PENGARUH PEMBERIAN SARI DAUN MENGKUDU (MORINDA CITRIFOLIA) DAN MULTI ENZIM DALAM AIR MINUM TERHADAP KONSUMSI PAKAN DAN QUAIL DAY PRODUCTION TERNAK PUYUH PERIODE LAYER

Edy Purwanto, Muhammad Farid Wadjidi, Oktavia Rahayu Puspitarini

Abstract


Penelitian ini bermaksud untuk menganalisa pengaruh pemberian sari daun mengkudu (morinda citrifolia) dan multi enzim dalam air minum terhadap konsumsi pakan dan quail day production ternak puyuh periode layer. Materi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sari daun mengkudu, multi enzim dengan burung puyuh usia 6 bulan yang banyaknya 320 ekor. Metode pengamatan ini yaitu penelitian eksperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Setiap perlakuan ditambah campuran sari daun mengkudu (Morinda citrifolia) dan multi enzim/SDME dengan tingkat yang berbeda dalam air minum, P0 = air minum tanpa SDME, P1 = air minum + 3 ml SDME, P2= air minum + 6 ml SDME, dan P3 = air minum + 9 ml SDME. Data yang didapatkan dianalisa dengan analisis ragam (ANOVA) dan apabila berpengaruh dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil (BNT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan pemberian sari daun mengkudu dan multi enzim(SDME) pada air tidak berpengaruh nyata terhadap konsumsi pakan (P>0,05) tetapi berpengaruh nyata terhadap Quail Day Production (P<0,05). Rata-rata nilai konsumsi pakan selama penelitian pada puyuh umur 180 sampai 200 hari adalah P0= 419,10 gram P1= 418,78 gram P2=  418,61 gram dan  P3= 418,53 gram. Rata-rata Quail Day Production (%) selama penelitian (20 hari) pada puyuh umur 180 sampai 200 hari adalah P0= 67,88a, P1= 69,13a, P2= 72,50ab dan P3= 76,75b. Disimpulkan bahwa penambahan pemberian sari daun mengkudu dan multi enzim dalam air minum menjadi meningkat pada Quail Day Production dan tidak menimbulkan pengaruh terhadap konsumsi pakan pada puyuh periode layer usia 180 hari sampai 200 hari. Direkomendasikan menambahkan sari daun mengkudu dan multi enzim sebanyak 9 ml kedalam 1 liter air minum untuk mendapatkan Quail Day Production yang baik.

 

Kata kunci : puyuh, sari daun mengkudu, multi enzim, konsumsi pakan dan Quail Day Production.


Full Text:

PDF

References


A.P. Bangun., B. Sarwono. 2002. Khasiat dan Manfaat Mengkudu. Jakarta: Agro Media Pustaka.

Abidin, Z. 2012. Meningkatkan Produktivitas Puyuh Si Kecil yang Penuh Potensi, Agromedia Pustaka, Jakarta.

Apriyantono, A. Dan Farid . S.L. 2002. Mengkudu(Morinda Citrifolia) Efek Farmakologis Dan Teknologi Pengolahanya. Seserahan Dan Saran Pengembangan Obat Tradisional, Bogor

Budiansyah, A. 2004. Pemannfaatan Enzim dalam Meningkatkan Penampilan Produksi Ternak Unggas.

Djauhariya, Enddjo. 2003. Mengkudu (Morinda citrifolia L.) tanaman Obat Potensial. Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat. Pengembangan Teknologi TRO 15(1)

Hermana, W., T. Toharmat, Sumiati, dan W. Manalu. 2013. Pemberian tepung daun katuk dan murbei dalam pakan terhadap ukuran dan kandungan mineral tulang tibia puyuh petelur. JITV. 18 (3) : 227-232.

Hidayati, A dan Sujono.. 2006. Pengaruh Penggunaan Tepung Buah Mengkudu (Morinda Citrifolia) terhadap Pertambahan Bobot Badan dan Tampilan Pakan pada Ayam Pedaging. Jurnal Protein. Vol.13 No.1.

National Research Council (NRC). 1994., Nutrient Requirement Of Poultry, 9th Revised Edition. National Academy Press, Washington DC.

Purba, Michael.(2007).Kimia untuk SMA Kelas X.Jakarta:Erlangga.

Sipayung, p. p. 2012. Performa Produksi dan Kualitas Telur Puyuh (Coturnix coturnix Japonica) Pada Kepadatan Kandang yang Berbeda.. Skripsi. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Suprijatna, E., U. Atmomarsono, dan R. Kartasudjana.

. Ilmu Dasar Ternak Unggas. Penebar Swadaya, Jakarta.

Utami.M.M D. Dan J. Riyanto 2002. Pengaruh Pemberian Pakan Dengan Metode Pemuasan Terhadap Kinerja Karkas Puyuh. Bulletin Peternakan,26(1):13-19

Wardiny, Tuty M., ,2006. Kandungan Vitamin A, C dan Kolesterol Telur Ayam yang Diberi Mengkudu (Morinda citrifolia) Dalam Ransum. Institut Pertanian Bogor. Tesis.

Zahra, A. A., D. ,Sunarti dan E. Suprijatna. 2012. Pengaruh pemberian pakan bebas pilih (Free choice feeding) terhadap perfformans produksi telur burung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.