PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM UNTUK MENGANTISIPASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS X DI MA AL-MAARIF SINGOSARI KABUPATEN MALANG
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afifah, N., et al. (2022). Penggunaan Alat Peraga Dengan Pendekatan Saintifik Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Gudang Jurnal, 4(2), 123-130.
Arends, R. I. (2012). Learning to Teach. New York: McGraw-Hill.
Arifin, M. (2018). Psikologi Pendidikan Islam: Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Cahyanto, B., Srihayuningsih, N. L., Nikmah, S. A., & Habsia, A. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 9(2), 263-278.
Cahyanto, B., Arifin, I., Al Atok, R., Hadi, S., & Dewi, D. K. (2024). Exploring school core values and their impact on student achievement culture: Transformational evidence from a suburban school. Sciences of Conservation and Archaeology, 36(3), 354-369.
Cahyanto, B., Badaruddin, S., Rini, T. A., Kamarzaman, M. H., & Syafuddin, A. (2024). Internalization of the Pancasila and Rahmatan Lil Alamin Student Profiles Dimensions in the Implementation of the Merdeka Curriculum in Madrasah Ibtidaiyah. Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan, 22(2).
Djamarah, S. B. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Faliyandra, F., Saryono, D., Sayono, J., Zainuddin, M., & Cahyanto, B. (2024). Reconstruction of School Dropout Handling in Community: Motivating Farmer Parents Through Collaborative Education in Indonesian Elementary Schools. Sciences of Conservation and Archaeology, 36(4), 48-68.
Hamzah, B. (2021). Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Active Learning dalam Pendidikan Islam. Bandung: Alfabeta.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2023). Rancangan Modul Ajar/Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Diakses dari https://pusatinformasi.kolaborasi.kemdikbud.go.id
Khalijah, W., & dkk. (2024). Peranan Metode Pembelajaran terhadap Minat dan Prestasi Belajar Al-Qur'an Hadits. Al Wasathiyah: Journal of Islamic Studies, 2(2), 267-278.
Kosim, A., Nabila, S. (2020). Desain Remedial dan Pengayaan Pembelajaran (PAI). Bandung: STAI Yapata Al-Jawami. Makalah diterbitkan.
Rahman, A. (2019). Problematika Pembelajaran Sejarah Islam di Sekolah dan Solusinya. Malang: UMM Press.
Rahmawati, U. (2015). Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Ma'arif NU 02 Kembangan Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga. Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.
Rini, T. A., Cahyanto, B., & Sholihah, F. P. (2020). The Portraits of Digital Literacy Awareness Amid Covid-19 Pandemic. 501(May), 433–437. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201204.084
Ritonga, R., Harahap, R., Lubis, R. (2022). Pelatihan Metode Refleksi Bagi Guru Sekolah Penggerak Dalam Proses Pembelajaran. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(2), 995-1002.
Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Siregar, H. (2020). Sejarah Peradaban Islam: Dari Klasik hingga Modern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Slavin, R. E. (2020). Educational Psychology: Theory and Practice. New York: Pearson.
Tim Penyusun. (2023). Mengenal Kriteria dan Komponen dalam Modul Ajar Kurikulum Merdeka. Diakses dari https://guruinovatif.id
Trianto. (2019). Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge: Harvard University Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Vicratina terindeks oleh:
Jurnal Vicratina is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License