ANALISIS HUBUNGAN ANTARA BOBOT BADAN DAN .UMUR KAWIN. .PERTAMA SAPI PERAH PERANAKAN FRIES HOLLAN TERHADAP PRODUKSI SUSU .HARIAN (ARTICLE REVIEW)

Yassir Maulana, Sumartono Sumartono, Sri Susilowati

Abstract


.Sapi.. Perah.. Peranakan. Fries Holland (PFH.) merupakan.. Salah satu sapi perah di Indonesia yang merupakan hasil .persilangan dari sapi. perah fries Holland (FH) dengan sapi local. Kawin. pertama. seekor sapi perah tergantung pada dua faktor utama yaitu umur dan bobot badan. Sapi .PFH pertama.. kali dikawinkan pada. umur 15-18 bulan dengan bobot badan 285-350 kg dan sudah mencapai bobot dewasa tubuh agar dapat menghasilkan produksi susu yang maksimum dan selang beranak satu tahun sekali. Penentuan. perkawinan pertama berpengaruh. pada produksi susu karena ternak yang .belum pernah melahirkan. tidak akan menghasilkan susu dan jika terlambat maka produksi. susu akan menurun karena akan menunda kebuntingan sehingga aspek penentuan perkawinan. pertama sangat penting. bahkan pengaruhnya sangat signifikan dari aspek reproduksi. yang lain oleh karna itu peternak harus mengetahui waktu deteksi birahi yang tepat dengan cara mengetahui tanda-tanda birahi. dan mengetahui kapan saat tepat uterus sudah .sempurna. untuk produksi susu umur. dan .bobot badan sapi perah PFH mempunyai hubungan yang relatif kecil terhadap produksi susu pada laktasi. pertama.

 

Kata. .kunci:Bobot ...Badan., Umur kawin. .Pertama , Produksi. .Susu harian


Full Text:

PDF

References


Alim, A.F., A. Arf.iana. d.an T. Hid.aka. 20.06. Pak.an da.n Tat.alaksana Sa.pi P.erah. Diss.emination of Appropriate Dairy Technology Utilizing Local Project in Indonesia 2007. Bandung. Hlm. 37-41.

.Atabany A., B.P. .Purwanto, T. .Toharmat, dan A. Anggraeni. 2011. Hubungan Masa Kosong dengan Produktivitas .pada Sapi Perah Friesian Holstein di Baturraden, Indonesia. Jurnal. Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan, Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor. Bogor

.Creswell,. .J, .w. .(2010). Research. .design: Qualitative, Quantitative, and Mixed methods. approaches, 3th, Terjemahan Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka belajar

Embun, B. (2012), Banjir Embun. Retrived from Penelitian Kepustakaan:http://banjirembun.blogspot.co.id/2020/10/penelitiankepustakaan.html

.Makin, M. .2011. Tata Laksana Peternakan Sapi Perah. Edisi Pertama. Penerbit .Graha .Ilmu. Yogyakarta.

Purba, 2008. .Gangguan. .Reproduksi. sapi perah di PT Greenfield Indonesia, Malang. Direktorat Program Diploma IPB.

Putra dkk. 2015 Studi sifat-sifat pertumbuhan reproduksi dan produksi susu sapi sahiwal cross (Sahiwal x Fries Holland) di Jawa Barat.[disertasi]. Bogor (ID): Institut Pertaian Bogor.

.Rokana, E., .Sigit, .M. dan. Soeroni, M. 2010. Hubungan antara umur induk dan lama. menyusui terhadap periode laktasi. Jurnal Penelitian. 26 (1): 145-150.

.Sulastri. .20.05. Perb.edaan. .Perfo.rmans Sif.at-sifa.t Prod.uksi Su.su da.n Repr.oduk.si Sap.i Pe.rah F.H P.ada Berb.agai Ska.la Usa.ha Pete.rnakan Ra.kyat. (Su.atu Kasu.s di Wil.ayah Ke.rja KP.SBU Lemb.angKab.upaten. Ba.ndung). Sk.ripsi Fa.kultas Pet.ernakan Unive.rsitas Padjadj.aran. Band.ung.

.Widyaninggar. S. 2003.. Perfo.rmans Si.fat Repro.duksi da.n Prod.uksi Sus.u Sa.pi Per.ah F.ries Hol.land pa.da Be.rbagai Sk.ala Us.aha Peter.nakan Sa.pi Pe.rah Ra.kyat (Kas.us di Wil.ayah. Ker.ja K.UD Sin.ar J.aya, Ko.ta Ban.dung). Sk.ripsi. Fak.ultas Petern.akan, Unive.rsitas Padj.adjaran, Band.ung..

.Zed, M,. 2014. Metode .penelitian Kepustakaan.. Jakarta: Yayasan Obor . Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.