilmiah Peternakan Terpadu Vol 3. No. 4 : 201-207.

Fitriyanto, Y.A., Triana, dan U. Sri. 2013. Kajian Kualitas Susu Pada Awal, Puncak, dan Akhir Laktasi.JITP.1 (1):299-306.

Harris, B and K. C. Bachman. 2003. Nutritional and Management Factors Effecting Solid Non Fat, Acidy and Freezing Point of Milk. Institute of Food and Agricultural Sciences, University of Florida,Gainesville.

Kurniawan, R. C., C. Budiarti, dan S. M. Sayuthi. 2018. Tampilan Gula Darah, Laktosa dan Produksi Susu Sapi Perah Laktasi Yang Disuplementasi Baking Soda (NaHC). Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro, Semarang.

Laryska, N., dan T. Nurhajati. 2013. Peningkatan Kadar Lemak Susu Sapi Perah dengan Pemberian Pakan Konsentrat Komersial Dibandingkan dengan Ampas Tahu. Agroveteriner, 1 (2), 79 – 87.

McDonald, P.,Edward, R., Greenhalgh, J. F., Morgan, C., Sinclair, L., and Wilkinson, R. 2010. Animal Nutition (7th ed.). Harlow, UK : Pearson.

Novianto, W. A., Sarwiyono dan E. Setyowati. 2013. Penampilan Produksi, Kadar Protein dan Lemak Susu Sapi Perah Peranakan Friesian Holstein yang Diberi Pakan Tambahan Probiotik. Fakutas Peternakan Universitas Brawijaya, Malang.

Salundik, Suryahadi, S.S. Mansjoer, D. Soepandi dan W. Ridwan. 2011. Analisis Kualitas Fisik dan Kimia Susu Sapi Perah dengan Pakan Klobot Jagung dari Limbah Organik Pasar. Dapartemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan Institut Pertanian Bogor. Jurnal. 15 (3) : 118-121.

Trijayanti, D.K., B.W. H.E. Prasetiyono., dan E. Kusumanti (2015). Laktosa, Lemak, dan Produksi Susu Pada Sapi Perah Laktasi yang Diberi Total Mixed Ration Berbasis Jerami Jagung Teramoniasi. Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro Semarang

Utami, K. B., L. E. Radiati., dan P. Surjowarojo. 2014. Kajian Kualitas Susu Sapi Perah PFH ( Studi Kasus Pada Anggota Koperasi Agro Niaga di Kecamatan Jabung Kabupaten Malang ). Jurnal Ilmu Peternakan, 24(2), 58-66.

Utari, F. D., B. W. H. E. Pasetiyono, dan A. Muktiani. 2012. Kualitas Susu Kambing Perah Peranakan Etawa Yang Diberi Suplementasi Protein Terproteksi Dalam Water Pakan Komplit Berbasis Limbah Agroindustri. Jurnal Animal Agriculture. 1.(1) : 427-441.

Vidiyanto, T., Sudjatmogo, dan S. M. Sayuthi. 2015. Tampilan Produksi, Berat Jenis, Kandungan Laktosa, dan Air Pada Susu Sapi Perah Akibat Interval Pemerahan yang Berbeda. Animal Agriculture Journal. 4 (2) : 200 – 203.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.