FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PREFERENSI KONSUMEN DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM MEMILIH DAGING SAPI DI PASAR TRADISIONAL KECAMATAN SAPE, KABUPATEN BIMAâ€

Hairil Ansyarif, Sri Susilowati, Oktavia Rahayu Puspitarini

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor dan atribut yang mempengaruhi tingkat preferensi konsumen dan pengambilan keputusan dalam memilih daging sapi di Pasar Tradisional, Kecamatan Sape, Kabupaten Bima. Materi yang digunakan dalam penelitian preferensi konsumen dalam memilih daging sapi. Bahan yang digunakan adalah kuisioner dan daging sapi. Metode dalam penelitian ini adalah survei dengan pengambilan responden secara purposive sampling.  “Penelitian membutuhkan data yang relevan dan benar tanpa adanya manipulasi data guna keberhasilan penelitian. Oleh karena itu, pentingnya data yang akurat dan dapat dipercaya maka diperlukan pengambilan data dengan metode†survei yang terbagi menjadi 4 macam, yaitu sebagai berikut: wawancara, kuiioner, observasi dan penentuan lokasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik jenis kelamin perempuan 25 orang 15 orang laki-laki dengan umur 31-50 sebanyak 26 orang tingkat, Pendidikan S1 18, PNS 12, dibandingkan responden lainya. Menurut pendapatan 8 responden 20 persen  adalah rata-ratan konsumen dengan gaji Rp.3.000.000 menurut keluarga 19 orang 5-7 keluarga sebanyak 14 responden. Atribut-Atribut Daging sapi konsumen berdasarkan aroma 18, bagian daging 5, segi warna 7, tekstur 10. Warna daging warna merah 18 merah pucat 2 merah cerah 15 mera tua 5 chi-square test signifikasi p-volue 0,344 chi-square 10,085 nilai signifikasi 0,344 > (0.05), bagian dalam daging 20 bagian luar 13 bagian rusuk 7, chi-square test siknifikansi p-value 0,521 nilai chi-square 5.177 nilai signifikansi 0.521 > (0.05). tekstur daging empuk 20 kompak sebantak 5 keempukan 20 persen cukup empuk 22 persen sangat empuk 20 persen, chi-square test siknifikasi p-value 0.494 chi-square test 5.396 siknifikasi 0,494 > (0.05), aroma bauk has 20 chi-square test signifikansi p-value 0.366 chi-square 6.536 signifikasi 0.366 > (0.05). memilih daging faktor lingkungan 20 perbedaan individu 12 faktor pisikologis 8. Faktor lingkungan pengaruh keluarga 15 kelas sosial 12 budaya 13, chi-square test signifikasi p-volue 0.886 chi-square 1.153 signifikansi 0.886 > (0.05). perbedaan individu sumber daya konsumen 16 kepribadian 14 gaya hidup 10. chi-square signifikansi p-volue 0.919 chi-square 937 nilai signifikasi 0.919 > (0.05). faktor pisikologis informasi 15 pembelajaran 14 sikap dan prilaku 11. Chi-square test signifikasi p-value 0.846 chi-square 1.391 nilai signifikansi 0.846 > (0.05). Analisa variansi chi-square warna daging 24 warna cerah 17. Uji chi-square pengaruh keluarga 29 faktor lingkungan 24 responden. Kesimpulan penelitian atribut daging sapi yang menjadi tingkat preferensi konsumen di Kecamatan Sape, Kabupaten Bima yaitu daging sapi yang berwarna merah, bagian daging has dalam, tekstur empuk dan aroma yang segar.

Kata Kunci : Preferensi Konsumen, Pengambilan Keputusan, Daging Sapi


Full Text:

PDF

References


Andy, B.2013. Faktor internal dan eksternal terhadap keputusan pembelian telepon seluler merk Nokia.Jurnal Manajemen dan Akutansi.2(1):85-100.

Annisa. 2017. “Preferensi Konsumen Terhadap†Daging Sapi Di Pasar Tradisional Kota Padang. Fakultas Peternakan. Universitas Andalas. Padang.

Anonimus. 2008. Angka Melek Huruf. Data Statistik Indonesia.http://www.datastatistik indonesia.com/content/view/730/730/. Diaksestanggal 10 April 2019.

Arum, W. 2008. Analisis Prefensi Konsumen dalam Membeli Daging Sapi di Pasar Tradisional Kabupaten Purworedjo. Skripsi. Fakultas Pertanian Universias Sebelas Maret. Surakarta.

Astawan. 2006. Mengapa kita perlu makan daging.kompas CyberMedia.Bandung. http://multiply.com/kulinerkita/daging. html. Diakses padat anggal 24 Februari 2013.

Dr. H. Aminurrahman M,si. Saat jumpa pers diruang media center Humas danprotokol Setda Provinsi NTB ).Detik.Com NTB

News.Retrieved. December 10, 2012, from. http://news.detik.com/read/2008/05/08/075413/935748/471/kebijakan-impor-dagingsapi-dan-ketahanan-pangan.

“Perilaku Konsumen. Ghalia Indonesia. Jakarta. 2003. Perilaku Konsumen, Teori, dan Aplikasinya.â€

“Prasetijo, R dan Ihalauw, J. 2005. Perilaku Konsumen. Penerbit Andi.Yogyakarta.â€

Prima, I. B. (2008, May 8). Kebijakan impor daging sapi dan ketahanan pangan. Detik.C0m.

Ridwan, s. Sundjaja dan Kuncoro, Achmad. 200. Metode Kuantitatif Teori danAlikasi Bisnis. Kencana Media. Jakarta.

“Soeparno. 2005. Ilmu dan Teknologi Daging. Gajah Mada University Press. Yogyakarta. Sumarwan, U. 2002.â€

“Surakhmad, W. 1994. Metode Ilmiah Penelitian, Metode, dan Teknik Penelitian Tarsito. Bandung.â€


Refbacks

  • There are currently no refbacks.