PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK NILAI-NILAI TOLERANSI SISWA DI MA AN-NUR BULULAWANG

Ahmad Muzahim, Anwar Sa’dullah, Kukuh Santoso

Abstract


The role of the moral aqidah teacher is an important component in forming the values of tolerance in schools. Teachers of moral creed form the values of tolerance through the teaching and learning process. In this case, what is meant is to instill tolerance values directly through learning whose material is directly related to tolerance values. The purpose of this research is to (1) identify the application of student tolerance values at MA An-Nur Bululawang. (2) describe the role of Akidah Akhlak teachers in shaping student tolerance values at MA An-Nur Bululawang. (3) identify barriers and supports in shaping student tolerance values at MA An-Nur Bululawang.

Full Text:

PDF

References


Dr. Zubaedi, M.Ag., M.Pd. 2017. Strategi Taktis Pendidikan Karakter (Untuk Paud dan Sekolah). Depok: Rajawali Pres.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2009. Manajemen Strategis Pada Anak Usia Dini. Yogyakarta: DIVA Press.

Sugiyono. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Zainal Aqib dan Sujak. 2011. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya

Faujiah Hanim. 2018. Upaya Peningkatan Sikap Menghargai Orang Lain Melalui Penerapan Metode Diskusi Pada Anak Di Ra Babul Ilmi Rantauprapat. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan

Panjaitan, Hondi. 2014. Pentingnya Menghargai Orang Lain. Jurnal Humaniora, Vol. 5 No. 1.

Muhammad Abdul fatah. 2019. Peran Guru Pembimbing Dalam Memotivasi Siswa Untuk Melakukan Konseling Individu Di Sma Ma’arif Nu Karanganyar Purbalingga. Skripsi, jurusan bimbingan konseling islam fakultas dakwah institut agama islam negeri purwokerto.

Prayitno. Dkk,(2002). Profesi dan Organisasi Profesi Bimbingan dan Konseling: Materi Pelatihan Guru Pembimbing. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral.

Besdiansyah, Badu. 2016. Penerapan Discovery Learning Untuk Menumbuhkan Sikap Rasa Ingin Tahu dan Toleransi Serta Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Skripsi. Bandung: Program Sarjana UNPAS.

Momon Sudarman. 2013. Profesi Guru Dipuji, Dikrititisi Dan Dicaci. Jakarta: pt raja grafindo persada.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Cet. III; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Vicratina terindeks oleh:

 

Jurnal Vicratina is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License