PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 5 KOTA MALANG

Muhammad Sulistiono, Amaliatus Sholihah

Abstract


Keberadaan sarana dalam proses pembelajaran dapat membantu dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Media gambar merupakan salah satu media pembelajaran yang digunakan di SMA Negeri 5 Malang dalam proses pembelajaran PAI dan juga merupakan media yang dianggap berhasil dalam mencapai suatu tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan dari ini penelitian ini untuk mengetahui implementasi media pencitraan dalam pembelajaran PAI pada kelas XII MIPA 2 di SMA

Negeri 5 Malang. Pendekatan kualitatif dalam penelitian ini digunakan oleh peneliti dengan jenis studi kasus. Pengamatan, wawancara, dan dokumentasi adalah teknik yang digunakan oleh peneliti dalam pengumpulan data. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, kondensasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Verifikasi validitas data yang diperoleh dengan triangulasi, verifikasi anggota dan diskusi sejawat. Hasil penelitian ini adalah tiga kelompok dalam implementasi media pencitraan di SMA Negeri 5 Malang, antara lain: 1) Pembukaan 2) Pelaksanaan 3) Penutup

References


Anas, Sudjino. 2011. Evaluai Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Prasada

Ardriani. 2008. Media Pembelajaran Mengenal http://eduarticles.com/mengenal- media-pembelajaran, diakses 22 September 2022.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Praktis. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajawali Grafindo Persada. Daryanto, 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Gulo, W. 2004. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Grasindo.

Hamalic. 1994. Educational Media. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Kosasi, R. Angkowo. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo.

Kunandi, Cecep dan Sujipto, Bambang. 2013. Media pembelajaran manual dan digital.

Judul: Di Belanda.

Lutfi, Mukhtar, dkk. 2013. Orientasi Baru Anak Usia Dini. Jakarta: Prenamedia

Kelompok.

Martinis, Yamin. 2007. Tips Mengajar Siswa. Jakarta: Gema Persada Pres. Moleong,, Lexy J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: PT

Roda Karya.

Mulyasa, E. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah (Konsep, strategi, dan implementasi)

Bandung: PT. Juvenile Rosdakarya.

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Perpustakaan Belajar. Ramli, Muhammad. 2012. Media dan Teknologi Pembelajaran. Kalimantan Selatan: IAIN

Antasari Press.

Sadiman, Arief, S. dkk. 1993. Pengertian, Pengembangan, dan Media Pendidikan

Utilization. Jakarta: PT Raja Grafindo Prasada.

Siswoyo. 2007. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta.

Slameto. 2010. Pembelajaran dan Faktor-Faktor yang Mewabahkannya. Jakarta: Rineka Cipta

Subana, M. dan Sunarti. 1998. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Putaka Setia.

Sukardi, 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya.

Jakarta: PT. Aksara Bumi.

Susilana, Rudi., dan Riyana, Cepi. 2009. Media Pembelajaran Alam, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: Bumi Rancaekek Kencana.

Tu'u, Tulu. 2004. Peran Disiplin dalam Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT. Granindo.

Wiroatmodjo Piran dan Sainohardjo. 2022. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Aksara Bumi. Zusnani, Ida. 2013. Manajemen Pendidikan. London: Platinum.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Vicratina terindeks oleh:

 

Jurnal Vicratina is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License