PARTISIPASI ORANG TUA DALAM PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KEPANJEN

Farih Tsabitah Imtinan, Mohammad Afifulloh, Adi Sudrajat

Abstract


Online learning will not be realized without the participation of parents as guardians of the students. The purpose of this study was to describe the readiness of parents in dealing with the implementation of online learning for Islamic Religious Education subjects, the forms of parental participation and the supporting and inhibiting factors for parental participation in the implementation of online learning for Islamic Religious Education subjects. This research uses a qualitative approach with the type of case study research. Data collection techniques was in the form of observation, interviews and documentation. The subjects of this study were the principal, PAI teacher and 4 parents of class VII A students. The results showed that: (1) The readiness of the parents in terms of mental and facilities was seen in a ready condition; (2) The forms of parental participation include providing motivation, providing guidance and giving attention; (3) The factors behind the emergence of parental participation were parental occupation and income, education, parents' busyness, parental awareness, parents who are technologically stuttering, family structure, and children's characteristics.

 

Kata Kunci: Partisipasi Orang Tua, Pembelajaran Daring, Pendidikan Agama Islam


Full Text:

PDF

References


Afriansyah, Anggi. (2020). Kembali Ke Rumah: Kesiapan Orangtua Mendidik di Masa Pandemi (Studi Kasus Orangtua Pekerja di Wilayah Perkotaan). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Peneliti Pusat Penelitian Kependudukan LIPI. Disampaikan pada Seminar Kebijakan Berbasis Bukti untuk Memperkuat Kemerdekaan Belajar dan Ketahanan Budaya di Masa Pandemi, 8 Desember. Diakses 28 Juni 2021. https://puslitjakdikbud.kemdikbud.go.id/assets_front/images/produk/1-gtk/materi/SesiIIIK7KembaliKeRumah(KesiapanOrangtuaMendidik)_-AnggiAfriansyah.pdf

Handayani, Tri. (2020). Peran Orang Tua dalam Membimbing Anak pada Pembelajaran Daring di Desa Ngrapah Kecamatan Banyubiru. Salatiga: IAIN Salatiga. Skripsi tidak diterbitkan. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/9998/1/skripsi%20pdf.pdf

Hardiyanto, Allan R. Sa’dullah, Anwar dan Lismanda, Yorita F. (2020). Problematika Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Era Digital di Man Kota Batu. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 5(10), 12-18.

Herdiansyah, Haris. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Psikologi. Jakarta: Salemba Humanika.

Hidayat, H. Syarif. (2013). Pengaruh Kerjasama Orang Tua dan Guru Terhadap Disiplin Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Kecamatan Jagakarsa-Jakarta Selatan. Widya: Jurnal Ilmiah, Volume 1. 92-99. https://e-journal.jurwidyakop3.com/index.php/jurnal-ilmiah/article/view/129

Hidayatullah, M. F. (2018). Paradigma Pendidikan Keluarga: Supervisi dan Motiv Keterlibatan Orang Tua dalam Pelaksanaan Ibadah. Tarbiyatuna, 2(1), 58–74.

Hidayatullah, M. F. (2021). INTERNALIZATION OF CHARACTER VALUES BASED ON SPIRITUAL INTELLIGENCE AT SD ISLAM BANI HASYIM , MALANG REGENCY. Conciencia: Journal of Islamic Education, 21(1), 36–46.

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19). https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/, diakses 18 Mei 2021.

Prasetyo, F. A. Dwi. (2018). Pendampingan Orang Tua dalam Proses Belajar Anak (Studi Deskripstif tentang Tingkat Optimalisasi Pendampingan Orang Tua dalam Proses Belajar Anak Menurut Persepsi Siswa Kelas X SMKN 1 Nanggulan). Yogyakarta: FKIP Universitas Sanata Dharma. Skripsi tidak diterbitkan.

Prayitno dan Amti, Erman. (2004). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Purwanto, Ngalim. (2002). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahayu & Haq. (2021). Sarana dan Prasarana dalam Mendukung Pembelaran Daring pada Masa Pandemi Covid19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan Volume 09 Nomor 01 Tahun 2021, 186-199. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/38623

Rizki & Hanik. (2021). Studi Analisis Persiapan Orang Tua Selama Pembelajaran Daring Kelas I SDN 01 Kajeksan Kudus. Elia: Journal of Educational Learning and Innovation, p-ISSN:2775-2623, e-ISSN: 2775-2739, Volume 1, Halaman 15-23. https://journal.shantibhuana.ac.id/index.php/elia/article/download/220/103/

Sardiman, A. M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Slameto. (2010). Partisipasi Orang Tua dalam Pendidikan (Suatu Studi Peningkatan Mutu Pendidikan di SMA Salatiga dan Semarang). Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Solihah, Fifi A. Hasan, Nur dan Dewi, Mutiara S. (2020). Peran Orang Tua dalam Penguatan Pendidikan Agama Islam di Lingkungan Keluarga di Desa Pujon Kidul Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 5(8), 31-38. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/7483/5964

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Vicratina terindeks oleh:

 

Jurnal Vicratina is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License