Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Kedelai Petani Sewa Dan Pemilik Lahan Di Kabupaten Jember

Lana Ulfah Nafisah, Bambang Siswadi, Sri Hindarti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi produksi usahatani kedelai soy antara petani sewa dan petani pemilik lahan di Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Produksi Kedelai di Kabupaten Jember banyak dilakukan oleh petani penyewa dan petani pemilik, petani penyewa mempunyai modal yang lebih banyak dari pada petani pemilik, sehingga petani penyewa mampu menyewa lahan untuk usahataninya petani pemilik lahan yang tidak bermodal juga menggunakan konsep yang sama, akan tetapi menggunakan pendekatan mengurangi biaya (minimize cost). Metode pengambilan sampel ditentukan dengan cara purposive sampling, jumlah sampel yang diambil sebanyak 40 orang, masing-masing 20 petani sewa dan 20 petani pemilik lahan. Metode analisis yang digunakan yaitu anaisis regresi linier berganda menggunakan fungsi produksi Cobb-Douglass. Hasil analisis menunjukkan faktor-faktor yang berpengaruh nyata terhadap produksi kedelai adalah benih, pupuk ZA, tenaga kerja dan dummy, sedangkan faktor yang tidak berpengaruh nyata terhadap produksi kedelai adalah pupuk urea, pupuk phonska dan obat-obatan.

Kata kunci : produksi; kedelai; petani sewa; petani pemilik

Full Text:

PDF Hal 59-67

References


Abdul Gaffar Tahir, Dwidjono Hadi Darwanto, Jangkung Handoyo Mulyo dan Jamhari. 2008. Analisis Efisiensi Produksi Sistem Usahatani Kedelai di Sulawesi Selatan. Jurnal. Fakultas Pertanian : Universitas Gadjah Mada, SEKIP, Yogyakarta.

Adisarwanto.2005. Budidaya Tanaman Kedelai dengan Pengoptimalan Bintil Akar : Agromedia Pustaka, Jakarta.

Adiwilaga, A. 1992. Ilmu Usaha Tani. Cetakan ke-III. Alumni. Bandung.

Agus Dwi Nugroho, 2015. Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi dan pendapatan petani kedelai di Kecamatan Paliyang Gunungkidul. Jurnal. Fakultas Pertanian : Universitas Gajah Mada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Lana Ulfah Nafisah, Bambang Siswadi, Sri Hindarti



Supported by: