PROSPEKTIF USAHA PETERNAKAN BROILER POLA KEMITRAAN (Article review)

Chrisna Irfandy, Dedi Suryanto, Nurul Humaidah

Abstract


Pola kemitraan usaha peternakan ayam pedaging (broiler) dilaksanakan dengan pola inti plasma. Kelompok mitra bertindak sebagai plasma dan perusahaan mitra sebagai inti. Industri mitra menyiapkan instrumen produksi peternakan seperti DOC, pakan, obat-obatan/vitamin, pembimbing teknis serta pemasaran hasil sedangkan kandang dan tenaga kerja disediakan plasma. Dalam menjalin mitra pihak pengusaha atau perusahaan harus memiliki posisi yang sejajar dengan pihak peternak untuk terwujudnya tujuan bersama. Pola kemitraan memberikan hasil keuntungan yang tidak sama di setiap peternak. Hal tersebut tergantung persetujuan kerjasama awal dengan inti, modal awal peternak, jumlah populasi ayam yang dipelihara, fluktuasi harga dan pengetahuan dan keterampilan manajemen. Hal-hal tersebut berpengaruh terhadap jumlah keuntungan yang diperoleh peternak. Peternakan Broiler pola kemitraan inti – plasma dengan pola PIR (Perusahaan Inti Rakyat) dapat diikuti oleh peternak dengan kemampuan ekonomi lemah sehingga terdapat jaminan akan modal, kepastian harga dan kuantitas. Model kemitraan merupakan kerjasama bisnis yang wajib memiliki tujuan dan posisi yang sejajar. Masalah terkait kolaborasi mitra yang tidak saling menguntungkan karena Inti memiliki kekuasaan dalam hal permodalan, teknologi, pasar, dan manajemen. Peternak lemah dalam posisi harga kontrak dan kualitas DOC. Keberhasilan kemitraan usaha sangat ditentukan oleh adanya kepatuhan di antara yang bermitra dalam menjalankan etika berbisnis. Secara umum bisnis broiler dengan model kemitraan lebih menguntungkan dibandingkan dengan peternak model mandiri. Dengan skala pemeliharaan yang sama peternak plasma memerlukan modal pribadi yang lebih sedikit daripada peternak mandiri. Hasil kajian kelayakan bisnis peternakan ayam broiler pola mitra skala lebih dari 3000 ekor menunjukkan profitabilitas yang baik dan layak dipertahankan atau dilanjutkan.

 

Kata kunci : prospekif, usaha, broiler, pola, kemitraan


Full Text:

PDF

References


Akbar, I., Novita, I., Masitoh. 2019. Analisis Pendapatan Peternakan Ayam Broiler Pola Kemitraan di Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor. Jurnal Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Djuanda Bogor.

Andi, K. 2018. Ayam Broiler Pola Kemitraan Inti-Plasma. Jakarta.

Angriani, E.D. 2011. Perbandingan Pendapatan antara Peternak Mitra dan Peternak Mandiri Ayam Broiler di Kabupaten Bungo. Skripsi. Fakultas Peternakan Universitas Andalas. Padang.

Bagas. 2011. Menjadi Kaya Dengan Berternak Ayam Broiler. Arta Pustaka.

Cepriadi dan S. Edwina. 2007. Analisis Usaha Peternakan Ayam Broiler Pola Kemitraan di Kota Pekanbaru. Jurnal Peternakan. 4 (1) : 20-29.

Dimas, D.T. 2019. Analisis Pendapatan Peternak Ayam Broiler Dengan Sistem Mandiri dan Sistem Kemitraan (Studi Kasus: Desa Dolok Sagala Kec. Dolok Masihul Kab.Serdang Bedagai).Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Selatan.

Fadillah. 2006. Panduan Mengelola Peternakan Broiler Komersial. Agromedia Pustaka, Jakarta.

Fatmawaty, Fadilah, Alamsyah, Andi S.H,. 2019. Analisis Usaha Peternakan Ayam Broiler Pola Kemitraan : Studi Kasus Peternakan SMK Negeri 3 Sidrap. Jurnal Ketahanan Pangan.

Firdaus, M., dan Komalasari, L. 2010. Feasibility Analyses of Integrated Broiler Production. Media Peternakan, Journal of Animal Science and Technology,33(3),182.https://doi.org/10.5398/medpet.2010.33.3.182. Diakses pada tanggal 10 Januari 2021.

Gusasi, A. dan M.A. Saade. 2006. Analisis Pendapatan dan Efisiensi Usaha Ternak Ayam Potong pada Usaha Skala Kecil. Http:www.stpp-gowa.ac.id/hinght.download.jurnal/serisosek.Pdf. (tanggal akses: 20 Desember 2020).

Khabib, S. 2017. Analisis Kelayakan Usaha Ayam Broiler Pola Kemitraan Inti-Plasma. Fakultas Pertanian. Universitas Wahid Hasyim. Semarang.

Noonari, S., 2015. Economic Analysis of Poultry Production in Tando Allahyar District Sindh. Journal of Economics and Sustainable Development, 6(3), 118–130.

Rasyaf. 2012. Manajemen Peternakan Ayam Broiler. Penebar Swadaya. Bogor.

Salam. 2006. Analisis Finansial Usaha Peternakan Ayam Broiler Pola Kemitraan. Jurnal Agrisistem 2 (1) : 32-39.

Situmorang, Hasnudi dan Usman. 2012. Analisis Usaha Peternakan Broiler Pola Kemitraan dan Peternakan Mandiri di Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Peternakan Integratif Vol.1 No. 3; 288-296.

Soekartawi. 2006. Analisis Usaha Tani. Jakarta : UI-Press.

Soetawi. 2007. Kapita Selekta Agribisnis Peternakan. Universitas Muhammadiyah.

Sukardi, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta: Bumi Aksara.

Utomo, H.R. 2015. Analisis Profitabilitas Usaha Peternakan Ayam Broiler Dengan Pola Kemitraan Di Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal. Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro. Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.