POTENSI PENINGKATAN PRODUKTIVITAS SAPI BALI MELALUI PERBAIKAN KUALITAS PAKAN DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH NTB Article Review

Sukardi sukardi, Sri Susilowati, Irawati Dinasari

Abstract


Tujuan penelitian untuk menganalisis potensi peningkatan produktivitas sapi Bali melalui perbaikan kualitas pakan di Kabupaten lolombok tengah (NTB). Metode yang digunakan adalah article review/ literature. Perbaikan kualitas pakan merupakan salah satu cara perbaikan pada kandungan dan komposisi pakan guna meningkatkan produktivitas dari ternak Ruminansia. Peternak sapi Bali di Lombok, kebanyakan menggunakan pakan hijauan dan masih jarang yang menggunakan pakan konsentrat. Berdasarkan dari hasil penelitian Artikel review disimpulkan bahwa terdapat potensi peningkatan produktivtas sapi Bali melalui potensi hijauan di Kabupaten Lombok Tengah(NTB), yang dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan menanam rumput sendiri serta menanam hijauan dilahan kosong dapat juga mengkombinasikan antara rumput lapang dengan leguminosa yang kadar protein tinggi demikian kebutuhan pakan dapat terpenuhi. Untuk pengembangan produktivitas sapi Bali di Kabupaten Lombok Tengah (NTB) dapat dilakukan dengan cara perbakan kualitas pakan dengan menambahkan konsentrat menanam rumput sendiri serta memanfaatkan lahan kosong untuk menanam hijauan dapat juga mengkombinasikan antara rumput lapang dengan leguminosa dengan demikian kebutuhan pakan dapat terpenuhi.

Kata kunci : pakan, hijauan, konsentrat, leguminosa

Full Text:

PDF

References


Anonimus. 2015. Kabupaten Lombok Tengah dalam Angka. Lombok Tengah (ID): Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Lombok Tengah

Bandini Y. 1999. Sapi Bali. Penebar Swadaya. Jakarta

Embun, B. 2012. Banjir Embun. Retrieved from Penelitian Kepustakaan: http://banjirembun.blogspot.co.id/2012/04/penelitiankepustakaan.htmlFeed In Indonesia. Jakarta (Id): Undp Project Ins/72/2009.

Hikmawaty, A. Gunawan R. R. Noor dan Jakaria 2014. Identifikasi ukuran tubuh dan bentuk tubuh sapi bali di beberapa pusat pembibitan melalui pendekatan analisis komponen utama. Jurnal Ilmu Produksi dan Teknologi Hasil Peternakan 2(1):231-237.

Lubis, A.U. 1983. Ketersediaan Hijauan Pakan Ternak Di Sumatra Utara. Pusat Penelitian Perkebunan Marihat-Bandar Kuala. Sumatera Utara.

Mathius, I. W., Gaga, I. B., & Sutama, “I. K. (2002). Kebutuhan Ruminansia Akan Energi Dan Protein Kasar: Konsumsi, Kecernaan, Ketersediaan Dan Pemanfaatan Nutrien. Jitv, 7(2), 99-109.

Mulik, M. dan Jelantik, G. I. N. 2009 strategi peningkatan produktivitas sapi Bali pada sistem pemeliharaan ekstensif di daerah lahan kering:pengalaman nusa tenggara timur.di sampaikan pada seminar nasional pengembangan sapi Bali berkelanjutan Dalam sistem peternakan rakyat Mataram.

Nell Aj, Rollinson Dhl.1974. The Requirement And Availability Of Livesttock

Sukri, M. 2016. Analisis Potensi Pengembangan Dan Produktivitas Sapi Bali Di Kabupaten Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat.

Payne Wja & Rollinson Dhl. 1973 . Bali Cattle . World Anim. Rev. 7:13-21 .

Williamson, G. dan Payne Wja. 1993. Pengantar Peternakan Di Daerah Tropis. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.”

Zed, M. 2014. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia”


Refbacks

  • There are currently no refbacks.